Rancang Bangun Sistem Reservasi Ruang Rapat Dengan Menggunakan Framework Codeigniter

Authors

  • Dwi Dzulqhori Universitas Pamulang
  • Achmad Udin Zaelani Universitas Pamulang

Keywords:

PT. Trihamas Finance, Reservasi, Ruang Rapat, Sistem Reservasi.

Abstract

Rancang Bangun Sistem Reservasi Ruang Rapat PT. Trihamas Finance. PT. Trihamas Finance melayani pembiayaan kredit kendaraan bermotor bagi para pelaku usaha maupun pribadi. Pencatatan reservasi ruang rapat ini masih menggunakan cara yang manual yang sehingga sering menimbulkan permasalahan, seperti: ruangan yang tidak sesuai reservasi awal, fasilitas yang juga tidak sesuai saat reservasi awal, lamanya waktu yang dibutuhkan untuk melakukan reservasi ruangan, dan double booked. Sistem Reservasi Ruang Rapat ini dibangun untuk menanggapi keluhan dari beberapa karyawan yang harus merubah jadwal rapat mereka. Sistem Reservasi Ruang Rapat ini dapat membantu dalam menangani proses pengolahan data-data terkait reservasi ruangan rapat, transaksi reservasi, sampai dengan pembuatan laporan penggunaan ruangan yang dapat dipantau secara real time. Hasil pengujian Sistem Reservasi Ruang Rapat ini kepada pengguna menunjukkan bahwa fungsionalitas sistem yang dibuat dapat berjalan dengan baik. Sistem ini dapat meningkatkan kinerja admin, dan user dalam mengefisiensikan proses reservasi, mengurangi waktu yang dibutuhkan dalam reservasi ruang rapat, dan meningkatkan kualitas pelayanan terhadap departemen lain.

References

N. Ratama and Munawaroh, “Perancangan Sistem Informasi Sosial Learning untuk Mendukung Pembangunan Kota Tangerang dalam Meningkatkan Smart city Berbasis Android,†SATIN – Sains dan Teknol. Inf., vol. 5, no. 2, pp. 59–67, 2019.

A. Husain, “Perancangan Sistem Absensi Online Menggunakan Android Guna Mempercepat Proses Kehadiran Karyawan Pada PT. Sintech Berkah Abadi,†Antimicrob. Agents Chemother., vol. 1, no. 2, pp. 116–127, Dec. 2017, doi: 10.1128/AAC.03728-14.

Z. Rifai, T. Bratakusuma, and R. Arvianti, “Perencanaan Arsitektur Enterprise Desa Dengan Kerangka Kerja TOGAF ADM,†J. Sisfokom (Sistem Inf. dan Komputer), vol. 9, no. 2, p. 177, 2020, doi: 10.32736/sisfokom.v9i2.803.

Munawaroh and N. Ratama, “Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Matakuliah Pengantar Teknologi Informasi Di Universitas Pamulang Berbasis Android,†Satin, vol. 5, no. 2, pp. 17–24, 2019.

N. Pohan, “Implementasi Barcode untuk Sistem Informasi Absensi pada PT . Coca Cola Distribution Indonesia Pekanbaru,†vol. 2, no. 2, pp. 87–102, 2016.

N. Ratama, “IMPLEMENTASI METODE FUZZY TSUKAMOTO UNTUK DETEKSI DINI AUTISME PADA BALITA BERBASIS ANDROID,†vol. 3, no. 2, pp. 129–139, 2020, [Online]. Available: https://e-journal.stmiklombok.ac.id/index.php/jire/article/view/269.

R. V. Imbar and R. Kurniawan, “Perancangan Aplikasi Absensi Laboratorium Komputer dengan Menggunakan Sistem Verifikasi Pengguna di Universitas Kristen Maranatha,†J. Inform., vol. 2, no. 1, pp. 37–45, 2006.

Downloads

Published

2021-06-09

Issue

Section

Articles