PENGENALAN DASAR APLIKASI JARINGAN CISCO KEPADA SISWA SMK PUSPITA BANGSA

Authors

  • Ilham Maulana
  • Fiqih Nur Iman
  • Guido Marius Hasiholan
  • Ilham Maulana
  • Ilham Maulana Yusuf
  • Indrawan Ajie Pangestu
  • Muhamad Syahrul Hidayat
  • Muhammad Bagas Lukita
  • Muhammad Yusuf Faris
  • Zhafran Rizqy Kusomo
  • Fajar Septian

Abstract

Kemahiran dan pemahaman di bidang teknologi khususnya jaringan komputer merupakan salah satu tujuan yang dapat dikuasai siswa setelah lulus dari jurusan. Selama proses pembelajaran, kelas pendidikan pelatihan jaringan komputer menggabungkan teori dengan praktik. Artinya, jika siswa sudah menguasai teori dengan kuat, maka langkah selanjutnya adalah mempraktekkan teori tersebut dengan perangkat jaringan komputer. Perangkat keras yang digunakan berupa perangkat jaringan dan perangkat kerasnya relatif mahal. Masalah yang sering muncul adalah kesenjangan pemahaman antara teori dan praktik. Misalnya, dalam praktiknya, kegagalan sering terjadi karena gambaran dalam teori ternyata sangat berbeda dengan kenyataan. Tidak menguasai teori juga membuat siswa gugup saat berlatih. Akibatnya, alat dan bahan praktik tidak diproduksi. Hal ini menyebabkan pemborosan alat dan bahan, sedangkan siswa sendiri tidak akan mencapai keterampilan yang diharapkan. Salah satu cara untuk mengatasi masalah di atas adalah dengan menggunakan software network emulator, yaitu program simulasi jaringan yang dapat menghasilkan jaringan dalam jumlah banyak. Software simulasi jaringan yang dimaksud adalah “Packet Trakcer†yang merupakan rilisan dari supplier peralatan jaringan komputer ternama yaitu CISCO. siswa akan mendapatkan penjelasan materi berupa presentasi tim PKM tentang aplikasi Cisco packet tracking, dasar-dasar cara penggunaan aplikasi, penjelasan biaya yang tersedia di aplikasi, Terlampir contoh cara penggunaan app maka siswa akan dijelaskan dan cara membuat kabel jaringan. Kemudian akan ada sesi tanya jawab dan seleksi beberapa peserta untuk mencoba dan mensimulasikan penggunaan aplikasi Cisco tracing paket  yang didampingi oleh tim PKM.

 

Kata kunci : Simulasi, Cisco Packet Tracker, Siswa

References

Hambali, Aulia, R., & Mardalius. (2018). Workshop Simulasi Jaringan Dasar Komputer Menggunakan Cisco Packet Tracer. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 1(2), 33–40.

Purbo, A. O. W. (2016). Simulasi Jaringan Komputer Dengan Cisco Packet Tracer. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Kurikulum SMK Edisi 2004. Jakarta : Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan.

Mufadhol, M. 2012. “Simulasi Jaringan Komputer Menggunakan Cisco Packet Tracer.†Jurnal Transformatika 9(2): 64.

Ramadhan, Dian Saiful, and Naemah Mubarakah. 2013. “Perkantoran Dengan Menggunakan Software Cisco Packet Tracer.†PERANCANGAN JARINGAN LAN PADA GEDUNG PERKANTORAN DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE CISCO PACKET TRACER Dian 4(3): 100.

Downloads

Published

2022-01-24

Issue

Section

Articles