Sosialisasi Dampak Negatif Media Sosial dan Game pada Anak Didik Yayasan Al-Muhajirin
Abstract
Seiring perkembangan zaman, hampir semua orang dekat dengan teknologi. Tak terkecuali dengan adanya internet dan media sosial . Selain banyak manfaat dari teknologi juga terdapat dampak negatifnya. Apalagi dengan adanya pandemi Covid-19 ini, mengharuskan semua aktivitas dilakukan secara daring. Termasuk kegiatan belajar mengajar bagi siswa sekolah. Aktivitas berselancar di internet sehari-hari tentunya juga tak bisa dipisahkan dari penggunaan media sosial. Metode yang digunakan untuk mengenalkan dampak dari sosial media dan game online adalah dengan memberikan materi pembelajaran yang menari, kreatif serta interaktif kepada seluruh peserta kegiatan PKM. Dengan pengenalan ini peserta didik mendapatkan pengetahuan mengenai dampak sosial media dan game online agar kedepannya dapat memberikan manfaat serta dapat menerapkan Langkah-langkah menghindari dampak negative dari pengaruh media sosial dan game online.References
Anggarani, Fadjri. (2015). Internet Gaming Disorder: Psikopatologi Budaya Modern. 23(1), 1-12.
Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Jurnal Publiciana, 9(1), 140-157.
Karman, K. (2014). Media Sosial: Antara Kebebasan Dan Eksploitasi. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 18(1), 75-88
Novrialdy, E. (2019). Kecanduan game online pada remaja: Dampak dan pencegahannya. Buletin Psikologi, 27(2), 148-158.
Putri, N. K., Dhian P, I. Y., & Ariyanto, R. D. (2021). Studi Kecanduan Game Online Dan Komunikasi Interpersonal Siswa Di Sman 4 Kota Kediri (Doctoral dissertation, Universitas Nusantara PGRI Kediri).
Syahran, R,. (2015). Ketergantungan Online Game dan Penanganannya. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling(1)1. 84-92.
Technique. Journal of Information Technology. vol 18. hal 152-159.
Ulya, L., Sucipto, S., & Fathurohman, I. (2021). Analisis Kecanduan Game Online Terhadap Kepribadian Sosial Anak. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1112-1119.
Utami, T. W., & Hodikoh, A. (2020). Kecanduan game online berhubungan dengan penyesuaian sosial pada remaja. Jurnal Keperawatan, 12(1), 17-22