Penggunaan Media Sosial Dikalangan Santri Ponddok Pesantren Al-Batoqiyah Dalam Rangka Dakwah Islam

Authors

  • Sufriyah Sufriyah
  • Dion Pernandi
  • Muhamad Abizar
  • Muhamad Fadly
  • Muhamad Fikri Abdilah
  • Tri Rachmad Saputro
  • Ichwan Nugroho

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat yang ditujukan kepada para santri, bertujuan untuk memberikan sosialisasi dan edukasi terkait penggunaan media social dalam rangka dakwah islamiyyah dan mengembangkan bakat para santri yang di miliki melalui media sosial.Kemajuan teknologi informasi sangat lah pesat dan berpengaruh besar dalam kehidupan sehari-hari, media sosial digunakan sebagai sarana berkomunikasi,berinteraksi dan membangun jaringan melalui media online bagi lapisan kalangan oleh karena itu bagi para santri khususnya dikalangan santri pondok pesantren al-batoqiah diharuskan memahami penggunaan media social seperti facebook Instagram youtube dan lain-lain guna meningkatkan pembelajaran dan dakwah islamiyyah.Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif yang mewawancarai beberapa pengelola akun media social pondok pesantren al-batoqiah, selainitu juga menganalisa konten menggunakan metode analisis teks mengetahui pesan-pesan dan makna yang disampaikan dalam dakwah tersebut.hasil pengabdian ini menunjukan bahwa pentingnya bagi santri agar memahami penggunaan media social untuk berdakwah.

 

Kata kunci—Pengabdian kepadamasyarakat, Media sosial, dakwah islamiyyah

References

Ansyori, A., & Shaleh, S. (2020). Strategi Pemanfaatan media Sosial Sebagai media Pendidikan Islam informal Pada Remaja:

Solusi Di masa Pandemi COVID19. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 18(3), 302-

https://doi.org/10.32729/edukasi.v18i3.8

Pemanfaatan channel YouTube SEBAGAI media DAKWAH Islam (Studi Pada Akun YouTube masjid Addu’a way Halim bandar Lampung).

(2021, January 13). Welcome to Raden Intan

Repository - Raden Intan

Repository.https://repository.radenintan.ac.id/

/

Rohman, D. A. (2020). Komunikasi dakwah melalui media sosial. Tatar Pasundan : Jurnal Diklat Keagamaan, 13(2).https://doi.org/10.38075/t p.v13i2.19

Peran YouTube SEBAGAI media DAKWAH DALAM

MEMBERIKAN PEMAHAMAN KEISLAMAN

KEPADA MAHASISWA FAKULTAS

USHULUDDIN ADAB Dan DAKWAH - Repository

Iain Kendari. (2020, November

.https://digilib.iainkendari.ac.id/2882/

Indi Azizi Hayi Lana. (2021, December 16). Pemanfaatan Sosial media Sebagai Sarana Dakwah Di era digital.

kumparan.https://kumparan.com/indiazizihaylana/p emanfaatan-sosial-media-sebagai-sarana-dakwahdi-era-digital-1x25okk9ZPc

Downloads

Published

2022-05-12