PENGARUH KOMPETENSI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DIREKTORAT PENGEMBANGAN JARINGAN SUMBER DAYA AIR (PJSDA) – JAKARTA

Authors

  • Theobaldus Boro Tura Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/JEE.v1i3.3472

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilakukan dengan bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana Kompetensi Pegawai Pada Direktorat Pengembangan Jaringan Sumber Daya Air (PJSDA) – Jakarta; 2) Bagaimana Kinerja Pegawai Pada Direktorat Pengembangan Jaringan Sumber Daya Air (PJSDA) – Jakarta; 3) Seberapa besar Pengaruh Kompetensi terhadap Kinerja Pegawai Pada Direktorat Pengembangan Jaringan Sumber Daya Air (PJSDA) – Jakarta.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif asosiatif kausal. Subjek penelitian ini adalah semua PegawaiDirektorat Pengembangan Jaringan Sumber Daya Air (PJSDA)-Jakarta dengan jumlah 50 orang.Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linear Sederhana.

Berdasarkan hasil Uji Koefisien Korelasi dengan menggunakan rumus Product Moment yang didapat yaitu rxy = 0,422 Menunjukan bahwa Kinerja Pegawai dipengaruhi oleh Kompetensi dilihat dari Pedoman Interprestasi Koefisien Korelasi tingkat hubungan yang Sedang. Hasil dari Uji Koefisien Determinasi menunjukan bahwa Kompetensi berpengaruh terhadap Kinerja Pegawai sebesar 17,8%, sedangkan Kinerja Pegawai dipengaruhi oleh Variabel lain diluar dari Kompetensi. Sedangkan hasil dari Uji Regresi Linier Sederhana diperoleh persamaan estimator regresi linier berbentuk Y = 40,8 + 0,336X artinya persamaan tersebut dapat digunakan untuk mentaksir harga Y jika X diketahui. Berdasarkan hasil Uji Hipotesis thitung sebesar 3,528 lebih besar dari ttabel yaitu 0,2787 berarti bahwa koefisien korelasi antara X dan Y signifikan.

 

Kata Kunci : Kompetensi dan Kinerja Pegawai

Downloads

Published

2019-10-24

How to Cite

Tura, T. B. (2019). PENGARUH KOMPETENSI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DIREKTORAT PENGEMBANGAN JARINGAN SUMBER DAYA AIR (PJSDA) – JAKARTA. Jurnal Ekonomi Efektif, 1(3). https://doi.org/10.32493/JEE.v1i3.3472