Pemanfaatan Penggunaan Microsoft Excel Secara Efektif Terhadap Pembelajaran Siswa-Siswi SMP Muhammadiyah 44 Pamulang

Authors

  • Multazam _
  • Riki Idayat
  • Mohammad Revin Putra Insani
  • Nurhayati _
  • Abdul Ishak
  • Niskar Satofona
  • Mohamad Fatih Rahman
  • Dian Saputra
  • Raka Ananda
  • Yuda _
  • Dede Sahrul Bahri

Abstract

Teknologi dapat membantu manusia dalam menyelesaikan dan memenuhi kebutuhan dalam kehidupannya (Purwanto, Taufik, & Jatnika, 2017). Salah satu teknologi yang dapat membantu menyelesaikan dan memenuhi kebutuhan yaitu aplikasi Microsoft Excel. Kita dapat menggunakan Microsoft Excel untuk melacak data, membangun model untuk menganalisis data, menulis rumus untuk melakukan perhitungan pada data itu, memproses data dalam berbagai cara, dan menyajikan data dalam berbagai grafik. Pemanfaatan penggunaan Microsoft Excel ini sangat berguna terhadap semua orang tidak terkecuali terhadap siswa-siswi SMP Muhammadiyah 44 Pamulang. Walaupun segala aktifitas siswa-siswi masih sedikit yang menggunakan Microsoft Excel, tetapi diperlukan pengenalan melalui kegiatan pelatihan mengenai seluk beluk software Excel ini. Pada pelatihan ini, Microsoft Ecel akan mulai dikenalkan kepada siswa-siswi SMP Muhammadiyah 44 Pamulang. Pelatihan ini dilakukan disertai praktek langsung setelah pemberian teori agar para peserta pelatihan lebih mudah mengerti dan mengingatnya. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini berlangsung lancar, tepat waktu dan sesuai dengan yang diharapkan. Terbukti dengan keaktifan peserta mengikuti seluruh proses acara dan proses sesi tanya jawab seputar materi yang diberikan.

 

Kata Kunci: Microsoft Excel; Pemanfaatan; Siswa-siswi; Pelatihan

References

Abdullah, D., Millenia, D., Nusfiana, D., Ariance, E., Krisnawati, F., Rizqa, L., . . . Ngibad, K. (2019). Persamaan dan Perbedaan Microsoft Excel 2007, 2010, 2013 dan 2016. 1-3.

Ikhwani, Y., Budiman, H., & Rasyidan, M. (1015). Pelatihan Aplikasi Microsoft Word 2013 pada SMP HA Johansyah. A Banjarmasin. JURNAL PENGABDIAN AL- IKHLAS UNIVERSITAS ISLAM KALIMANTAN MUHAMMAD ARSYAD AL BANJARY. 1.

MICROSOFT OFFICE EXCEL Panduan Teori & Praktek bagi Pemula. (n.d.). Malang: PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT PKBM BINA BANGSA.

Modul Pelatihan Microsoft Excel 2013. (2017). Bogor: DIREKTORAT INTEGRASI DATA DAN SISTEM INFORMASI INSTITUT PERTANIAN BOGOR.

Purwanto, Y., Taufik, M., & Jatnika, A. W. (2017). Peran Teknologi Informasi Dalam Perkembangan Dakwah Mahasiswa. Jurnal Sosioteknologi,. 16.

Putri, S. R., Muiz, A., Sunandar, D., Nurhayati, & Vindua, R. (2021). PELATIHAN MICROSOFT OFFICE WORD DAN EXCEL PADA REMAJA MASJID AL FALAH (IKRAF) PONDOK BENDA PAMULANG TANGERANG SELATAN. 35-36.

Downloads

Published

2022-01-24

Issue

Section

Articles