Membangun Logika Coding melalui Scratch dengan Pembuatan Game di SMP-IT Cahaya Islam
Abstract
Seiring berkembangnya teknologi, coding telah menjadi bahasa pokok di masa depan yang sangat menarik untuk dipelajari, khususnya pengenalan coding sejak usia dini. Belajar coding dapat menjadi alternatif dan nilai plus bagi anak-anak sebagai tempat menyalurkan kreatifitas dan berfikir yang dapat meningkatkan keterampilan seperti problem solving, mampu berpikir secara logika, hingga secara kritis. Salah satu cara untuk membangun logika coding pada anak-anak yaitu dengan membuat game sederhana menggunakan aplikasi scratch. Scratch merupakan aplikasi pemograman komputer yang di desain khusus untuk anak usia antara 8 sampai 15 tahun berbasis visual yang interaktif dan menyenangkan. Tujuan diadakannya pengabdian kepada masyarakat di lingkup sekolah SMP IT Cahaya Islam bertujuan untuk memberikan sebuah materi dasar mengenai perkenalan, penjelasan, dan pengoperasian tentang logika pemograman coding melalui aplikasi scratch. Kegiatan ini dilakukan di SMP-IT Cahaya Islam, metode pengenalan yang dilakukan yaitu dengan cara mempresentasikan powerpoint , menjelaskan tools sederhana yang ada di aplikasi scratch dan praktek bersama di lab komputer dengan pembuatan game sederhana dengan keterampilan dan kreatifitasnya masing-masing siswa. Sebelum pembelajaran pembuatan game, siswa akan dijelaskan mengenai apa itu aplikasi scratch, pengenalan tools, serta contoh-contoh game yang sudah dibuat sebelumnya
References
Affandi, M. (2013). Pengaruh Game Online Terhadap Tingkat Efektivitas Komunikasi Interpersonal Pada Kalangan Pelajar Kelas 5 Sdn 009 Samarinda. EJournal Llmu Komunikasi, 1(4), 177–187.
Raditya, A., dan Baist, A. 2017. Pemrograman dengan Scratch. Modul Kuliah. Universitas Muhamadiyah Tangerang.
Sarah, R., Raditya, A. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Project-Based Learning Berbantuan Scratch. Seminar Nasional Matematika dan Aplikasinya, Universitas Airlangga.
Gunawan, D., & Al Irsyadi, F.Y. (2016). Pemanfaatan Pemrograman Visual Sebagai Alternatif Pembuatan Media Belajar Berbasis Game Dan Animasi. Warta LPM, 19(1), 53–63.
Suhartono, Ismi, 2021, Kompasiana, https://www.kompasiana.comismi59382/61974bee0610e46ae63c70/pkm-unpam-membangun-logika-coding-siswa-smp-it-cahaya-islam,diakses tgl 20 November 2021