Pelatihan Cooperative Learning untuk Guru - Guru SMK Muhammadiyah 2 Tangerang Selatan
Keywords:
kooperatif, pengabdian, pembelajaran, metode kooperatif, PKM., kooperatif, pengabdian, pembelajaran, metode kooperatif, PKMAbstract
Perkembangan dibidang pembelajaran kooperatif sudah diusulkan oleh para pengajar. Menurut Felder dan Brent (2010) pembelajaran kooperatif merupakan system belajar yang dilakukan secara berkelompok baik untuk mengerjakan tugas maupun project agar kriteria pembelajaran terpenuhi. Kriteria yang dimaksud adalah setiap anggota menjalankan tanggung jawab masing-masing untuk menuntaskan tugas dan project. Karena Kerjasama dalam bentuk kelompok dapat meningkatkan pembelajaran dengan berbagai cara. Tujuan dari pembelajaran kooperatif adalah agar siswa yang sulit menguasai pelajaran secara individual dapat meningkatkan kinerja mereka untuk memahami pelajaran tertentu karena siswa yang sudah paham dengan pelajarannya akan menjelaskan materinya dan membantu rekan yang sulit memahami pelajaran tertentu. Metode yang digunakan dalam pembelajaran kooperatif ini adalah memberikan pelatihan pertama tentang pembelajaran kooperatif, pemberian materi tentang praktek langsung menggunakan metode kooperatif. Hasil dari pengamdian kepada masyarakat yang dilakukan pada guru-guru SMK Muhammadiya 2 Tangerang Selatan dalah meningkatkan kemampuan para guru dalam proses mengajar siswa/siswi dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif, agar para murid bisa lebih aktif dan kreatif dalam memahami materi yang sudah diajarkan.References
Cornelius-Ukpepi, B.U., Aglazor, G. & Odey C. O. (2016). Cooperative Learning Strategy:
Tool for Classroom Management at the Basic Level of Education in Cross River
State, Nigeria. Proceedings of the iSTEAMS multidisciplinary cross border
conference held at the university of professional Studies, Accra Ghana
Davis, G. B. (1999). Cooperative Learning: Students Working in Small Groups Speaking of Teaching, Winter 1999 Vol.10, No. 2
Duplass, J. (2006). Middle and High School Teaching: Methods, Standards, and Best Practices. Boston: Houghton Mifflin Company.
Evertson & Weinstein (2006). Classroom management as a field. In C. M. Evertson & C. S. Weistein (Eds), Handbook of classroom management: Research, practice and contemporary issues. Pp 3-15 NJ:Erbaum
Felder, R. M & Brent, R. (2010). Cooperative Learning. N.C.: N.C. State University Press
Freire, P. 2007. Pedagogy of the oppressed. New York: Continuum. (Orig. pub. 1970).