Sosialisasi dan Pelatihan Membuat Toko Online Di Tokopedia Kepada Warga Blok Bambu Kp. Gondrong
Abstract
Pengguna internet semakin meningkat setiap tahunnya. Menurut Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia tahun 2017, pengguna internet di Indonesia mencapai 143,26 juta orang atau 54,7 persen dari total penduduk. Para pebisnis memanfaatkan momentum ini dengan menerapkan pemasaran berbasis online. Masyarakat merespon positif dan mulai beralih ke belanja online. Banyak perusahaan yang sudah menerapkan pemasaran berbasis online yang berdampak pada penurunan omzet penjualan perusahaan lain yang belum online. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sumber daya manusia perusahaan agar mampu menerapkan pemasaran online berbasis marketplace. Kegiatan utama terdiri dari pelatihan satu hari pembuatan akun marketplace dan pendampingan pemasaran online selama satu bulan. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, perusahaan mitra dapat mengembangkan pemasaran online berbasis marketplace secara mandiri. Model pelatihan satu hari diikuti dengan pendampingan online selama satu bulan dapat dijadikan referensi untuk kegiatan serupa.References
Lukmanul, H. (2019). Pelatihan Pemasaran Online Berbasis Marketplace Bagi UMKM Dalam Merespon Perubahan Perilaku Konsumen. Jurnal
Pengabdian Kepada Masyarakat, 91.
Fata Nidaul Khasanah, d. (2020). Pemanfaatan Media Sosial dan Ecommerce Sebagai Media Pemasaran Dalam Mendukung Peluang Usaha Mandiri Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Sains Teknologi dalam Pemberdayaan Masyarakat (JSTPM), 12.