Pengembangan Manajemen Pelayanan Posyandu

Authors

  • Krisnaldy Universitas Pamulang
  • Althaf Jery Aryanto, Universitas Pamulang
  • Made Putra Dzakwan Suryasa Universitas Pamulang
  • Citra Amelia Universitas Pamulang

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilaksanakan dengan tujuan untuk mewujudkan salah satu kewajiban dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Harapan dari pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini yaitu untuk mengembangkan kemampuan mengenai bidang manajemen pelayanan pada kader petugas posyandu di Kelurahan Serua Indah Ciputat Tangerang Selatan dimana pemahaman tentang manajemen pelayanan menjadi semakin penting bagi kader petugas posyandu. Melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini, diharapkan dapat menjadi peluang bagi kader petugas posyandu untuk berdiskusi dengan narasumber terkait dengan dasar-dasar hal penting yang harus diperhatikan dalam manajemen pelayanan tentang bagaimana tahapan manajemen pelayanan posyandu, memahami pentingnya memiliki kemampuan manajemen untuk mencapai efisiensi, efektivitas, dan tujuan organisasi, dan mengembangkan keterampilan komunikasi yang kuat. Tujuan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini yaitu untuk mewujudkan salah satu kewajiban dari Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan tujuan utama untuk bertambahnya kecepatan proses peningkatan kemampuan kader petugas posyandu dengan memberikan wawasan edukasi yang baru kepada kader petugas posyandu, untuk mempersiapkan para kader petugas posyandu supaya kegiatan posyandu efektif dan efisien sehingga menjadi optimal. Dengan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam upaya meningkatkan kemampuan kader petugas posyandu untuk mencapai derajat kesehatan yang optimal. Di samping itu, dilakukan diskusi bersama kader selaku petugas posyandu terkait hambatan atau kesulitan yang terjadi di posyandu.

Downloads

Published

2024-06-11

Issue

Section

Articles