PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN YANG MEMILIKI KARTU ANGGOTA MEMBER PADA ALFAMART CABANG PONDOK AREN
DOI:
https://doi.org/10.32493/JEE.v2i2.4177Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart) Cabang Pondok Aren.
Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling menggunakan dengan sampel sebanyak 95 responden. Analisis data menggunakan analisis regresi, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis
Hasil penelitian ini adalah promosi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan persamaan regresi Y = 18,535 + 0,541X1,nila koefisien korelasi sebesar 0,647 artinya kedua variabel memiliki tingkat hubungan yang kuat dengan koefisien determinasi sebesar 41,9% dan uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (8,183 > 1,986). Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan persamaan regresi Y = 13,752 + 0,664X2 nilai koefisien korelasi sebesar 0,703 artinya kedua variabel memiliki tingkat hubungan yang kuat dengan koefisien determinasi sebesar 49,5% dan uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (9,544 > 1,986). Promosi dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan persamaan regresi Y = 10,605 + 0,284X1 + 0,463X2. Nilai koefisien korelasi diperoleh sebesar 0,751 artinya variabel bebas dengan variabel terikat memiliki tingkat hubungan yang kuat dengan koefisien determinasi atau pengaruh secara simultan sebesar 56,4% sedangkan sisanya sebesar 43,6% dipengaruhi faktor lain. Uji hipotesis diperoleh nilai F hitung > F tabel atau (59,574 > 2,700) dengan demikian Ho ditolak dan H3 diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart) Cabang Pondok Aren
References
Aaker, A, “Manajemen Ekuitas Merek Memanfaatkan Nilai dari Suatu Merekâ€. Edisi Pertama. Mitra Utama, Jakarta, 2015.
Alma, Buchori, “Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasaâ€, CV. Alfabetha, Bandung, 2015.
Anaroga, Panji, “Mananajemen Bisnisâ€, PT. Rineka Cipta, Semarang, 2015.
Arief. M, “Metodologi Penetianâ€, Rajawali Press, Jakarta, 2015.
Arikunto, Suharsimi, “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktekâ€, PT. Rineka Cipta, Jakarta, 2016.
G.R. Terry, and Rue, Leslie W. Rue, “Dasar-dasar Manajemenâ€, Bumi Aksara, Jakarta 2016.
Ghozali, Imam, “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSSâ€, Edisi Kelima, Badan Penerbit Undip, Semarang, 2017.
Hasan, Ali, “Marketingâ€. Media Utama., Yogyakarta, 2015.
Hasibuan, “Manajemenâ€, Haji Masagung, Jakarta, 2017.
Husen, Umar, “Riset Pemasaran Dan Perilaku Konsumenâ€, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2016.
Irawan, Handi, “Prinsip-Prinsip Kepuasan Pelangganâ€, PT. Alex Media Komputindo, Jakarta, 2015.
Istijianto, “Aplikasi Praktis Riset Pemasaranâ€, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2015.
Keller dan Amstrong, “Prinsip-prinsip Pemasaranâ€, Edisi Kedua Belas, Jilid Satu, Erlangga, Jakarta, 2017.
Kotler dan Keller, “Manajemen Pemasaranâ€, Edisi Kedua Belas, Jilid Satu, Erlangga, Jakarta, 2017.
Kotler, Manajemen Pemasaranâ€, Edisi Keempat belas, PT. Indeks, Jakarta, 2017.
Laksana, Fajar, “Manajemen Pemasaranâ€, Edisi Pertama, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2015
Lupiyoadi, â€Manajemen Pemasaran Jasaâ€, Edisi 3, Salemba Empat, Jakarta, 2016.
Marknesis, Tim, “Customer Satisfaction and Beyondâ€, Marknesi, Yogyakarta, 2015.
Nugroho, Agung, “Strategi Jitu Dalam Memilih Metode Statistik Peneltianâ€, Andi, Yogyakarta, 2015.
Safroni, Ladzi, “Manajemen dan Reformasi Pelayanan Publik dalam Konteks Birokrasi Indonesiaâ€, Aditya Media Publishing, Surabaya 2014.
Saladin, Djaslim, â€Manajemen Pemasaranâ€, Linda Karya, Bandung, 2015.
Salam, “Manajemen Pemerintahan Indonesiaâ€. PT. Djambatan, Jakarta, 2016.
Santoso, Singgih, “SPSS Statistik Parametik†Cetakan Kedua, PT. Elek Media, 2016.
Sarwono, Jonathan, “Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatifâ€, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2015
Simamora, Bilson, “Panduan Riset Dan Perilaku Konsumenâ€, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2017.
Sudjana, â€Metode Statistikaâ€, Edisi Keenam, Tarsito, Bandung, 2014.
Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & Dâ€, Penerbit CV. Alfabeta, Bandung, 2017.
Suherman, Wawan, “Kurikulum Berbasis Kompetensi Pendidikan Jasmani Teori dan Praktik Pengembanganâ€, FIK UNY, Yogyakarta, 2012
Supranto, “Statistik Teori dan Aplikasiâ€, Pustaka Ekonomi, Jakarta, 2015.
Swastha, Bashu dan T. Handoko, “Manajemen Pemasaran Moderenâ€, BPFE, Yogyakarta, 2012.
Syofian Siregar, “Statistika Deskriptif Untuk Penelitianâ€, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta, 62011.
Tasunar, Nanang, “Kualitas Pelayananâ€, Gramedia Pustaka Utama, Ghalia Indonesia, Bogor, 20125.
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra, “Serivce Quality and Satisfiationâ€, Edisi tiga, Andi, Jakarta, 2017.
Usmara, “Strategi Baru Manajemen Pemasaranâ€, Amoro book, Yogyakarta, 2015.
Yazid, “Pemasaran Jasa, Konsep dan Implementasiâ€, Edisi Kedua, PT. Ekonisia, Yogyakarta. 2016.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).