Pentingnya Microsoft Office Dalam Berorganisasi

Authors

  • Mayrina Setiadi
  • Ari Sulistyo Wibowo
  • Christiandrew Tjahja
  • Edi Setiawan
  • Gilang Noor Cahyo
  • Rivaldo Hardiansyah
  • Ubaydillah Ubaydillah
  • Yulia Yulia
  • Hidayatullah Al Islami

Abstract

Microsoft office merupakan sebuah paket perangkat lunak yang diciptakan atau dikembangkan oleh perusahaan Microsoft itu sendiri. Didalam paket software tersebut, terdapat software-software yang mendukung aktivitas sehari hari khususnya dalam organisasi. Aplikasi-aplikasi dari Microsoft office yang sering digunakan dan paling familiar adalah Microsoft word untuk mengelolah huruf, misalkan seperti dalam membuat surat, proposal ataupun laporan dan Microsoft excel yang berfungsi untuk membuat sebuah laporan dalam bentuk angka. Dalam rangka Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan keterampilan dan meningkatkan kemampuan pengimplementasian teknologi pengelolaan data dalam berorganisasi dan memanfaatkannya sebaik mungkin. Permasalahan yang dihadapi masyarakat Karang Taruna  yaitu belum semua mengenal dan mengetahui bagaimana cara mengoperasikan aplikasi komputer, belum memanfaatkan dan juga belum mahir menggunakan program-program standar di komputer terutama Word dan Excel. Metode pelaksanaan yang dilakukan berupa presentasi dan praktek, masyarakat diberikan materi tentang pengetahuan dasar komputer serta materi Microsoft Office yang sering digunakan dalam kegiatan sehari-hari khususnya berorganisasi. Hasil dari presentasi dan praktek Microsoft Office ini, masyarakat mengetahui peranan Microsoft Office, serta mampu mengoperasikan Excel dalam pembuatan laporan keuangan dan mampu membuat presentasi dengan baik di Power Point. Dari kegiatan pelatihan yang dilakukan diharapkan dapat memberikan informasi, pengetahuan serta dapat membantu masyarakat Karang Taruna dalam peningkatan pengoprasian Microsoft Office. 

References

Kramatwatu, H., & Banten, S. (2020). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Microsoft Office Dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi Bagi Pegawai Kantor Desa Harjatani Kramatwatu Serang-Banten The Usage Training Of Microsoft Office Application In Improving Administration Services For Village Office. 4(2), 68–77.

Zein, A., Farizyr, S., Studi, P., Informasi, S., Pamulang, U., & Selatan, T. (2013). Pengenalan Microsoft Office Pada Siswa Smp Negeri 1 Ciseeng. IV(01), 36–39.

Akhir, T., & Pengantar, K. (2015). Peranan Aplikasi Microsoft Office Pada Bagian Hukum Pt Perkebunan Nusantara Iii ( Persero ) Medan Politeknik Negeri Medan Medan 2015.

Downloads

Published

2022-05-12