Pengenalan Dasar Jaringan Komputer Berdasarkan Jenis dan Penggunaannya di Amalina Islamic Junior High School

Authors

  • Luqman Aziz Budiman
  • Santi Rahayu
  • Adi P UNIVERSITAS PAMULANG
  • Fikri N.Y UNIVERSITAS PAMULANG
  • Prabu A.L.H UNIVERSITAS PAMULANG
  • Salmi H.H. UNIVERSITAS PAMULANG
  • Sandy A.S UNIVERSITAS PAMULANG
  • Tasya N.H. UNIVERSITAS PAMULANG
  • Tommy G. UNIVERSITAS PAMULANG
  • Wahyudin UNIVERSITAS PAMULANG
  • Wisnu W UNIVERSITAS PAMULANG

Abstract

Dalam perkembangan teknologi saat ini, banyak sekali bidang yang membutuhkan jaringan komputer, dimana jaringan komputer dapat memberikan kemudahan antar pengguna komputer, karena dengan adanya jaringan komputer, transformasi data antar komputer dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Oleh karena itu efektifitas dan efisiensi bisa dicapai yang akhirnya produktifitas lebih tinggi. Teknologi komputer sudah merambah ke berbagai bidang termasuk pendidikan. Sebagian sekolah memiliki komputer untuk mempercepat proses kerja administrasi dan akademik. Bahkan sudah ada yang memanfaatkan tekonologi komputer untuk mendukung proses pembelajaran. Komputer dijadikan media untuk menyampaikan konsep keilmuan menjadi lebih menarik dan mudah diterima oleh murid. Tidak hanya itu saja, saat ini sudah banyak sekolah yang memiliki jaringan komputer yang mengintegrasikan jaringan lokal ke jaringan intranet dan internet. Bahkan sampai teknologi telepon selular difungsikan untuk proses pembelajaran dan layanan sekolah kepada orang tua dan masyarakat di luar sekolah. Mengingat perlunya penyampaian pendidikan mengenai jaringan komputer tersebut, dirasa perlu dilakukan pengenalan jaringan komputer bagi siswa dan siswi kelas 9 SMP Amalina Islamic School dengan harapan pengetahuan ini dapat membantu siswa siswi dalam mengenal lebih jauh apa itu jaringan komputer serta kegunaanya dalam bidang pendidikan.

References

Saragih, N. E., & Astuti, E. (2021). PELATIHAN PENGENALAN JARINGAN PADA SEKOLAH MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 MEDAN. PUBLIDIMAS (Publikasi Pengabdian Masyarakat), 1(2), 205-211.

Raharja, I. F. (2019). Bijak Mengunakan Media Sosial Di Kalangan Pelajar Menurut Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Jurnal Selat, 6(2), 235-246.

Alfandi, D., Fadillah, A. L., Gulo, E. M., Fauzan, T. R., & Aisyah, S. (2021). Efektivitas E-Learning dalam Pembelajaran pada Pelajar Siswa SMA Negeri 13 Medan. Kesatria: Jurnal Penerapan Sistem Informasi (Komputer dan Manajemen), 2(4), 214-224.

Kurniawansyah, A. S., Zulita, L. N., Sari, H. L., Sapri, S., & Utama, I. (2020). Sosialisasi Internet Sehat Pada Pelajar Di Sman 05 Bengkulu Tengah. Jurnal INDONESIA RAYA (Pengabdian pada Masyarakat Bidang Sosial, Humaniora, Kesehatan, Ekonomi dan Umum), 1(2), 30-36.

Mahyadien, M. (2020). Analisis Dampak Pembelajaran Daring Bagi Pelajar Dalam Membentuk Keaktifan Belajar Di Padukuhan Mlangi Sawahan, Nogotirto, Gamping, Sleman.

Benny, B., Hesniati, H., Agustinus, V., Phang, S., Ervina, V., Erliani, E., & Febriani, R. (2022, September). Penggunaan Internet Yang Sehat Dan Aman Di Kalangan Pelajar Smks Pembangunan Tanjungpinang. In National Conference for Community Service Project (NaCosPro) (Vol. 4, No. 1, pp. 492-498).

Yusril Hasanudin, M. (2022). Implementasi Kebijakan Pembelajaran Secara Daring Bagi Pelajar Sd Dan Smp Di Kota Ternate Provinsi Maluku Utara.

Iskandar, J. W., & Tuan, P. S. Rumah Internet Pelajar (Ruminjar) As Learning Facility During Covid19 For Students In Sopotinjak Village, Batang Natal.

Monita, Y., Rosmidah, R., & Hafrida, H. (2020, February). Literasi Cerdas Bermedia Sosial Guna Pencegahan Penyebaran Berita Hoax Di Kalangan Pelajar Di Kabupaten Tanjung Jabung Timur. In Serumpun: Prosiding Seminar Hukum dan Jurnal Nasional (Vol. 1, No. 1, pp. 374-389). Fakultas hukum Universitas Bangka Belitung.

Anantyanda, L. A., & Saragih, S. R. (2020). Karakteristik pelajar dan social presence pada pembelajaran daring di masa pandemik covid-19. Jurnal Manajemen Maranatha, 20(1), 63-74.

Octaviano, A., & Santoso, B. (2022). Pengenalan Networking Pada Sistem Operasi Di Smk Fadilah. Kommas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 222-230.

Septoyadi, Z., Candrawati, V. L., & Mahyadien, M. (2021). Analisis Dampak Pembelajaran Daring Bagi Pelajar Dalam Membentuk Keaktifan Belajar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 282-290.

Setiawan, A. P., Masruri, L., Trastianingrum, S. A. P., & Purwandari, E. (2021). Metode pembelajaran daring akibat COVID-19: Perspektif pelajar dan mahasiswa. Proyeksi: Jurnal Psikologi, 16(1), 83-91.

Mulyanto, Y. (2019). Analisis dan pengembangan infrastruktur jaringan computer dalam mendukung implementasi sekolah digital. Jurnal Informatika Teknologi dan Sains, 1(1), 58-67.

Daulay, R. S., Pulungan, H., Noviana, A., & Hurhaliza, S. (2020). Manfaat Teknologi Smartphone Di Kalangan Pelajar Sebagai Akses Pembelajaran Di Masa Pandemi Corona-19. Jurnal Pendidikan Islam, 1(15).

Haryanto, E. V. (2012). Jaringan Komputer. Penerbit Andi.

M.J.N.Yudianto, “Jaringan Komputer Dan Pengertiannya,†pp. 1–10, 2007.

Downloads

Published

2023-04-30