Pengaruh Komunikasi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Anak Usia Dini Di Tangerang Selatan
DOI:
https://doi.org/10.32493/jmw.v1i3.15060Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat besarnya pengaruh variable komunikasi dan motivasi terhadap kinerja guru pendidikan anak usia dini di Tangerang Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Setelah dilakukan penelitian diperoleh hasil bahwa pengaruh komunikasi terhadap kinerja guru adalah 3,337 dengan nilai t hitung > t tabel (3,337 > 1,989) dan sig < 0,05 (0,001<0,005) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima sehingga terdapat pengaruh signifikan antara komunikasi dengan kinerja guru. Dari hasil perhitungan diperoleh hasil bahwa besarnya pengaruh motivasi terhadap kinerja guru adalah sebesar 2,954 yaitu nilai t hitung > t tabel (2,954>1,989) dan sig<0,05 (0,004<0,05) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak yaitu pengaruh motivasi terhadap kinerja guru adalah signifikan. Sedangkan pengaruh komunikasi dan motivasi secara bersama-sama terhada kinerja guru sebesar 95,570 dengan nilai F hitung > F tabel (95,570>3,108 dan nilai sig < 0,05 atau 0,000 < 0,005. Uji Anova dapat diperoleh nilai F hitung >f tabel yaitu 95,570 > 3,108 dan nilai sig <0,05 atau 0,000 < 0,005. Sehingga komunikasi dan motivasi berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadapo kinerja guru pendidikan anak usia dini. Penelitian ini menunjukkan bahwa cara guru dalam berkomunikasi dan motivasi guru dalam bekerja memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru PAUD di kota Tangerang Selatan.
Kata kunci: Komunikasi; Motivasi; Kinerja
References
A.A. Anwar Prabu Mangkunegara. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Aritonang, Keke.T. 2005. Kompensasi Kerja, Disiplin Kerja Guru Dan Kinerja Guru SMP Kristen BPK PENABUR. Jurnal Pendidikan Penabur. No 4. Th IV.Jakarta.
Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: BP Universitas Diponegoro. Semarang.
Handoko, T. Hani. 2003. Manajemen Edisi 2. BPFE. Yogyakarta.
Husein Umar. 2013. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Rajawali
Malayu S.P Hasibuan. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi Jakarta : Bumi Aksara.
Malthis, R.L dan Jackson. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Salemba Empat. Jakarta.
Priansa, D. 2014. Perencanaan dan Pengembangan SDM, Penerbit Alfabeta
Robbins, Stephen. P. dan Mary Coulter. 2005. Manajemen. PT INDEKS Kelompok Gramedia. Jakarta.
Rivai, Veithzal dan Basri. 2005. Performance Appraisal: Sistem Yang Tepat Untuk Menilai Kinerja Pendidik Dan Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. PT. RAJAGRAFINDO PERSADA. Jakarta.
Susanto EH. 2010. Komunikasi Manusia (Esensi dan Aplikasi dalam Dinamika Sosial Ekonomi Politik). Jakarta: Mitra Wacana Media.
Sekaran, Uma. 2006. Research Methode For Business: Metodologi Penelitian Untuk bisnis. Salemba Empat. Jakarta.
Setiyawan, Budi dan Waridin. 2006. Pengaruh Disiplin Kerja Karyawan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Di Divisi Radiologi RSUP Dokter Kariadi Semarang. JRBI. Vol 2. No 2. Hal: 181-198.
Siagian, Sondong. P. 2002. Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja. PT Rineka Cipta. Jakarta.
Simamora, Henry. 1997. Manajemen Sumber Daya Manusia. STIE YKPN.Yogyakarta.
Sinambela, Lijan Poltak. 2011. Kinerja Pegawai Teori, Pengukuran dan Implikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Stoner, James. AF Dan R. Edward Freeman dan Daniel R. Gilbert. 1996. Manajemen. PT. renhallindo. Jakarta.
Supranto, J. 2001. Statistik: Teori dan Aplikasi. Edisi keenam. Erlangga. Jakarta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wilson, Carol. 2012. Performance Coaching : Metode Baru Mendongkrak Kinerja Karyawan. Jakarta : PPM.
Wirawan. 2009. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia Teori Aplikasi dan Penelitian. Jakarta. Penerbit: Salemba Empat.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.