Pelatihan MS. Office Word Untuk Meningkatkan Softskill Pada Siswa/I SMK Semesta Cisauk

Authors

  • Ridwan Bashari Pamulang University
  • Reza Reza Pamulang University
  • Putri Nabiilah Pamulang University
  • Nicolas Josua Pangihutan Pamulang University
  • Felia Yovanka Tamallo Pamulang University
  • Muhammad Rifki pamulang university
  • Nurul Cessy Zulma Pamulang University
  • Sendy Arif Febriyanto Pamulang University
  • Widya Tri Widiyanti Pamulang University
  • Dede Handayani Pamulang University

Abstract

Seiring dengan kemajuan dan perkembangan teknologi yang semakin canggih ini kebutuhan manusia semakin bertambah dan menjadi lebih mudah untuk dipenuhi. Salah satu perkembangan teknologi yang semakin canggih adalah komputer yang sudah banyak digunakan terutama didunia Pendidikan salah satu contohnya adalah Microsoft Office. Banyak sekali orang yang sudah mengetahui tentang aplikasi Microsoft Word ini, akan tetapi hanya sebagian fungsi yang digunakan bahkan masih banyak yang belum memahami atau bahkan tidak mengerti tentang fungsi dan kegunaannya. Terutama para pelajar yang kurang mengetahui berbagai kegunaan Microsoft Word, seperti membuat daftar isi dan daftar pustaka secara otomatis dan lainnya. Salah satunya adalah siswa dan siswi SMK Semesta Cisauk, secara umum siswa/i SMK Semesta masih berada di tingkat pendidikan yang masih rendah terutama untuk pengetahuan teknologi, ditambah lagi dengan kondisi lingkungan yang tidak memungkinkan. Pada pengabdian kepada masyarakat ini kami memberikan pelatihan agar siswa/i dapat meningkatkan kemampuan dalam mengolah Microsoft Word dan Excel akanĀ  mempermudah ketika para siswa/i SMK Semesta dihadapi dengan Praktik Kerja Lapangan. Tidak hanya sebagai pelatihan penggunaan fungsi-fungsi MS. Word dan Excel ke siswa/i sekolah, tetapi PKM ini bertujuan sebagai pedoman bagi SMK Semesta Cisauk agar dapat memahami dan mengetahui fungsi serta kegunaan MS. Word yang di mana untuk pembekalan mencari kerja.

References

Ajie, M. T. (2018). Pelatihan MS. Office Word dan Excel Bagi Perangkat Desa & Masyarakat Desa Ciaruteun Ilir Bogor. TERANG, 1(1), 87-96.

Nababan, A. A., & Jannah, M. (2019). PKM : Pelatihan Microsoft Office Bagi Mahasiswa Di Universitas Medan Area. TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM), 2(2, Nopember), 67-73.

Rupilele, F. G., Palilu, A., Lopulalan, J., Madina, L. O., Pattiwael , M., & Lahallo, F. F. (2021). PELATIHAN PENGENALAN DASAR KOMPUTER DAN APLIKASI MICROSOFT OFFICE KEPADA ANAK-ANAK USIA SEKOLAH DI KELURAHAN KLAMALU KABUPATEN SORONG. J-DEPACE (Journal of Dedication to Papua Community), 4(1), 1-10.

Salam, A., & Iqbal, T. (2020). IbM Pelatihan Microsoft Office Dalam Rangka Membentuk Masyarakat Yang Profesional. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 1(1), 10-15.

Downloads

Published

2022-01-24

Issue

Section

Articles