Menanamkan Benih Di Pendidikan Berkarakter ( Membangun karakter dan nilai-nilai positif melalui kegiatan di SDIT Al-Fariida )
Abstract
Tujuan pendidikan karakter yang berkaitan dengan pembentukan mental dan sikap anak didik dikelola
dengan menanamkan nilai-nilai yang positif melalui kegiatan di SD. Namun jika diamati dengan baik,
tujuan utama pendidikan karakter bisa dikatakan gagal atau belum tercapai, hal itu dapat dilihat secara
jelas di era globalisasi seperti sekarang ini. Era globalisasi menghadirkan teknologi informasi yang
semakin canggih. Namun kemajuan teknologi membawa dampak yang negatif. Salah satunya yaitu
kemerosotan akhlak. Dari fenomena diatas sangat jelas bahwa permasalahan sebuah lembaga pendidikan
adalah bagaimana sekolah tersebut dalam membentuk karakter islami peserta didik. Mengingat semakin
maraknya hal-hal negatif seperti yang telah dijelaskan diatas maka pembentukan karakter dan kepribadian
anak sesuai dengan nilai keagamaan menjadi sebuah kebutuhan dan keharusan. Oleh karena itu penting
sekali bagi kita dalam membentuk nilai-nilai karakter yang positif melalui metode pembiasaan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode pembiasaan dalam
pembentukan karakter di SDIT AL-FARIIDA. karakter peserta didik di SDIT AL-FARIIDA dan
mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat dalam pembentukan karakter peserta didik di SDIT
AL-FARIIDA. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian kualitatif. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini menggunaka metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari
hasil analisis yang dilakukan penulis, bahwa pembentukan karakter islami peserta didik melalui metode
pembiasaan di SDIT AL-FARIIDA.
Kata Kunci : Metode Pembiasaan, Karakter