Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Iphone di Tangerang Selatan

Authors

  • Sugeng Widodo Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang
  • Rahmayanti Tumanggor Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang
  • Jaenudin Jaenudin Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jmw.v3i1.29447

Keywords:

Kualitas Produk, Persepsi Harga, Gaya Hidup, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas produk, persepsi harga, dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian produk Iphone di Tangerang Selatan. Metode penelitian ini menggunakan metode kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang mengetahui smartphone Iphone di Tangerang Selatan. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 190 responden. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas Produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Persepsi Harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Gaya Hidup memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Gaya Hidup memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian tersebut dapat diartikan bahwa semakin baik Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Gaya Hidup maka keputusan pembelian akan semakin tinggi.

References

Akbar, M. F. (2020). The Influence of Product Quality and Price On Purchasing Decisions At Mitraindo South Tangerang Online Shop. Jurnal Administrare: Jurnal Pemikiran Ilmiah Dan Pendidikan Administrasi Perkantoran, 6(2), 237–248.

Al-Baddareen, G., Ghaith, S., & Akour, M. (2015). Self-Efficacy, Achievement Goals, and Metacognition as Predicators of Academic Motivation. Procedia – Social and Behavioral Sciences. Vol. 191, 2068-2073.

Albari, & Safitri, I. (2018). The Influence of Product Price on Consumers’ Purchasing Decisions. Review of Integrative Business and Economics Research, 7(2), 328–337.

Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Amilia, S., & Nst, M. O. A. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi Di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 6(1), 660–669.

Amri, S., & Prihandono, D. (2019). Influence Lifestyle, Consumer Ethnocentrism, Product Quality on Purchase Decision through Purchase Intention. Management Analysis Journal, 8(1), 26–38.

Amrullah, Siburian, P.S., & Zainurossalamia, S. ZA. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda. Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen. 13(2).

Arifin, N., Arifin, R., & Slamet, A.R. (2017). Pengaruh Faktor Lokasi, Kelengkapan Produk Dan Harga Terhadap Pembelian Ulang Konsumen (Studi Kasus pada Hypermart Malang Town Square). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen. 6(6).

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asmita, S. (2016), Pengaruh Gaya Hidup, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Iphone (Studi Kasus pada Konsumen iPhone di Kota Pontianak). Jurnal Manajemen Update. 5(4).

Assauri, S. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Brata, B. H., Husani, S., & Ali, H. (2017). The Influence of Quality Products, Price, Promotion, and Location to Product Purchase Decision on Nitchi at PT. Jaya Swarasa Agung in Central Jakarta. Saudi Journal of Business and Management Studies, 2(4), 433–445.

Cahya, S., Tri, A., & Fatoni, A. (2018). The Influence of Product Quality, Brand Image, and Price on Purchase Decision with Consumer Satisfaction as Intervening Variable. Journal of Management, 4(4).

Denniswara, E.P. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Intensi Membeli Ulang Produk My Ideas. Jurnal Performa. 1(4).

Fathima, Y.A., & Muthumani, S. (2015). User Acceptance of Banking Technology with Special Reference to Internet Banking. Journal of Theoretical and Applied Information Technology (73) : 12-19.

Fauzi, R. (2021), Penjualan iPhone Alami Penurunan Selama Q1 2020 Karena Pandemi, [online], Diakses di Penjualan iPhone Alami Penurunan Selama Q1 2020 Karena Pandemi - Semua Halaman - MakeMac (grid.id) 19 Maret 2021.

Hair et. al,. (2015). A primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Hasan, A. (2018). Marketing Dan Kasus-Kasus Pilihan. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Media. Pressdindo.

Henseler, J., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2015). A New Criterion For Assessing Discriminant Validity In Variance-Based Structural Equation Modeling. Journal of the academy of marketing science, 43(1), 115-135.

