Pengaruh Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Station Sato Petshop Cibinong Kabupaten Bogor

Authors

  • Jordan Bastian Fakultas Ekonomi dan Bisnis, universitas Pamulang
  • Sugeng Widodo Fakultas Ekonomi dan Bisnis, universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jmw.v2i1.19518

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelangganan Pada Station Sato Petshop Cibinong Kabupaten Bogor. Metode penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian adalah pelanggan Station Sato Petshop yang berjumlah 187 pelanggan. Sampel diambil sebanyak 65 responden menggunakan metode simple random sampling. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner, sedang metode analisis data yang digunakan meliputi uji validitas dan uji reliabilitas, serta uji regresi linear sederhana, uji koefisien determinasi, dan uji signifikasi parsial (uji-t). Hasil penelitian kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Station Sato Petshop Cibinong Kabupaten Bogor  dengan nilai t-hitung > t-tabel (21,954 > 1,66864) dan signifikansi 0,000. Hasil ini diperkuat dengan persamaan regresi linear sederhana Y=3,928+0,673X dan kontribusi variable loyalitas terhadap variable kepercayaan sebesar 88,4%.

 

Kata Kunci: Kepercayaan; Loyalitas

Author Biography

Sugeng Widodo, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, universitas Pamulang

ID Scolar : r2IOHmoAAAAJ

References

Arikunto, S. (2015). Prosedur Suatu Penelitian: Pendekatan Praktek. Edisi Revisi Kelima. Jakarta: Rineka Cipta.

Asmarani. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Konsumen Bus Harapan Jaya Tulungagung. Jurnal FE Manajemen, 1(1).

Assauri, S. (2017). Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep dan Strategi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Dharma. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT. Padang Tour Wisata Pulau Padang. Jurnal EKOBISTEK Fakultas Ekonomi, 6(2), 2301-5268.

Hasibuan, M.S.P. (2014). Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Indriantoro & Supomo. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen. Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Ishak, A., & Luthfi, Z. (2011). Pengaruh Kepuasan dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Loyalitas: Studi Tentang Peran Mediasi Switching Costs. Jurnal Siasat Bisnis, Vol. 15, No. 1.

Juni, D. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu (Pada Era Media Sosial). Bandung: CV Pustaka Setia.

Gaffar, V. (2017). Costumer Relationship Management and Marketing Public Relation. Bandung: Alfabeta.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Griffin, J. (2018). Customer Loyalty: How to Learn It, How to Keep It. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. & Kevin, L.K. (2014). Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid satu. Jakarta.

Erlangga, O.R. (2010). “Whence Consumer Loyaltyâ€, Journal of Marketing, Vol. 63.

Lupiyoadi. (2011). Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktek. Jakarta: Salemba Empat.

Prasetyo. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Swalayan Luwes Purwodadi). Jurnal Manajemen Bisnis, 1(2).

Rachmawati. (2014). Pengaruh Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Sebuah Kajian Terhadap Bisnis Makanan. Jurnal Manajemen Bisnis, 1(1).

Safroni, L. (2012). Manajemen dan Reformasi Pelayanan Publik dalam Konteks Birokrasi Indonesia. Surabaya: Aditya Media Publishing.

Sekaran, U & Bogie, R. (2014), Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan-Keahlian, Edisi 6, Buku 1, Cetakan Kedua. Jakarta. Salemba Empat.

Septi, W. Atik & Ratminto. (2012). Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Station Sato Petshop. (2020). Data Empiris Penelitian. Kabupaten Bogor. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Winarti & Viastuti. (2019). Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan di Café Cokelat Clasic Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis, 5(1) 2407-3741.

Downloads

Published

2022-03-31

How to Cite

Bastian, J., & Widodo, S. (2022). Pengaruh Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Station Sato Petshop Cibinong Kabupaten Bogor. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIMAWA), 2(1), 29–35. https://doi.org/10.32493/jmw.v2i1.19518

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.