PENGEMBANGAN TIK DAN IoT UNTUK SMA PGRI 22 SERPONG KOTA TANGERANG SELATAN

Authors

  • Mochamad Adhari Adiguna Universitas Pamulang
  • Muhammad Anis Universitas Pamulang
  • Bambang Wisnu Widagdo Universitas Pamulang

Abstract

Teknologi informasi dan komunikasi merupakan salah satu hal terpenting di abad ini, tidak dapat dipungkiri bahwa teknologi informasi dan komunikasi tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Internet of things (IoT) adalah suatu konsep yang perkembangannya dapat dilihat mulai dari tingkat konvergensi teknologi nirkabel, microelectromechanical (MEMS), internet, dan QR (Quick Responses) Code. IoT diidentifikasi dengan RFID (Radio Frequency Identification) sebagai metode komunikasi. Penerapan Smart City yang sudah dilakukan di beberapa negara maju, itupun IoT. Sehingga, segala bentuk aktivitas penduduk suatu kota dapat termonitoring oleh sistem dengan jaringan basis data. Oleh karena itu latar belakang dari kegiatan ini yakni diperlukan soslialisasi tentang manfaat dari pengetahuan TIK dan IoT pada lembaga pendidikan dan sekolah-sekolah seperti SMA PGRI 22 Serpong.

Pada kegiatan pengabdian pada masyarakat (PKM) ini metode yang digunakan adalah dengan menyusun kerangka pemecahan masalah dan dilanjutkan dengan realisasi pemecahan masalah, khalayak sasaran serta metode kegiatan. output kegiatan berupa pengetahuan dan manfaat dari TIK dan IoT. PKM ini dilaksanakan pada tanggal 30 Maret 2022 di SMA PGRI 22.

Hasil dari kegiatan ini berupa pentingnya pengetahuan TIK dan IoT dalam menambah pengetahuan dan wawasan di SMA PGRI 22 Kota Tangerang Selatan. Sehingga, audiens dapat optimal dalam menjalankan tugasnya sebagai pendidik dan peserta didik.

 

Kata kunci—TIK dan IoT, Internet Of Things, PKM Universitas Pamulang, PKM SMA PGRI 22 Serpong

References

Abdul K., Terra C.T. 2003. Pengenalan Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi.

Abdul K. 2014. Pengenalan Sistem Informasi.Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi

Aksoy, P., Denardis, L. 2008. Information Technology In Theory. Thomson Learning, Inc.,Canada.

Ali M., Mukhtar. 1999. Audit Sistem Informasi. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Andi Purnomo. 2007. Teknologi Informasi dan Komunikasi. Solo : Yudhistira.

Ashton, Kevin. 2017. Making sense of IoT - How the Internet of Things became humanity's nervous systems. Hewlett Packard Enterprise.

Cahyono, G. H. (n.d.). 2015. Internet of Things ( Sejarah, Teknologi, dan Penerapannya), Forum Teknologi .

Junaidi, A. 2015. Internet of Things, Sejarah, Teknologi, dan Penerapannya. Review. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan .

Keoh, Kumar S & Tschofenig. 2014. Securing the Internet of Things A. Standardization Perspective. IEEE Internet of Things Journal.

Sumarudin, A., dkk. 2017. Sistem Pemantauan dan Peringatan Dini Potensi Banjir Sungai Cimanuk Berbasis Internet of Things (IoT). Makalah disampaikan pada 8th Industrial Research Workshop and National Seminar. Bandung.

Downloads

Published

2022-10-05