Herawati, P. S. D. W., & Kardoyo. (2019). Predicted Purchasing Decisions from Lifestyle, Product Quality And Price Through Purchase Motivation. Journal of Economic Education, 8(1), 1–11.

IDC. (2018). IDC Worldwide Quarterly Mobile Phone Tracker. Diambil kembali dari IDC: https://www.idc.com/getdoc.jsp?containerId=prUS44188018.

Imaningsih, E., & Rohman, S. (2018). The Model of Product Quality, Promotion, Price, and Purchase Decisions. Jurnal Ekonomi, 12(02), 260–271.

KBBI. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [Online] Available at: http://kbbi.web.id/pusat, [Diakses 21 Juni 2016].

Khotimah H., Khafid M., & Pujiati A. (2016). Sikap Konsumen dan Gaya Hidup Dalam Keputusan Pembelian Produk Smartphone Melalui Minat Beli. Journal of Economic Education. 5(2). 110-121.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Dasar-dasar Pemasaran.Jilid 1, Edisi Kesembilan.Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K.K. (2016): Marketing Management, 15th. Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Latan, H., & Ghozali, I. (2017). Partial Least Squares : Konsep, Metode, dan Aplikasi Menggunakan Program WarpPLS.5.0. Edisi Ketiga. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Lengkong, V. P. K., Tewal, B., & Montijai, O. (2014). Motivasi, Sikap dan Minat Beli Konsmen Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha PT. Hasjrat Abadi Sentral Yamaha Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(4).

Lianardi, W., & Chandra, S. (2019). Analysis of Service Quality, Product Completeness, and Price on Purchasing Decisions at Juni Minimarket Pekanbaru. Kurs: Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis. 4(1).

Malau, H. (2017). Manajememn Pemasaran. Bandung: CV Alfabeta.

Miauw, K.Y. H. (2016). Pengaruh Motivasi Konsumen Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Di Wild. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis. 1(5).

Muliasari, D. (2019). The Effect Of Product Price And Product Quality On Purchasing Decisions For Samsung Brand Handphones Among Stie Aas Surakarta Students. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (Ijebar), 2019(4), 501–506.

Muljani, N., & Koesworo, Y. (2019). The Impact of Brand Image, Product Quality and Price on Purchase Intention of Smartphone. International Journal of Research Culture Society, 3(1), 99–103.

Nafilah, K., Widarko, A., & Khoirul. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadapkeputusan Pembelian Dan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Study Kasus Pada Mahasiswa FEB Universitas Islam Malang Yang Mengkonsumsi Mie Instan). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen. 8(16).

Napitupulu, M.G.S. (2014). Pengaruh Gaya Hidup, Motivasi, Dan Persepsi Konsumen Pria Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Pada Salon Tiara Di Kota Malang. Jurnal Mahasiswa FEB. 2(2).

Nurhidayah, D. (2019) Pengaruh Gaya Hidup Dan Citra Diri Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Melalui Minat Beli (Studi Kasus pada Mahasiswi Universitas Peradaban Bumiayu). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

Nuryaman., & Christina, V. (2015). Metodologi Penelitian Akuntansi dan Bisnis. Bogor: Ghalia Indonesia.

Oktaviana, A. P., & Budiadi, S. (2016). Keputusan Pembelian Smartphone Android Merek Samsung (Studi Pada Mahasiswa S1 Manajemen Angkatan 2012-2014 Universitas Negeri Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 4(4).

Panjaitan, H., & Panjaitan, F.A.B.K. (2020), Healthy Lifestyle Determines the Purchase of a Bicycle in Indonesia. International Journal of Economics and Business Administration, 8(3).

Pasaribu, J. F., Suyono, J., & Elisabeth, D. R. (2019). The Impact Of Lifestyle, Brand Awareness, Product Quality, On Purchasing Decisions And Repurchase Intention Products For East Java & Co. International Journal Of Integrated Education, Engineering And Business, 2(2), 137–145.

