PELATIHAN APLIKASI COMPUTER BASED TEST (CBT) DI SMP YPPI AR-RAHMAH UNTUK EVALUASI BELAJAR
Abstract
sekarang ini hampir semua sekolah timgkat SMP dan SMA melakukan ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Bagi sebagian besar sekolah yang melaksanakan UNBK pada dasarnya masih belum terbiasa dengan sistem tes menggunakan komputer untuk di daerah-daerah terutama sekolah tingkat SMP. Terlebih lagi dengan sekolah yang menggunakan kurikulum 13, dimana pelajaran IT di tiadakan, maka secara otomatis peserta didik hanya belajar mandiri tentang pelajaran komputer. Tidak semua peserta didik dibekali dengan fasilitas komputer disekolahnya. Hal inilah yang dialami oleh SMP YPPI AR-RAHMAN, dimana ilmu di dalam bidang IT masih sangat kurang. Rata-rata dari siswa-siswinya masih awam dengan cara pengoperasian komputer. Sedangkan tentang pengoperasian komputer sangat penting diketahui oleh siswa/i guna persiapan mereka dalam menghadapi ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Untuk itu didalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat di SMP YPPI AR-RAHMAN akan mengajarkan siswa/i didalam menggunakan aplikasi Computer Based Test (CBT). Pelatihan ini bertujuan agar siswa-siswinya dapat mengetahui cara pengoperasian aplikasi CBT, yaitu aplikasi test secara online pada sekolah SMP YPPI AR-RAHMAN. Metode didalam pengabdian kepada masyarakat menggunakan metode ceramah dengan teknik presentasi materi dilanjutkan dengan diskusi. Sehingga menghasilkan siswa-siswi yang terampil didalam ujian secara online, dan menjadi bahan evaluasi guru, dikarenakan nilai hasil test didapat secara langsung.References
Al-Amri, S., 2007. Computer-based vs. Paper-based Testing: Does the test administration mode matter. s.l., s.n.
Hariyanto, A., 2017. Membuat Aplikasi Computer Based Test dengan PHP MySQLi & Bootstrap. Yogyakarta: Lokomedia.
Karfindo, K. & Mustafa, F., 2017. Pengembangan aplikasi Computer Based Test (CBT) untuk Sekolah Menengah Atas (SMA). Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi, pp. 42-48.
Maslukhah, T. N., 2018. Rancang Bangun Aplikasi Computer Based Test (CBT) Berbasis Web pada SMPN 4 Surabaya.
R.G., Jimoh., Abdul Jaleel Kahinde Shittu, and Kawu. “Students' Perception of Computer Based Test (CBT) for Examining Undergraduate Chemistry Coursesâ€. Journal of Emerging Trends in Computing and Information Sciences. Vol. 3 No. 2, Februari, 2012. 125-134
Novrianti, 2014. Pengembangan Computer Based testing (CBT) Sebagai Alternatif Teknik Penilaian Hasil Belajar. Lentera Pendidikan, pp. 34-42.
Nurhidayat, Arif. Skripsi Sarjana: “Implementasi Ujian Nasional Berbasis Komputer atau Computer Based Test (CBT) dI SMA Negeri 1 Wonosariâ€. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 2016.