PELATIHAN PEMBUATAN POSTER DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA CANVA BAGI GURU MADRASAH IBTIDAIYAH AL-MURSYIDIYYAH ALASYIROTUS ASYAFIIYYAH
Keywords:
Intenet, Media Pembelajaran, CanvaAbstract
Seiring berkembangnya zaman, teknologi yang kita gunakan bisa bermacam-macam dan berkembang semakin pesat seperti halnya internet dalam kehidupan kita sehari-hari begitupun dalam dunia Pendidikan. Berdasarkan tujuan pendidikan Indonesia sesuai Undang-Undang Dasar No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dapat dipahami bahwa untuk mencapai kualitas kehidupan yang lebih baik, maka pendidikan menjadi hal penting yang harus ditempuh oleh manusia untuk menjadi individu yang berkembang potensinya dan memiliki kualitas yang lebih baik. Adapun tujuan melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru-guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Mursyidiyyah AlAsyirotus Asyafi'iyyah dalam penggunaan media pembelajaran pembustan poster, khususnya pemanfaatan media canva. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian di yayasan Hayatus Sakinah ini dimulai dari kegiatan survey terlebih dahulu, pelaksanaan kegiatan pegabdian, sampai kepada penyusunan laporan. Berdasarkan diskusi yang yang telah disepakati diperoleh kesimpulan bahwa
para peserta pengabdian di yayasan Hayatus Sakinah merasa antusias atas diselenggarakannya kegiatan pengabdian pembuatan media pembelajaran dengan menggunakan pemanfaatan media Canva. Kegiatan Pengabdian ini berjalan lancar terlihat dari tingkat kehadiran peserta yang tinggi. Antusiasme para peserta terlihat dari aktifnya saat berdiskusi dan banyaknya pertanyaan yang dilontarkan pada saat sesi tanya-jawab kepada tim pengabdi. Hal ini dikarenakan para peserta menyadari bahwa di era teknologi informasi, pembelajaran secara online merupakan salah satu sarana penting dalam menyampaikan materi pelajaran kepada siswa sekolah. respon peserta atas kegiatan pengabdian yang dilaksanakan menyatakan bahwa, dari kualitas pemateri adalah sangat baik. Peserta juga menyatakan sangat paham atas penjelasan yang telah diberikan oleh tim pengabdi.
References
Tampubolon, K. E. A. (2019). Perbedaan Cyber Attack, Cybercrime, dan Cyber Warfare. JuristDiction, 2(2), 539. https://doi.org/10.20473/jd.v2i2.14250
Candra Wulan, P. I. D., Perdana, D. P., Kurniawan, A. A., & Fauzi, R. (2022). Sosialisasi Cyber Security Awareness untuk meningkatkan literasi digital di SMK N 2 Salatiga. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 213.
https://doi.org/10.28989/kacanegara.v5i2.1204
Alfansyur, A., & Mariyani, M. (2019). Pemanfaatan Media Berbasis Ict “Kahoot” Dalam Pembelajaran Ppkn Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn, 6(2), 208–216.
https://doi.org/10.36706/jbti.v6i2.10118
Ariani, K. R., Sumantri, M., & Parmiti, D. P. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran IPSBermuatan Tes untuk Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 217. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28260
Dwipayana, P. A. P., Redhana, I. W., & Juniartina, P. P. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Konteks Budaya Lokal Untuk Pembelajaran IPA SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia, 3(1), 49–60.
Farista, R., & M, I. A. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 53(9), 1689–1699. http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/1267
Hadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa Sekolah Dasar. Prosiding TEP & PDs, 1(15), 96–102.
Hapsari, G. P. P., & Zulherman. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa.Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394.
Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP -Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286.
Ichsan, I. Z., Dewi, A. K., Hermawati, F. M., & Iriani, E. (2018). Pembelajaran IPA dan Lingkungan: Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran pada SD, SMP, SMA di Tambun Selatan, Bekasi. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(2), 131.
https://doi.org/10.31331/jipva.v2i2.682.
Junaedi, S. (2021). APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING MAHASISWA PADA MATA KULIAH ENGLISH FOR. 07(02), 80–89.Lestari, N., &
Sujana, I. W. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Model Discovery Learning Pada Muatan IPS Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi ..., 4(1), 117–126.
Teknowijoyo, F. (2022). Relevansi Industri 4.0 dan Society 5.0 Terhadap Pendidikan Di Indonesia. Educatio, 16(2), 173–184. https://doi.org/10.29408/edc.v16i2.4492
Atmojo, W. T., Edison Siregar, M., & Kirsten Audrey, K. (2021). Pengenalan Cyber Security Dalam Revousi Industri 4.0 dan Menyongsong Era Society 5.0. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 4, 39–45. https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v4i0.1278
Budi, E., Wira, D., & Infantono, A. (2021). Strategi Penguatan Cyber Security Guna Mewujudkan Keamanan Nasional di Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional SainsTeknologi Dan Inovasi Indonesia (SENASTINDO), 3(November), 223–234. https://doi.org/10.54706/senastindo.v3.2021.141 Setiawan, A.,
Lusanjaya, G., & Kurnia, T. (2019). Kesadaran Keamanan Privasi Dan Masyarakat 5.0. Journal of Accounting and Business Studies, 4(2), 1–12.
Suartana, I. M., Eka Putra, R., Bisma, R., & Prapanca, A. (2022). Pengenalan Pentingnya Cyber Security Awareness pada UMKM. Jurnal Abadimas Adi Buana, 5(02), 197–204. https://doi.org/10.36456/abadimas.v5.i02.a4560
Fadhil Pahlevi Hidayat1*, Sigit Hardiyanto2 , Faizal Hamzah Lubis3 , Abrar Adhani4, Zulfahmi5. Kemampuan Literasi Media Sebagai Upaya Mengantisipasi Cybercrime Pada Remaja di Kota Medan, Jurnal Ilmu Komunikasi. Vol. 7. No. 1, January 2023, Page 13 -25, January 16th, 2023.