PENGARUH KEGIATAN PROMOSI TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PT. SERASI PERKASA DI TANGERANG

Authors

  • Cornelia Dumarya Manik Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/JEE.v2i4.10669

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kegiatan Promosi terhadap Minat Beli Konsumen pada PT. Serasi Perkasa di Tangerang. Metode yang digunakan adalah explanatory research dengan sampel sebanyak 83 responden. Teknik analisis menggunakan analisis statistik dengan pengujian regresi, korelasi, determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini variabel Kegiatan Promosi diperoleh nilai rata-rata skor sebesar 3,502 dengan kriteria baik. Variabel Minat Beli Konsumen diperoleh nilai rata-rata skor sebesar 3,799 dengan kriteria baik. Kegiatan Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli Konsumen dengan nilai persamaan regresi Y = 11,3801 + 0,760X, dan nilai koefisien korelasi 0,747 atau memiliki tingkat hubungan yang kuat dengan nilai determinasi 55,9%. Uji  hipotesis diperoleh signifikansi 0,000 < 0,05.

References

Abdullah, M (2014) Manajemen dan Evaluasi Minat Beli Konsumen, Yogyakarta: Penerbit Aswaja Pressindo.

Algifari. (2015). “Analisis Regresi untuk Bisnis dan Ekonomiâ€. Yogyakarta: BPFE.

AR. Bulaeng, “Komunikasi Pemasaranâ€, Pusat Penerbit Universitas Terbuka, Jakarta, 2002.

Arikunto, Suharsimi (2014). “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktekâ€. Jakarta: Rineka Cipta.

Assael, “Customer Behavior and Marketing Actionâ€, Four Edition, Kent Publishing, New York, 2002.

Bashu Swastha dan T. Handoko (2015) Manajemen Pemasaran Moderen, Yogyakarta: BPFE.

Bilson Simamora (2016) Panduan Riset Prilaku Konsumen, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Effendi, Onong Uchjana,†Hubungan Masyarakat Suatu Studi Komunikologisâ€, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2003.

Erlangga, H. (2019, August). The Spirit Of The Development Of Entrepreneurship In Higher Education. In International Conference of One Asia Community (Vol. 1, No. 1, pp. 38-48).

Fandy Tjiptono (2017), Serivce Quality and Satisfiation. Jakarta: Edisi tiga. Andi.

Freddy Rangkuti (2016) Strategi Promosi Yang Kreatif, Edisi Pertama, Cetakan Pertama Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Imam Ghozali (2017). “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSSâ€. Edisi Kelima. Semarang: Badan Penerbit Undip.

Ilham, D. (2019). Implementing Local Wisdom Values in Bride and Groom Course at KUA Bara SubDistrict, Palopo City. Jurnal Konsepsi, 8(1), 1-9.

Ilham, D. (2019). Menggagas Pendidikan Nilai dalam Sistem Pendidikan Nasional. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(3), 109-122.

Jasmani, J. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Baja Mandiri Di Jakarta. Disrupsi Binis, 1(1).

Jasmani, J. (2019). Pengaruh Promosi Dan Pengembangan Produk Terhadap Peningkatan Hasil Penjualan. Jurnal Semarak, 1(3).

Kasmir, “Etika Customer Serviceâ€, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2004.

Kharis, Ismu Fadli (2011). “Studi Mengenai Impulse Buying dalam Penjualan Onlineâ€. Semarang : Skripsi Universitas Diponegoro

Kotler dan Amstrong (2017), Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi Kedua Belasâ€. Jilid Satu. Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi (2016) Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi 4, Jakarta: Salemba Empat.

Lupiyoadi, “Manajemen Pemasaran Jasaâ€, Salemba Empat, Jakarta, 2008.

Luthans Fred (2014) Organizational Behavior, Ney York: McGraw-Hill, New York.

Muhibbib Syah, “Psikologi Belajarâ€, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2003.

Muis, I., Nurdin, I., Erlangga, H., & Engkus, E. (2019). Post Disaster Social Vulnerability: Policy Analysis and Implementation in Communities in Indonesia. Journal of Critical Reviews, 6(5), 59-66.

Mulyana, Deddy, “Metodologi Penelitian Kuantitatifâ€, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2003.

Philip Kotler (2017) Manajemen Pemasaran, Edisi Keempat Belas, Jakarta: PT. Indeks.

Phipil Kotler dan Kevin Keller (2017) Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua Belas, Jilid Satu, Jakarta: Erlangga.

Riduwan, “Metode dan Tehnik Penyusunan Proposal Penelitianâ€, Pustaka Presindo, Jakarta, 2012.

Saladin, Djaslim, â€Manajemen Pemasaranâ€, Linda Karya, Bandung, 2003.

Santoso, Singgih (2015). “Menguasai Statistik Multivariatâ€. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sudjana (2014) “Metode Statistikaâ€, Bandung: Tarsido.

Sugiyono (2017), “Metode Penelitian Administrasi : dilengkapi dengan Metode R & Dâ€. Bandung: Alfabeta.

Suhartanto (2014). “Metode Riset Pemasaranâ€. Bandung: Alfabeta

Sunarsi, D., & Baharuddin, A. (2019). The Effect of Service Quality and Price Accuracy on Consumer Confidence and Implications for Sales Increase. PINISI Discretion Review, 3(2), 101-110.

Wiliam J. Shultz, “Marketingâ€, Prentice Hall Inc, Zulganef, New York, 2001.

Wiliam J. Stanton, “Prinsip Pemasaranâ€, Jilid Satu, Edisi Kesepuluh, Erlangga, Jakarta, 2002.

Downloads

How to Cite

Manik, C. D. (2020). PENGARUH KEGIATAN PROMOSI TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PT. SERASI PERKASA DI TANGERANG. Jurnal Ekonomi Efektif, 2(4), 512–519. https://doi.org/10.32493/JEE.v2i4.10669