Pengaruh Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Station Sato Petshop Cibinong Kabupaten Bogor
DOI:
https://doi.org/10.32493/jmw.v2i1.19518Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelangganan Pada Station Sato Petshop Cibinong Kabupaten Bogor. Metode penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian adalah pelanggan Station Sato Petshop yang berjumlah 187 pelanggan. Sampel diambil sebanyak 65 responden menggunakan metode simple random sampling. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner, sedang metode analisis data yang digunakan meliputi uji validitas dan uji reliabilitas, serta uji regresi linear sederhana, uji koefisien determinasi, dan uji signifikasi parsial (uji-t). Hasil penelitian kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Station Sato Petshop Cibinong Kabupaten Bogor dengan nilai t-hitung > t-tabel (21,954 > 1,66864) dan signifikansi 0,000. Hasil ini diperkuat dengan persamaan regresi linear sederhana Y=3,928+0,673X dan kontribusi variable loyalitas terhadap variable kepercayaan sebesar 88,4%.
Kata Kunci: Kepercayaan; Loyalitas
References
Arikunto, S. (2015). Prosedur Suatu Penelitian: Pendekatan Praktek. Edisi Revisi Kelima. Jakarta: Rineka Cipta.
Asmarani. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Konsumen Bus Harapan Jaya Tulungagung. Jurnal FE Manajemen, 1(1).
Assauri, S. (2017). Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep dan Strategi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Dharma. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT. Padang Tour Wisata Pulau Padang. Jurnal EKOBISTEK Fakultas Ekonomi, 6(2), 2301-5268.
Hasibuan, M.S.P. (2014). Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Indriantoro & Supomo. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen. Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
Ishak, A., & Luthfi, Z. (2011). Pengaruh Kepuasan dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Loyalitas: Studi Tentang Peran Mediasi Switching Costs. Jurnal Siasat Bisnis, Vol. 15, No. 1.
Juni, D. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu (Pada Era Media Sosial). Bandung: CV Pustaka Setia.
Gaffar, V. (2017). Costumer Relationship Management and Marketing Public Relation. Bandung: Alfabeta.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Griffin, J. (2018). Customer Loyalty: How to Learn It, How to Keep It. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. & Kevin, L.K. (2014). Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid satu. Jakarta.
Erlangga, O.R. (2010). “Whence Consumer Loyaltyâ€, Journal of Marketing, Vol. 63.
Lupiyoadi. (2011). Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktek. Jakarta: Salemba Empat.
Prasetyo. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Swalayan Luwes Purwodadi). Jurnal Manajemen Bisnis, 1(2).
Rachmawati. (2014). Pengaruh Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Sebuah Kajian Terhadap Bisnis Makanan. Jurnal Manajemen Bisnis, 1(1).
Safroni, L. (2012). Manajemen dan Reformasi Pelayanan Publik dalam Konteks Birokrasi Indonesia. Surabaya: Aditya Media Publishing.
Sekaran, U & Bogie, R. (2014), Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan-Keahlian, Edisi 6, Buku 1, Cetakan Kedua. Jakarta. Salemba Empat.
Septi, W. Atik & Ratminto. (2012). Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Station Sato Petshop. (2020). Data Empiris Penelitian. Kabupaten Bogor. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Winarti & Viastuti. (2019). Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan di Café Cokelat Clasic Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis, 5(1) 2407-3741.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.