Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Powtoon Di SDIT Naurahhuda Karawang
Keywords:
Teknologi Informasi, Siswa, Pelatihan, PowtoonAbstract
Dengan pesatnya perkembangan teknologi saat ini, kebutuhan manusia semakin meningkat. Saat ini terdapat keterkaitan antara kemajuan teknologi dengan pertumbuhan kebutuhan manusia, yaitu kebutuhan manusia semakin mudah untuk dipenuhi. Oleh karena itu, secara langsung maupun tidak langsung manfaat dari pegembangan teknologi adalah membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kemajuan informasi dan teknologi menuntut berbagai bidang untuk menguasai ilmu pengetahuan di bidang teknologi informasi untuk menghadapi era globalisasi ini. Oleh karena itu, penggunaan perangkat teknologi komunikasi perlu diajarkan di semua pendidikan. Seperti aplikasi powtoon online, dimana pada aplikasi ini memudahkan dalam pembuatan materi Pembelajaran. Sehingga lebih menarik minat siswa. Karean masih banyak siswa yang masih kuran tertarik dengan pembelajaran yang menggunakan cara-cara konvensinal.sehingga para pendidik memerlukan inovasi dalam pembelajaran. Seorang pendidik diharapkan dapat memiliki keahlian khusus dalam membuatmedia pembelajaran yang menarik agar proses pembelajaran berjalan dengan efektif. Media pembelajaran yang dapat digunakan pada saat ini juga sudah banyak sekali dan dapatkita manfaatkan sebagai proses pembelajaran. Aplikasi-aplikasi yang berbasis pembelajaran juga dapat kita pelajari sebagai media yang nantinya dapat kita pilih untuk proses pembelajaran yang kita gunakan sesuai dengan keadaan dan kebutuhan siswa. Makadari itu, tujuan dari Pengabdian kepada Masyarakat ini ialah untuk mengetahui penggunaanaplikasi Powtoon yang dapat menjadi solusi media pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran dapat menimbulkan keinginan, minat, serta motivasi dan stimulasi pada peserta didik dalam pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang dapat membantu pendidik ataupun peserta didik dalam proses pembelajaran yaitu Powtoon. Berdasarkan latar belakang diatas, maka perlu dilakukan Pelatihan penggunaan powtoon sebagai salah satu media pembelajaran dibangku sekolah.
References
Ayu, S. (2017). Penggunaan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Ips Di Masa Pandemi Covid19. Journal of Chemical Information and Modeling, 110(9), 1689 1699.
Aziza, F. N., & Yunus, M. (2020). Peran Orang Tua Dalam Membimbing Anak Pada Masa Study From Home Selama Pandemi Covid-19. Konferensi Nasional Pendidikan, 19–21.
Deliviana, E. (2017). Aplikasi PowToon Sebagai Media Pembelajaran : Manfaat dan Problematikanya. Journal of Chemical Information and Modeling, 1689–1699.
Ernalida, D. (2018). Powtoon: Media Pembelajaran Informasi berbasis sebagai Teknologi Upaya dalam Menciptakan Pembelajaran yang Menarik dan Kreatif. Jurnal Logat, 5(2).
Jatiningtias, N. H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Materi Penyimpangan Sosial Di SMP Negeri 15 Semarang. Skripsi UIN Raden Intan Lampung, 76.
Kholilurrohmi, I. (2017). Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Video Powtoon Pada Mata Pembelajaran Kimia Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas X Semeseter 1 SMAN 1 Plere. Universitas Negeri Yogyakarta.
Purnamawati, D., Ertikanto, C., & Suyatna, A. (2017). Keefektifan Lembar Kerja Siswa Berbasis Inkuiri untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al Biruni, 6(2), 209–219. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2 .2070
Qurrotaini, L., Sari, T. W., & Sundi, V. H. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Video Berbasis Powtoon dalam Pembelajaran Daring. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, E-ISSN: 27, 7.
Sukiman. (2013). Pembangan Media Pembelajaran. In Pedagogia (p. 280). Pedagogia. Syaiful, S. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran. In Afabeta (p. 360). ALFABETA.