Upaya Pencegahan Bullying Di Lingkup Sekolah
Keywords:
Anak, Bullying, Sosiologi HukumAbstract
Abstrak.
Anak merupakan aset masa depan bangsa dan generasi bangsa untuk penerus cita-cita bangsa, sehingga setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang, berpasrtisipasi serta berhak atas perlindungan dari tindakan kekerasan dan diskriminasi serta hak sipil dan kebebasan. kekerasan atau bullyingyang terjadi di sekolah ini akan menimbulkan perasaan dendam, benci, takut, dan tidak percaya diri. Sehingga saat ini jumlah kekerasan di sekolah meningkat dan harus menjadi perhatian semua pihak. Baik ibu guru, orang tua, masyarakat, maupun pemerintah sebagai penanggung jawab terhadap dunia pendidikan. Banyak bentuk dari tindakan bullying , yakni verbal, fisik dan relasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya pihak sekolah dalam mencegah tindakan Bullying yang ditemukan dilingkungan sekolah. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pihak sekolah dalam pencegahan tindak Bullying. Jenis penelitian ini adalah penelitian empiris mengenai masalah hukum yang dihadapi dengan fenomena lain dalam masyarakat. Pendekatan sosiologi hukum menunjukan kepada kita bahwa hukum negara bukanlah satu-satunya acuan perilaku. Kenyataannya hukum-hukum lain secara efektif dipatuhi oleh masyarakat. Dalam perspektif sosiologi upaya pencegahan kekerasan adalah perilaku pelecehan. Dengan demikian perlu dilakukan pencegahan kekerasan atau Bullying dalam lingkup sekolah agar tidak terus-menerus terjadi.
References
Abu Huraerah, 2007, Child Abuse(Kekerasan Terhadap Anak,cet ke-2 Edisi Revisi, Nuansa, Bandung,hlm. 47
Basrowi, Pengantar Sosiologi, Ghalia Indonesia, Jakarta, 2005
Ariefa Efianingrum, Membaca Realitas Bullying Di Sekolah : Tinjauan Multiperspektif Sosiologi, Jurnal Dimensia | Vol 7 No 2 September 2018 | pISSN : 1978-192X | eISSN : 2654- 9344
Elly Junalia, Yenni Malkis, Edukasi Upaya Pencegahan Bullying Pada Remaja Di Sekolah Menengah Pertama Tirtayasa Jakarta, Journal Community Service and Health Science, ISSN : 2829-2537 Volume 1 Nomor 1,Edisi Februari 2022,
Erna Susanti, Kajian Sosiologi Hukum Terhadap Problematika Bullying Dalam Dunia Pendidikan, Jurnal Keadilan Progresif, Vol.7 No. 1 Maret 2016
Muhammad, Aspek Perlindungan Anak Dalam Tindak Kekerasan (Bullying) Terhadap Siswa Korban Kekerasan Di Sekolah (Studi Kasus Di Smk Kabupaten Banyumas), Jurnal Dinamika Hukum Vol. 9 No. 3 September 2009.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang artikelnya diterbitkan pada Jurnal Bhakti Hukum ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Perjanjian kontrak tambahan dapat dilakukan oleh penulis, yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan. Lihat (The Effect of Open Access).