Mengenali Bahaya Pinjaman Online Ilegal

Authors

  • Wina Bugi Wijaya Universitas Pamulang
  • Suko Prayitno Universitas Pamulang
  • Ilhamsyah Lubis Universitas Pamulang

Keywords:

Pinjaman Online Ilegal, Perjanjian Pinjaman, Perjanjian.

Abstract

Abstrak.

Di era globalisasi informasi, jaringan pinjaman dengan berbagai cara dan metode semakin tersedia untuk memberikan kemudahan dalam mengakses dan melakukan transaksi pinjaman dan pembiayaan baik secara manual maupun melalui jaringan online. Seiring dengan itu, muncul beberapa perkembangan mulai dari dunia perbankan, keuangan non-bank seperti lembaga pembiayaan, koperasi, hingga e-commerce atau perdagangan elektronik, peer to peer lending, fintech lending, dan fintech aggregator. Di era kemajuan teknologi, konsep dan pelaksanaan pinjam meminjam uang dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi penyedia layanan peminjaman uang online. Kenyataan di lapangan menunjukkan adanya kesulitan dalam proses peminjaman, khususnya dalam hal pelunasan pinjaman online. Salah satu kasusnya adalah percobaan bunuh diri karena tidak mampu membayar cicilan utang dan bunga di sebuah perusahaan Fintech. Hingga kemudian atas ancaman dan pelecehan karena ketidakmampuan membayar cicilan di wilayah tersebut.

Untuk dapat mengatasi permasalahan dan mencegah Pinjaman Online yang berbahaya agar tidak cepat menyebar ke masyarakat. Ada beberapa langkah yang bisa membantu masyarakat mengidentifikasi pinjaman online ilegal. Jadi kita harus hati-hati melakukan cross check dalam membaca informasi, mengecek kebenarannya dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan.

References

Celina Tri Siwi Kristiyanti, 2011, Hukum Perlindungan Konsumen, Cet. III, Sinar Grafika, Jakarta

Subekti dan Tjitrosudibio, Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, (Jakarta: PT. Pradnya Paramita, 2004), Cet-34

Suharnoko, 2012, Hukum Perjanjian: Teori dan Analisis Kasus, Cet. VII, Prenada Media Group, Jakarta

Undang-Undang No.19 Tahun 2016 Informasi Teknologi dan Elektronik

Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Studi Kasus Sistem Informasi Manajemen Volume 2, (Malang: Universitas Ma Chung, 2016)

Kompas.com, Banyak Tawaran Pinjaman Online, Hati-Hati Jebakan Rentenir Online,10/03/2018,(https://ekonomi.kompas.com/read/2018/03/10/120000826/ banyak-tawaran-pinjaman-online-hati-hati-jebakan-rentenir-online).

https://www.finansialku.com

ojk.go.id

Published

2023-11-21