Sosialisasi Tentang Undang – Undang No. 35 Tahun 2009 dan Bahaya Narkotika Terhadap Remaja

Authors

  • Sultan Mulki Annaser Universitas Pamulang
  • Lena Trigantina Universitas Pamulang
  • Muhammad Iqbal Zahab Universitas Pamulang
  • Risqi Septianzah Universitas Pamulang
  • Indah Putri Universitas Pamulang

Keywords:

Narkotika, Penyalahgunaan Narkoba, Dampak Narkoba.

Abstract

Abstrak.

 

Salah satu masalah sosial saat ini Penyalahgunaan narkoba ini telah  merebak ke semua lingkungan, bukan hanya dikalangan anak-anak  nakal dan preman tetapi telah memasuki lingkungan kampus dan  lingkungan terhormat lainnya.Narkoba saat ini banyak kita jumpai di  kalangan generasi muda dalam bentuk kapsul, tablet dan tepung  seperti ekstasy, pil koplo dan shabu-shabu, bahkan dalam bentuk  yang amat sederhana seperti daun ganja yang dijual dalam amplop – amplop.Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat adalah  meningkatkan pengetahuan dengan memberikan penyuluhan tentang  bahaya pergaulan bebas dikalangan remaja,dan diharapkan  terjadinya perubahan pengetahuan dan perilaku terhadap bahaya  penyalahgunaan narkoba pada remaja. Kegiatan ini dilaksanakan  dua kali yaitu pertama dengan memberikan penyuluhan tentang  bahaya penyalahgunaan narkoba pada remaja, kedua dengan cara  memberikan contoh bagaimana cara bergaul yang sehat dan bijak  dalam kehiduan sehari-hari ,agar terbentengi hal-hal yang negatif.  Hasil dari pengabdian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan  pengetahuan dan respon yang positif bagi para remaja.

References

Syaiful Bakhri, 2012, Tindak Pidana Narkotika Dan Psikotropika Suatu Pendekatan Melalui Kebijakan Hukum Pidana, Jakarta, Penerbit Gramata Publishing, Hlm. 125., dalam bukunya ( Andi Hamzah dan RM. Surachman, kejahatan narkotik dan psikotropika, Jakarta, 1994, penerbit sinar grafika, Hlm 26-27)

Lilik Mulyadi, 2012, Pemidanaan Terhadap Pengedar dan Pengguna Narkotika (Penelitian Asas, Teori, Norma dan Praktik Penerapannya Dalam Putusan Pengadilan), Jakarta, Puslitbang Hukum dan Peradilan Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung Republik Indonnesia. Hlm. 44.

Nyoman Serikat Putra Jaya, Kapita Selekta Hukum Pidana, 2001, Semarang, Penerbit Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Hlm. 135.

http://empret21.blogspot.com/2012/11/jenisnarkotika-dan-penjelasan.html dari sumber www.bnn.go.id diunduh pada tanggal 6 juni 2022 pukul 20.20 wib Haryanto, S.Pd., Dampak Penyalahgunaan Narkotika, (on line) http://belajarpsikologi.com/dampak-penyalahgunaan narkotika/ diunduh pada tanggal 6 Juni 2022 pukul 20.00 wib

Published

2023-11-15