Pengujian Menggunakan Black Box Testing dengan Teknik State Transition Testing Pada Perpustakaan Yayasan Pendidikan Islam Pakualam Berbasis Web

Authors

  • Endah Sumiati
  • Effendy Candra Sasmoro
  • Dani Muliansyah
  • Aji Rohmat Baktiar

Abstract

Pengujian black-box begitu penting karena teknik tersebut mampu mengidentifikasi kesalahan dalam fungsi, antar muka, model data, dan akses kesumber data eksternal. Dalam pelaksanaan sering timbul masalah penguji tidak pernah yakin apakah perangkat lunak yang diuji telah benar-benar lolos dalam pengujian. Hal ini terjadi karena kemungkinan masih ada beberapa jalur eksekusi yang belum pernah teruji. Penguji seharusnya membuat setiap kemungkinan kombinasi data masukan untuk pengujian. Pemilihan data masukan untuk menemukan kesalahan menjadi masalah bagi penguji karena memiliki probabilitas yang tinggi, sehingga desain test case secara otomatis dapat menjadi solusi. Pada implementasi ini web yang akan di uji menggunakan black-box testing adalah sebuah Sistem Informasi Perpustakaan Yapipa. Website Perpustakaan Yapipa tersebut akan diuji menggunakan black-box testing di mana pengujian ini hanya bertujuan untuk melihat program tersebut apakah sesuai dengan fungsi yang diinginkan program tersebut tanpa mengetahui kode program yang dipakai. Untuk menghasilkan desain test case secara otomatis dalam pengujian perangkat lunak metode black-box dengan teknik State Transition Testing. Teknik State Transition testing adalah salah satu teknik blackbox testing yang digunakan pada software yang mendefinisikan state (keadaan) dan transition (perubahan) berdasarkan aturan/ requirement sistem pada setiap form yang ada pada sistem informasi pengelolaan perpustakaan, setiap menu akan dilakukan pengujian dan dikelompokkan berdasarkan fungsinya baik itu bernilai valid ataupun tidak valid.

Kata kunci: State Transition Testing, Blackbox, Website, Perpustakaan Yapipa

References

Asfinoza, Asfinoza, Shinta Puspasari, and Hastha Sunardi. 2018. “Sistem Informasi Penjualan Pupuk Berbasis Web Pada PT. Sri Aneka Karyatama.†Jurnal Media Infotama 14(1). doi: 10.37676/jmi.v14i1.472.

Judul, Halaman, Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, and Universitas Islam Indonesia. 2018. “Pengujian Alur Proses Bisnis Menggunakan ( Studi Kasus : Sistem Kpta Fti Uii ) ( Studi Kasus : Sistem Kpta Fti Uii ).â€

Mauludin, M. S., and A. D. Firdaus. 2019. “Desain Sistem Informasi Penggajian Karyawan Berbasis Web.†Media Elektrika 12(1):43–49.

Priyaungga, Bayu Aji, Dwi Bayu Aji, Mukron Syahroni, Nurul Tri Sukma Aji, and Aries Saifudin. 2020. “Pengujian Black Box Pada Aplikasi Perpustakaan Menggunakan Teknik Equivalence Partitions.†Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Aplikasi 3(3):150. doi: 10.32493/jtsi.v3i3.5343.

Akiladevi, R., Vidhupriya, P., & Sudha, V.

(2018). Software Testing Tools. International Journal of Pure and Applied Mathematics, 118(18), 1783-1800.

Hidayanti, Luthfi Nur. (2018).

Pengembangan Sistem Informasi Akademik User Friendly Untuk Sma Muhammadiyah Kota Tegal (Siata). Media Elektrika Vol 11, No 2 (2018).

Downloads

Published

2022-01-24

Issue

Section

Articles