Pertiwi, W.K. (2021). Penjualan Smartphone Lesu, Ini 5 Besar Penguasa Pasar Kuartal II 2020", [online], diakses di https://tekno.kompas.com/read/2020/08/27/11520017/penjualan-smartphone-lesu-ini-5-besar-penguasa-pasar-kuartal-ii-2020?page=all. pada tanggal 19 Maret 2021.

Prasetiawan., Hermawati., A., & Zulkhifli. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada PT. Jaya Kopra Sejati). Conference on Economic and Business Innovation.

Priansa, D.J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Puspita, C. M., & Budiatmo, A. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Rocket Chicken Wolter Monginsidi Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(3), 268-275.

Putra, E. W., Kumadji, S., & Yulianto, E. (2016). Pengaruh Diskon Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Study Pada Konsumen Yang Membeli Produk Diskon Di Matahari Department Store Pasar Besar Malang) Endhar. Jurnal Administrasi Bisnis (Jab), 38(2), 184–193.

Rahmawati, Y., & Nilowardono, S. (2018). The Effect of Product Quality, Brand Trust, Price and Sales Promotion on Purchase Decisions on Royal Residence Surabaya (Case Study in PT. Propnex Realti Visit). International Journal of Integrated Education, Engineering and Business, 1(1), 1–10.

Ratag, J., Limpeleh, R. H. S. D., & Kaunang, A. M. (2018). The Effect Of Lifestyle And Product Quality On Mobile Phone Purchasing Decisions At Sam Ratulangi University Students In Manado Indonesia. Scientific Research Journal (Scirj), 6(12), 41–50.

Saraswati, A. R., & Rahyuda, K. (2017). Brand Image Memediasi Kualitas Produk Dan Harga Dengan Keputusan Pembelian Smartphone Apple Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(6), 3252–3282.

Saratian, E.T.P., Mulyowahyudi, A., & Kurniasih, A. (2019). Kajian Penerapan Blue Ocean Strategy Pada Pembiayaan Sindikasi Skim Musyarakah Mutanaqishah. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis.5(1).

Saunders, D.E. (2018). Kecintaan Mahasiswa Universitas Kristen Petra Terhadap Merek Apple. AGORA. 6(1), 1-10.

Simamora, H. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: STIEY.

Singal, S. C., Koleangan, R. A. M., & Jantje L. Sepang. (2019). Pengaruh Gaya Hidup, Harga Dan Lokasi Terhadap Minat Menonton Di Bioskop Cgv Blitz Cinemas Manado. Jurnal Emba, 7(3), 3009–3018.

Solihin D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. JURNAL MANDIRI: Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi. 4(1).

Sopiah., & Sangadji, E.M. (2016). Salesmanship (Kepenjualan). Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service, Quality & Satisfaction edisi 3,Yogyakarta: Andi.

Utami, R. P., & Saputra, H. (2017). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Sayuran Organik Di Pasar Sambas Medan. Jurnal Niagawan, 6(2), 44–53.

Wicaksono, A., Suharyono., & Pangestuti, E. (2018). Pengaruh International Brand Image Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pengguna Iphone Di Indocell Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (Jab), 57(2), 170–179.

Wicaksono, P. U., & Mudiantono. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Promosi Terhadap Citra Merek Dan Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Kartu Perdana Xl Axiata Di Semarang. Diponegoro Journal of Management, 6(2), 1–11.

Yanuar, M.M., Nurul, Q., & Budi, S. (2017). Dampak Kualitas Produk, Harga, promosi, dan Kualitas Pelayanan terhadap kepuasan pelanggan optik Marlin Cabang Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia. 3(1).

Downloads

Published

2023-03-31

How to Cite

Widodo, S., Tumanggor, R., & Jaenudin, J. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Iphone di Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIMAWA), 3(1), 25–36. https://doi.org/10.32493/jmw.v3i1.29447

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.