Sosialisasi Pengenalan Lagu Daerah Menggunakan Aplikasi Berbasis Android

Authors

  • Wahyudin Alipudin Universitas Pamulang
  • Randi Sukmana
  • Adi Putra
  • Suwely Suwely
  • Mochamad Sholikin
  • Ilham Cahya Ramadhan
  • Angga Yudi Pratama
  • Rezky Arianda
  • Sulkhi Sulkhi
  • Ari Wibowo
  • Perani Rosyani

Abstract

Lagu daerah merupakan lagu yang ide penciptaannya berdasarkan budaya dan adat istiadat suatu daerah tertentu. Kemampuan apresiasi siswa terhadap keberagaman budaya dikembangkan melalui pembelajaran lagu daerah, pengabdian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran lagu daerah dapat menanamkan apresiasi siswa-siswi bimbingan dan mendeskripsikan Tujuan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah untuk memberikan ilmu dalam perkembangan atau penerapan kepada masyarakat. Metode yang kita lakukan yaitu kita mendatangi Bimbingan MM Learning adalah Tempat belajar yang berada di Jl.Ketos Masjid RT.001/RW 005 Kel.Sindangsari Kec.Pasar Kemis Tangerang-Banten , Bimbingan MM Learning memiliki Kegiatan Belajar Mengajar untuk anak usia dini.Banyaknya kegiatan di Bimbingan MM Learning Membuat Anak usia dini bisa mengerti materi yang di ajarkan oleh pengajar dibimbingan itu sehingga mampu memperluas wawasan anak-anak. Materi yang diajarkan dibimbingan tersebut seperti Bahasa Inggris,Matematika Dll.Tetapi didalam bimbingan MM Learning tidak mengajarkan Yang memicu suatu daerah sehingga Kami mencoba memberikan sedikit wawasan tentang Lagu-Lagu Daerah Untuk memberikan informasi lebih kepada anak-anak yang ada dibimbingan tersebut. Atas dasar tersebut dikembangkan Aplikasi lagu-lagu daerah secara offline supaya anak-anak biasa mengunakanya Dirumah tanpa harus menghabiskan uang jajan mereka seperti halnya dengan game online. Dengan adanya Aplikasi Lagu-lagu daerah secara offline ini anak-anak bisa belajar mengetahui judul lagu dan asal lagu daerah tersebut tanpa harus buka internet.

 

Kunci: Bimbingan, Pengenalan , Lagu-lagu daerah

Author Biography

Wahyudin Alipudin, Universitas Pamulang

Mahasiswa

References

Arikunto, Suharsimi.2006.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.BSNP. 2006. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SD. Jakarta: BSNP.

Budiningsih, Dr. C. Asri. 2013. Pembelajaran Moral Berpijak Pada Karakteristik Siswa dan Budayanya. Jakarta: PT. Rineka Cipta (Anggota IKAPI). Depdiknas. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Gunawan. 2014. Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Presiasi Siswa Kelas Vii G Terhadap Lagu Daerah Jawa Tengah Melalui Penggunaan Media Audio Di Smp Negeri 2 Trucuk Klaten. Jurnal: Pendidikan Seni Musik (Vol.3 No.4). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Fathoni, Ahmad. 2014. “Pengertian Sosialisasiâ€. (http://www.zonasiswa.com/2014/07/pengertian-sosialisasi.html?m=1).

Sukarya, Zakarias, dkk. 2008. Pendidikan Seni 4 Sks. Jakarta: Direktoral Jenderal Pendidikan Tinggi Department Nasional. www.agendajaya.blogspot.co.id/2015/03/Pengertian-musik-tradisional.html.

Downloads

Published

2022-01-24

Issue

Section

Articles