SISTEM PEMILIHAN KARYAWAN TERBAIK PT.SINARMAS MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT

Authors

  • Kevin Bima Chandra
  • Banu Firstian Putra
  • Wahyudi Putra Wijaya
  • Putri Dwi Lestari
  • Perani Rosyani

Abstract

Metode Weighted Product dibutuhkannya proses normalisasi karena metode ini mengalikan hasil penilaian dari setiap atribut. Hasil perkalian tersebut tidak akan bernilai jika belum melalui proses perbandingan (dibagi) dengan nilai standard. Bobot untuk atribut manfaat berfungsi sebagai hasil nilai positif dalam proses perkalian, sementara bobot biaya berfungsi sebagai hasil nilai negatif. Metode Weighted Product menggunakan perkalian sebagai untuk menghubungkan nilai atribut, dimana nilai setiap atribut harus dipangkatkan dulu dengan bobot yang bersangkutan. Pembobotan metode Weighted Product dihitung berdasarkan tingkat kebutuhan. Sistem ini membutuhkan masukan nilai bobot berdasarkan kebutuhan syarat mendapatkan gelar karyawan terbaik berupa kedisiplinan, absensi, ketekunan, dan tanggung jawab. Hasil dari penelitian ini memberikan hasil penilaian untuk karyawan terbaik sesuai dengan spesifikasi untuk seluruh karyawan PT.SinarMas dengan tingkat akurasi perhitungan 100% berdasarkan perhitungan manual dan perhitungan pada sistem pendukung keputusan pemilihan karyawan terbaik.

 

Kata kunci: Metode Weighted Product (WP), Bobot, Nilai standard, Sistem, Spesifikasi.

References

Hartanto, T., & Prasetiyowati, M. I. (2012). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Laptop Berbasis Web dengan Metode Analytical Hierarchy Process ( Studi Kasus : SAMCO COMPUTER ). ULTIMATICS, IV(2), 7–15.

Hatta, H. R., Rizaldi, M., & Khairina, D. M. (2016). Penerapan Pen erapan Metode Weighted Product U ntuk Pemilihan Lokasi L ahan Baru Pemakaman Muslim Dengan Visualisasi Google Maps. TEKNOSI, 02(03), 85–94.

Downloads

Published

2022-05-12