SOSIALISASI SISTEM LATIHAN ONLINE BERBASIS WEB DAN APLIKASI MENGGUNAKAN PLATFORM QUIZIZZ
Abstract
Jurnal ini bertujuan untuk memperkenalkan aplikasi platform Quizizz, yang dimana Quizizz merupakan sebuah web tool untuk membuat permainan kuis interaktif untuk digunakan dalam pembelajaran dikelas. Aplikasi ini dapat dipasang diperangkat Android dan Ios dengan integrasi Google Class Room. Di masa pandemi seperti ini mengharuskan pemerintah Indonesia mengambil kebijakan sistem belajar di rumah diberbagai tingkat pendidikan, kebijakan ini disertai dengan instruksi penerapan pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran online (daring). Untuk mempermudah pembelajaran online diperlukan media yang relevan, salah satunya aplikasi Quizizz. Diharapkan orang-orang mengetahui bahwa ada aplikasi yang dapat digunakan oleh tenaga pengajar untuk memberikan soalsoal latihan yang berbeda dari biasanya kepada siswa dengan tampilan yang lebih menarik dan pengajar dapat membuat tantangan untuk para siswanya dengan membuat soal-soal yang harus dikerjakan yang berpacu dengan waktu, dan peserta didik dapat belajar dengan inovatif sehingga akan lebih mempermudah dalam melaksanakan pembelajaran di kelas.
References
Arsyad, A. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Grafindo Persada.
Djamarah, Bahri, S., & Zain, A. (n.d.). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Noor, S. (2020). Penggunaan Quizizz dalam Penilaian Pembelajaran pada Materi Ruang Lingkup Biologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X.6 SMAN 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati, 1-7.
Pemanfaatan Media Pembelajaran Quizizz untuk Pembelajaran Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah Di Bengkulu. (2019). Jurnal Kependidikan , 2-25.
Syazali, M. (2018). Pengaruh metode kuis interaktif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis mata kuliah trinogeometri. Jurnal Pendidikan Matematika, 63-72.