Pelatihan Penerapan Pembelajaran Mesin (Machine Learning) Menggunakan Bahasa Pemrograman Python Di SMK AL-Amanah Tangerang Selatan-Banten

Authors

  • adi dermawan gulo

Abstract

Dari hasil observasi lapangan diperoleh dibutuhkannya penerapan pembelajaran machine learning menggunakan bahasa pemrogaraman python di SMK Al-Amanah. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk mengenalkan bahasa pemograman Python sekaligus mengajarkan konsep pemograman dasar kepada siswa-siswi SMK Al-Amanah.. Machine Learning adalah cabang dari kecerdasan buatan (artificial intelligence) yang merupakan disiplin ilmu mencakup perancangan dan pengembangan algoritma yang memungkinkan computer untuk mengembangkan perilaku yang didasarkan kepada data empiris.

  • Aplikasi ini memanfaatkan bahasa pemograman Python. Python menekankan pada keterbacaan kode agar lebih mudah untuk memahami sintaks. Python dapat berjalan di berbagai macam system operasi, system interpreter, dan dapat diperlakukan dengan cara procedural, orientasi objek atau cara fungsional. Hal ini membuat python sangat mudah untuk dipelajari. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah dengan memberikan pelatihan kepada siswa-siswi SMK Al-Amanah. Di pelatihan ini siswa-siswi diberikan pemahaman dasar tentang machine learning dan bahasa pemograman yaitu python, Siswa-siswi bersama panitia menginstal python, menjalankan python dan membuat machine learning pada python. Hasil dari pengabdian ini adalah menambah pengetahuan bahasa pemograman yaitu python bagi siswa-siswi Al-Amanah karena dilatih secara langsung oleh panitia. Siswa-siswi SMK Al-Amanah sangat antusias dalam mengikuti pelatihan ini.

References

Kadarina. 2019. “Pengenalan Bahasa Pemrogaman Python Menggunakan Aplikasi Games Untuk Siswa-Siswi Di Wilayah Kembangan Utara. Online. https://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/jam/article/view/6028.

Published

2020-12-29

Issue

Section

Articles