PENERAPAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM DENGAN METODE BLENDED LEARNING UNTUK PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus: SDN Jurang Mangu Timur 02 Tangerang Selatan)

Authors

  • Furqhon Nur Rosyid UNIVERSITAS PAMULANG
  • Suryaningrat Suryaningrat UNIVERSITAS PAMULANG

Keywords:

Blended Learning, Learning Management System, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), Pandemi Covid-19

Abstract

Abstrak

Sekolah Dasar Negeri Jurang Mangu Timur 02 yang terletak di wilayah Pondok Aren Tangerang Selatan, saat ini masih belum dapat mengoptimalkan pembelajaran jarak jauh di masa pandemi. Pandemi Covid-19 membawa perubahan besar terhadap bidang pendidikan, menuntut pendidik agar dapat berinovasi dalam menciptakan proses belajar mengajar bagi generasi digital saat ini. Diperlukan sebuah inovasi dalam proses pembelajaran agar dapat mengoptimalkan pembelajaran, sehingga materi yang diajarkan tersampaikan. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan blended learning yang mengkombinasikan pembelajaran langsung dan learning management system sehingga memungkinkan siswa untuk mengulang dan memperdalam materi pembelajaran kapan dan dimana saja dengan memanfaatkan media e-learning yaitu Moodle. Tujuan penulisan ini adalah sebagai referensi bagi tenaga pendidik untuk menerapkan inovasi pembelajaran jarak jauh (PJJ) berbasis web dengan metode blended learning menggunakan moodle saat pandemi Covid-19 di era digital. Data yang dikumpulkan di dalam penulisan ini menggunakan studi pustaka. Penerapan blended learning menggunakan moodle dalam pembelajaran dapat dijadikan sebagai strategi pengorganisasian pengajaran dan penyampaian dalam pengajaran. Kualitas pengajaran blended learning menggunakan moodle mampu mengakomodasi perkembangan setiap teknologi yang luas saat pandemi Covid-19 di era digital saat ini.

Kata kunci: Blended Learning, Moodle, Learning Management System, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), Pandemi Covid-19

References

B, A. &.(2002).Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.

Dwiarto, Rohmad. (2010). Penerapan E-learning sebagai Media Pembelajaran di SMKN 1 Bantul. Yogyakarta.

Ekayati, Rini. (2018). Implementasi Metode Blended Learning Berbasis Aplikasi Edmodo. Medan : Jurnal EduTech, ISSN : 2442-6024 e-ISSN : 2442-7063.

Elyas, Ananda Hadi. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran E-Learning dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Medan : Jurnal Warta Dharmawangsa, ISSN : 1829-7463.

Haryanto. (2018). Kelebihan dan Kekurangan E-learning Berbasis Moodle (Studi PTK dalam Pembelajaran Mata Kuliah Akademik Listening). Ilmiah. DOI : ISSN : 2580-8796.

Herlandy, Pratama Benny dan Novalia, Melly. (2019). Penerapan E-Learning pada Pembelajaran Komunikasi dalam Jaringan dengan Metode Blended Learning bagi Siswa SMKN 3 Kota Pekanbaru. Riau : Journal of Education Informatic Technology and Science (JeITS) : 24-33.

Husamah. (2014). Pembelajaran Bauran (Blended Learning) Terampil Memadukan Keunggulan Pembelajaran Face-to-Face, E-learning Offline-Online, dan Mobile Learning. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Indrawan, I Putu Yoga dan Cipta Nugraha, Putu Gede Surya. (2020). Rancangan Implementasi Sistem E-Learning Berbasis Web. Denpasar : Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran. e-ISSN : 2614-3895 p-ISSN : 2614-3909.

Karunia, N.(2013).Blended Learning. Jakarta : UNJ: Paper

Kemdikbud. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020. Indonesia.

Latip, A. (2018). Kompetensi Guru di Era Revolusi Industri 4.0. Jakarta : Pustaka

Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Nasta’in, Isma’ilia Khoirun. (2019). Analisis Pemanfaatan Aplikasi Schoology terhadap Karakter Siswa Kelas XI Multimedia SMK Negeri 8 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Nita, Sekreningsih dan Saputra, Davit Adi. (2021). Model Pembelajaran Mahasiswa Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun Di Masa Pandemi Covid-19. Madiun: ISSN : 2615-7357.

Pohan, Rizkah Mahyuni. (2021). Peranan Moodle Dalam Pembelajaran Blended Learning saat Pandemi Covid-19 bagi Generasi Digital. Medan: e-ISSN 2798-320x.

Ramadhan, Afif Wijang Wahid dkk. (2021). Pengembangan Aplikasi Belajar Online Berbasis Web menggunakan Metode Waterfall. Tangerang : Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi. ISSN : 2654-3788 e-ISSN : 2654-4229.

Randhani, Adi dkk. (2022). Perancangan Sistem Program E-Learning Berbasis Moodle untuk Memotivasi Guru di Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 3 Tangerang. Tangerang : Jurnal Multidisiplin Ilmu. ISSN : 9999-9999.

Rinusantoro, Sonasa dkk. (2021). Evaluasi Pelaksanaan Ujian Online dengan menggunakan Learning Management System Moodle di Universitas Pamulang. Prosiding SENANTIAS : Seminar Nasional Hasil Penelitian dan PKM Universitas Pamulang.

Sampebua, Mingsep Rante dan Bharanti, Bonifasia Elita. (2020). Penerapan Aplikasi E-Learning Edmodo untuk Pembelajaran Online saat Pandemi Covid-19 di SMP Advent Abepura. Jayapura Papua : Prosiding Seminar Nasional Unimus. e-ISSN : 2654-3168 p-ISSN : 2654-3257.

Suhartono. (2017). Menggagas Penerapan Pendekatan Blended Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Kreatif, 177-188.

Sulastri, Dera; Maula, Luthfi Hamdani dan Uswatun, Din Azwar. (2021). Pemanfaatan Platform digital dalam Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar. Sukabumi : Jurnal Pendidikan Dasar, e-ISSN : 2549-5801.

Trianti, Rochma Yuni. (2021). Analisis Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Aplikasi Edmodo untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Medan : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Zakiyah, Dini dan Nurin, Resza Manzilina. (2020). Aplikasi Pembelajaran Kesehatan bagi Masyarakat pada Puskesmas Kecamatan Kemayoran Berbasis Web dengan Moodle. Tangerang : Jurnal Informatika Universitas Pamulang, ISSN : 2541-1004 e-ISSN : 2622-4615.

Downloads

Published

2023-04-30