Pelatihan Dan Pendampingan Manajemen Keuangan Serta Pemasaran Digital Terhadap Pelaku UMKM Kelurahan Sarua Indah, Ciputat Tangerang

Authors

  • Moch . Rizal Unpam
  • Muhammad . Lutfi Unpam
  • Wenty . Febrianti Unpam
  • Rawidjo . . Unpam
  • Rama . Yuli Unpam

DOI:

https://doi.org/10.32493/jlkklkk.v3i2.p84-88.23068

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada santri Menumbuhkan Jiwa Entrepreneurship Pada Pemuda Di Era Digital Bagi Santri Pada Yayasan Pondok Pesantren Dan Panti Asuhan Nurul Ikhsan Menghadapi Kera Milenium. Selain itu memberikan pengetahuan akan pentingnya dunia wirusaha dalam kehidupan. Sasaran kegiatan PKM adalah para santri Ponok Pesantren dan Panti Asuhan Serpong Kota Tangerang Selatan Permasalahan diselesaikan melalui tiga (3) tahapan yaitu: persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Dalam kegiatan ini dilakukan dengan cara memberikan penyuluhan dengan materi kewirausahaan Hasil kegiatan berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini terlihat dari antusias para peserta. Para peserta memeroleh input dari materi-materi yang disampaikan yang meliputi materi kewirausahan dan pemasaran diera digitalisasi.

Kata Kunci : kewirausahaa, Pemasaran dan Era Digital

References

Ali, H. (2013). Marketing dan Kasus- Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS.

FEBRIANTI, W., & ABDULAH, B. (2020). … Effect of Human

Resources Management on Micro, Small, Medium, Enterprises

(MSMEs) Towards the MSMEs’ Performance: A Case Study at

MSMEs In Trusmi …. 4(3), 49–55.

https://www.academia.edu/download /65483010/IRE1702479.pdf

Listiyowati., Iin Indarti., Fitri Wijayanti , Freddy Aldo Setiawan. 2021).

Kepatuhan Wajib Pajak UMKM Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi Indonesia, 10 (1), 41 – 59.

Haryanti, S., Mursito, B., & Sudarwati. (2017). Analisis Strategi Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Penjualan Produk Batik pada PT. Danar Hadi Surakarta. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 144–151.

Ratna Gumilang, R. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap

Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 9–14.

https://doi.org/10.32670/coopetition.v10i1.25 Sabiq Hilal Al Falih, M., Rizqi, R. M., & Adhitya Ananda, N. (2019).

Pengelolaan Keuangan Dan Pengembangan Usaha Pada Usaha

Mikro Kecil Menengah (Studi Kasus Pada Umkm Madu Hutan Lestari

Sumbawa). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1). https://doi.org/10.37673/jmb.v2i1.30

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun. (2008). Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008. 1.

Pasaribu, V. L. D., Agrasadya, A., Shabrina, N., & Krisnaldy, K.

(2020). Menjadi Enterpreneur Muda Yang Memiliki Jiwa

Leadership Untuk Menghadapi Masa Depan. Abdi Laksana:

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Pasaribu, V. L. D., Susanti, F., & Hartuti, E. T. K. (2019). Memotivasi Siswa dan Siswi SMK Letris Indonesia di Dalam Menentukan Pilihan Untuk Melanjutkan Pendidikan Atau Bekerja Setelah Lulus Sekolah. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 1(2), 161-172.

Pasaribu, V. L. D., Sulaiman, S., Sutiman, S., Thaharudin, T., & Purnomo, B. Y. (2020). Pengenalan Letak Posyandu Terdekat Dikelurahan Pisangan Dengan Manajemen Pemasaran Revolusi 4.0 Untuk Meningkatkan Pengetahuan Masyarakat Letak Dan Fungsi

Posyandu Terdekat Pada Kelurahan Pisangan. Dedikasi Pkm, 1(1), 105-110.

Pasaribu, V. L. D., Oktrima, B., Prabowo,B., Arianto, N., & Haryoko, U. B. (2020). Progam Pendampingan Dan Penyelenggaraan Pendidikan Anak Pada Usia Dini Terhadap Prestasi Belajar Dilingkungan Rt 020 Rw 009. Kel Giri Peni. Kec Wates. Yogyakarta. Jurnal Lokabmas Kreatif, 1(1), 71-75.

Pasaribu, V. L. D., Jannah, M., Fazar, M., Putra, S. P., Monalisa, M., & Sofa, M. (2021). MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS USAHA

DIMASA PANDEMI PADA IBU PKK RT 004/003 KELURAHAN SAWAH BARU CIPUTAT, TANGERANG SELATAN. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 295- 301.

Pasaribu, V. L. D., Yuniati, H. L., Pranata, R., Sembayu, R., Purba,

Downloads

Published

2022-08-01

Issue

Section

Articles