PENGARUH KOMPETENSI DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA GURU PADA SMKN 8 JAKARTA – SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.32493/JEE.v1i3.3470Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi dan motivasi terhadap kinerja guru pada SMKN 8 Jakarta – Selatan
Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif, Penelitian dilaksanakan di SMKN 8 Jakarta, kompleks Kemendikbud, Jalan Raya Pejaten. Pasar Minggu. Jakarta Selatan. Pada penelitian ini, penulis menjadikan guru SMKN 8 Jakarta Selatan sebagai populasi, yang saat ini total berjumlah 56 orang. Terdiri dari 40 orang guru PNS dan 16 guru non PNS. sistem penarikan sampel jenuh, dimana seluruh populasi dijadikan sampel Metode Pengumpulan Data menggunkan data primer dan data sekunder, serta uji statistik meliputi, persamaan regresi linear berganda, uji koefisien korelasi, uji deteminsi dan uji hipotesis
Hasil penelitian menunjukan kompetensi (X1) dan motivasi (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru (Y) dengan persamaan regresi Y = 12,472 + 0,414X1 + 0,287X2. Nilai koefisien korelasi diperoleh sebesar 0,737 artinya variabel bebas dengan variabel terikat memiliki pengaruh yang kuat dengan koefisien determinasi atau pengaruh secara simultan sebesar 54,3% sedangkan sisanya sebesar 45,7% dipengaruhi faktor lain. Uji hipotesis diperoleh nilai F hitung > F tabel atau (31,533 > 2,780), hal tersebut juga diperkuat dengan probability signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan H3 diterima. Artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara kompetensi dan motivasi terhadap kinerja guru.
Kata Kunci: Kompetensi, Motivasi, Kinerja
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).