PENGENALAN SEJAK DINI SISWA SMP TENTANG MACHINE LEARNING UNTUK KLASIFIKASI GAMBAR DALAM MENGHADAPI REVOLUSI 4.0

Authors

  • Mohamad Delpiero Syamsrina Universitas Pamulang Tangerang Selatan
  • Hanafi Yamlean
  • Achmad Udin Zailani
  • Rizki Tri Febriyanto
  • Aan Amaliah
  • Azhar Danan Imansyah
  • Fauzan Esa Al-Fattah

Abstract

Menempuh pendidikan setara SMP (Sekolah Menengah Pertama) di SMP Al-Mustofa merupakan salah satu bentuk pendidikan menengah dalam upaya mencapai karier yang baik setelah lulus. Di sekolah jenis ini, pendidikan yang diselenggarakan bersifat terpadu antara kemampuan umum dan pemahaman religius. Kematangan karier menjadi salah satu hal yang penting bagi siswa sebagai calon lulusan sehingga dapat merencanakan pekerjaan jangka panjang dengan terstruktur. Tujuan dari kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah untuk memberikan wawasan mengenai alternatif pengembangan karier di masa depan setelah lulus SMP seterusnya dan memberikan keterampilan dalam melakukan eksplorasi minat dan bakat dalam menelaah alternatif pilihan yang akan ditempuh dalam upaya mencapai kematangan karier mereka. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk workshop yang terdiri dari pemberian materi, simulasi dan diskusi. Pengujian data dilakukan berdasarkan hasil evaluasi pre dan post-test, diolah secara kuantitatif dengan uji Wilcoxon Signed Rank Test. Berdasarkan hasil uji, ditemukan bahwa kegiatan ini efektif dalam memberikan wawasan dan kesempatan melakukan eksplorasi yang dibutuhkan oleh siswa untuk mencapai kematangan karier yang lebih baik.

 

Kata kunci : Menempuh, religious, Kematangan karier, Tujuan, masa depan, workshop, pre dan post-test, Wilcoxon Signed Rank Test, efektif, lebih baik.

References

• Burke, Alison. 2011. Groupwork; How to Use Group Effectively. Jurnal of Effective Teaching. Volume 11 no 2. https://uncw.edu/jet/articles/vol11_2/burke.pdf

• Coertse, S., & Schepers, J. (2004). Some personality and cognitive correlates of career maturity. Journal of Industrial Psychology, 30(2), 56–73.

• Husna, H. A., Mayangsari, M. D., & Dewi, R. S. (2020). Perbedaan Adaptabilitas Karir Pada Peserta Didik Di Pondok Pesantren Darussalam Dan Smk Negeri 1 Martapura. Kognisia prodi Psikologi FK ULM, 1(1), 29-37

• Kamil, S. U. R., Amin, H., Saidin, S., & Upe, A. (2019). The Implementation of Information and Communication Technology on Learning Process in Communication Department of UHO Facing Industrial Revolution 4.0 [Penerapan Teknologi Komunikasi dan Informasi Pada Pembelajaran Jurusan Ilmu Komunikasi UHO Menghadapi Revolusi Industri 4.0]. Proceeding of Community Development, 2, 344-352.

• Revolusi Industri 4.0, SMPIT AL Mustofa (2019, 20 - 22 November)Menerapi. Andalkan SMPIT Al Mustofa

• Satya, V. E. (2018). Strategi Indonesia Menghadapi Industri 4.0. INFO Singkat.

• Sharf R. (2010). Applying Career Development Theory to Counseling Sth Edition. USA: Cengage Learning. School

• Stringer, E. T. (2013). Action research, 4th Edition. USA : Sage Publications.

Downloads

Published

2022-05-12