pemanfaatan Teknologi Belajar Sambil Bermain Menggunakan Aplikasi Quizizz Dimasa Belajar Online
Abstract
Kegiatan belajar mengajar secara daring dimasa pandemi covid-19 ini sudah hampir menjadi kegiatan rutin, yang mengakibatkan para siswa dan siwi banyak yang cenderung merasa bosan. Maka dari itu kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang diberikan oleh Mahasiswa Universitas Pamulang di lingkungan Sekolah SMA Bumi Putera Pamijahan. Dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara online harus memiliki strategi agar para siswa-siswi menjadi lebih mudah paham dalam menyerap pelajaran walaupun harus belajar secara mandiri dirumah masing-masing. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi Quizizz. Aplikasi Quizizz adalah aplikasi pembelajaran yang berbasis game yang membuat pembelajaran menjadi interaktif dan menyenangkan. Aplikasi ini seperti avatar, tema, meme dan musik penghibur. Berdasarkan hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat yang telah dilakukan, penggunaan aplikasi Quizizz sangat membantu para siswa untuk lebih mengetahui kemajuan teknologi di era digital serta dapat menambah pengetahuan dan kemampuan belajar para siswa di SMA Bumi Putera Pamijahan. Dalam konteks ini walaupun proses pembelajaran dilakukan secara online tetap dapat meningkatkan konsentrasi belajar, meningkatkan hasil belajar, meningkatkan motivasi, meningkatkan pemahaman, dan menumbuhkan sikap berfikir kritis.References
Firman, dan Sari Rahayu Rahman. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Education Science (IJES) 02(02): 81.https://www.mendeley.com/viewer/?fileId=3b089825-9ff8-63c1 4685d6283000bdbb&documentId=0ba4296b-9f38-3253-8cb0-f94cc967e35c.
Amaliyah, Sarah. (2018). Pengaruh Implementasi Aplikasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 32 Jakarta. Prosiding Seminar Nasional Penguatan Riset dan Luarannya sebagai Budaya Akademik di Perguruan Tinggi memasuki Era 50.
Downloads
Published
2022-05-12
Issue
Section
Articles