SISTEM PEMILIHAN KETUA RT MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW)

Authors

  • Tri Rachmad Saputro
  • Dion Pernandi
  • Muhamad Fadly
  • Tri Rachmad Saputro

Abstract

Dalam dunia saat ini perkembangan teknologi sudah sangat pesat khususnya dalam bidang teknologi informasi  sudah memberikan banyak dampak positif dan memudahkan kita dalam berbagai aspek. Permasalahan yang terjadi dalam pemilihan ketua RT  pada desa Gangseyan Madura, pada desa belum ada aplikasi untuk pemilihan ketua RT. Oleh karena itu maka dibutuhkan sebuah aplikasi sistem pendukung keputusan yang dapat mengangkat suatu kasus agar dapat  menilai kinerja setiap calon kandidat berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Rumusan masalah yang akan dibahas yaitu belum adanya rekomendasi pendukung untuk sistem pendukung keputusan yang dijadikan sebagai alat bantu dalam menentukan pemilihan ketua RT. Metode yang akan digunakan untuk pemilihan ketua RT adalah metode Simple Additive Weighting (SAW) .Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan model Sistem Penunjang Keputusan dengan metode SAW  terhadap penentuan ketua RT.

Kata Kunci : Ketua RT, Sistem Penunjang Keputusan(SPK),Simple Additive Weighting(SAW)

References

Abidin, Z., Ardian, Y., Informasi, S., Malang, U. K., Informasi, S., & Malang, U. K. (2013). Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Siswa Berprestasi Kurikulum 2013 Berbasis Web Pada Smk Negeri 1 Gedangan Menggunakan Metode Saw.

Ardhi, R., & Endahuluan, I. P. (2016). Komparasi Metode SAW dan TOPSIS untuk Menentukan Prioritas Perbaikan Jalan. Jurnal Teknik Elektro, 8(1), 8–11.

Downloads

Published

2022-01-24

Issue

Section

Articles