Rancang Bangun Sistem Monitoring Rack Server Menggunakan Arduino Uno Berbasis IOT (Internet Of Things)

Authors

  • Visca Reza Steven Cornel Pardede Pamulang University
  • Redi Darmawan Pamulang University

Keywords:

Ubidots, Rack Server, Internet of things

Abstract

Kantor PT Aplikanusa Lintasarta merupakan perusahaan yang bergerak di bidang Informations and Communications Technology (ICT).  PT.Aplikanusa Lintasarta salah satu jasanya menyediakan akses VPN dan Internet sehingga kantor ini memiliki Rack Server data. Dalam ruangan Rack Server tersebut sudah dipastikan harus safety, tidak boleh ada kebocoran  dan suhu di dalam juga harus selalu dalam temperatur stabil, karna perangkat server yang selalu bekerja 1x24 Jam secara terus menerus tanpa berhenti pastinya akan panas jika temperatur didalam tidak stabil, maka dapat menyebabkan kerusakan perangkat, dan saat ini tim Monitoring hanya dapat mengecek suhu temperatur secara manual langsung kelokasi dan memakai alat yang dinamakan termometer, dan jika ada kebocoran AC atau tetesan air, yang sangat riskan dengan perangkat keras, tim IT belum dapat memiliki sensor yang bisa menginformasikan secara realtime. Ubidots merupakan aplikasi pendukung berbasis website yang disediakan guna membantu menjalankan proses dari sensor sensor IOT (Internet OF things), yang difungsikan untuk menjalankan sensor-sensor yang sudah di rakit dan di config untuk dapat menjalankan suatu proses dari perangkat tersebut.  Tujuan dibuatnya perangkat ini adalah untuk mempermudah dan mempercepat Tim IT dalam memonitoring Alarm perangkat yang ada pada didalam Rack Server secara Realtime, tanpa harus mengecek secara manual.

References

F. Firdiansyah, S. Siswanto, M. Anif, and B. H. Prasetyo, “Kendali dan Monitoring Ruang Server dengan Sensor Suhu DHT-11, Gas MQ-2 serta Notifikasi SMS,†Pros. SISFOTEK, vol. 3, no. 1, pp. 122–130, 2019.

M. H. Zohari, V. Bala, and A. S. Abd Ghafar, “Server monitoring based on IoT using ThingSpeak,†J. Electr. Power Electron. Syst., vol. 1, no. 2, 2019.

T. Dimitar, S. Sotir, and G. Slavi, “LoraWan based system for measurment and monitoring of temperature and humidity in data centers and server rooms,†Ðаучни трудове на Съюза на учените–Пловдив. Ð¡ÐµÑ€Ð¸Ñ Ð’ Техника и технологии, vol. 17, 2019.

A. A. S. Ramschie, J. F. Makal, and V. V Ponggawa, “Method of Freon Leak Detection and Dirty Air Filter in Air Conditioning for Electrical Savings,†Int. J. Comput. Appl., vol. 172, no. 1, pp. 35–40, 2017.

M. A. P. Utomo, A. Aziz, and B. Harjito, “Server room temperature & humidity monitoring based on Internet of Thing (IoT),†in Journal of Physics: Conference Series, 2019, vol. 1306, no. 1, p. 12030.

D. E. Kurniawan, M. Iqbal, J. Friadi, R. I. Borman, and R. Rinaldi, “Smart monitoring temperature and humidity of the room server using raspberry pi and whatsapp notifications,†in Journal of Physics: Conference Series, 2019, vol. 1351, no. 1, p. 12006.

F. Djuandi, “Pengenalan arduino,†E-book. www. tobuku, vol. 24, 2011.

H. Asyari, U. Umar, and A. P. Irawan, “Desain Prototipe Kompor Listrik Tenaga Surya,†Emit. J. Tek. Elektro, vol. 19, no. 1, pp. 6–9, 2019.

R. A. Fauzi, “PENDETEKSI KEBOCORAN GAS MENGGUNAKAN SENSOR MQ-2 BERBASIS ARDUINO UNO,†J. Manaj. dan Tek. Inform., vol. 3, no. 1, 2019.

A. G. Ramadhan, “SISTEM MONITORING DAN OTOMASI PADA PELEBURAN BESI DI PT. PANGERAN KARANG MURNI III BERBASIS STM32F103.†Universitas Muhammadiyah Gresik, 2019.

W. Purnamasari and R. Wijaya, “Sistem Keamanan Rumah Menggunakan Sensor Getaran dengan Output Suara Berbasis PC,†J. Mantik Penusa, vol. 21, no. 1, 2017.

A. S. Romoadhon and D. R. Anamisa, “Sistem Kontrol Peralatan Listrik pada Smart Home Menggunakan Android,†Rekayasa, vol. 10, no. 2, pp. 116–122, 2017.

Www.ubidots.com, “www.ubidots.com.†www.ubidots.com.

Downloads

Published

2021-12-09

Issue

Section

Articles