PEMBUATAN WEB INFORMASI DAN KEMUDAHAN PENYALURAN ASPIRASI SERTA PELAPORAN YANG CEPAT DI DESA BABAKAN TENJO BOGOR

Authors

  • muhamad nur'ashad Universitas Pamulang
  • Asri Yani Salistia Universitas Pamulang
  • Muhammad Syah Rizal Universitas Pamulang
  • Dian Eka Prasetyo Universitas Pamulang
  • Dwiyannur Alkahfi Universitas Pamulang
  • Gerryron Gerryron Universitas Pamulang
  • Nufel Pahlevi Universitas Pamulang
  • Muhammad Ridwan Universitas Pamulang
  • Vicky Aditya Permadi Universitas Pamulang
  • Zeti Afifah Universitas Pamulang
  • Rinna Rachmatika Universitas Pamulang

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi pada era globalisasi seiring dengan perkembangan zaman. Kebutuhan akan teknologi informasi menjadi hal yangsangat penting dalam dunia. Masa informasi adalah masa yang canggih dan kompleks, penuh dinamika dan perubahan terus-menerus. Kondisi seperti ini menuntut berkembangnya teknologi informasi yang canggih dan menghasilkan informasi yang cepat, efisien, efektif, dan akurat. Komputer adalah salah satu kamajuan teknologi yang dalam perkembangannya sangat membantu dalam instansi pemerintah khususnya untuk meningkatkan pelayanan masyarakat. Kegiatan PKM ini bertekad untuk memberikan bantuan kepada masyarakat dalam membuatkan wadah aspirasi masyarakat Desa Babakan dan mensosialisasikan penggunaan Website Desa Babakan agar menghindari kerumunan dan bertemu orang diluar rumah, dengan ada nya Website ini secara tidak langsung pengurangi aktivitas mobilitas masyarakat diluar ruangan dan sebagai bentuk mengurangi kasus penularan Covid-19. Hal tersebut juga merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mengenalkan masyarakat khususnya masyarakat Desa Babakan dalam penggunaan internet dan Website di era digital ini. Dengan adanya sistem informasi berbasis website, hal-hal yang perlu diketahui umum dapat dimuat di halaman web Sistem informasi yang akan di bangun ini dapat membantu pegawai yang bekerja di Desa Babakan untuk mendata bagaimana keadaan di lingkungan kantor Desa Babakan seperti laju perkembangan penduduk. Sistem informasi ini juga dapat 2 menambah wawasan bagi setiap warga khususnya warga yang tinggal di Desa Babakan agar mengetahui bagaimana keadaan penduduk serta layanan apa saja yang terdapat di kantor Desa Babakan. Website yang kami buat ini juga menuntut aperatur desa lebih aktif melihat keluhan yang di tuliskan masyarakat di kolom komentar terhadap desa, dan di tuntut untuk merespon cepat pelaporan tersebut.

Kata kunci : Informasi, PKM, Website.

References

Pamungkas, Ridho, et al. "Pemanfaatan Website Desa Dalam Optimalisasi Informasi Publik kepada masyarakat di Desa Kiringan." JURNAL DAYA-MAS 5.2 (2020): 32-38.

Saifudin, Saifudin, and Adi Yudin Setiaji. "Sistem Informasi Arsip Surat (Sinau) Berbasis Web Pada Kantor Desa Karangsalam Kecamatan Baturraden." EVOLUSI: Jurnal Sains dan Manajemen 7, no. 2 (2019).

Siregar, Shanti Ria Serepia, and Penti Sundari. "Rancangan Sistem Informasi Pengelolaan Data Kependudukan Desa (Studi Kasus di Kantor Desa Sangiang Kecamatan Sepatan Timur)." Jurnal Sisfotek Global 6, no. 1 (2016).

Suryana, A. and Rizki, F., 2017. Sistem Informasidesa Ngaripberbasis Web Kabupaten Tanggamuslampung. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), 2, pp.48-52.

Downloads

Published

2022-10-05