Sistem Aplikasi Pengenalan Sejarah dan Kebudayaan Cirebon Berbasis Web

Authors

  • Diyah Ruri Irawati Manajemen Informatika STMIK Jakarta STI&K
  • Abdul Hakim Sistem Komputer STMIK Jakarta STI&K
  • Kokoy Rokoyah Sistem Informasi STMIK Jakarta STI&K

Keywords:

Aplikasi, Pengenalan Sejarah dan Kebudayaan, Web

Abstract

Aplikasi web atau bisa disebut dengan perangkat lunak berbasis web telah berkembang dengan pesat baik dari segi penggunaan,ukuran,bahasa yang di gunankan dan komleksitasnya.Tetapi tidak dapat di pungkiri bahwa perkembangan teknologi yang pesat,yang dapat membawa dampak bagi perjalanan hidup bangsa ini,juga membawa dampak bagi sejarah dan kebudayaan. Di sisi lain, era informasi dan globalisasi ternyata menimbulkan pengaruh terhadap perkembangan sejarah dan budaya bangsa, yakni sebuah kecenderungan yang mengarah terhadap memudarnya pengetahuan sejarah, pelestarian budaya, berkurangnya keinginan untuk mengetahui sejarah dan mengembangkan budaya negri sendiri. walaupun demikian derasnya arus globalisasi tidak membawa dampak yang signifikan dalam perubahan sejarah dan budaya di daerah Cirebon. Kurangnya pengetahuan masyarakat Indonesia akan sejarah dan budaya yang ada di daerah Cirebon serta Tidak adanya suatu aplikasi yang membuat masyarakat sadar akan budaya dan sejarah yang ada di daerah Cirebon. Dengan adanya sistem informasi baru berbasis web yang di rancang untuk memperkenalkan sejarah dan budaya daerah Cirebon ke wilayah ataupun negara lain yang bersifat global.

 

Kata kunci: Aplikasi, Pengenalan Sejarah dan Kebudayaan, Web

References

H. Muliawati, E. Rosmaya, and N. Wahyuningsih, “PENGENALAN CERITA RAKYAT CIREBON PADA SISWA SD MELALUI MENDONGENG SEBAGAI UPAYA PELESTARIAN KEARIFAN LOKAL CIREBON,†J. Tuturan, vol. 9, no. 2, pp. 53–58, 2020.

M. Faturochman, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI WISATA BERBASIS WEB (Studi Kasus: Traveling Cirebon Jawa Barat).†University of Technology Yogyakarta, 2020.

D. R. Aditia, R. A. Widyanto, and A. Primadewi, “Rancang Bangun Sistem Informasi Situs Bersejarah Berbasis Web,†J. Komtika (Komputasi dan Inform., vol. 3, no. 1, pp. 28–33, 2019.

K. P. N. Lhokseumawe, “Aplikasi Sistem Informasi Dan Pemetaan Daerah Pariwisata Berbasis Web,†J. TIKA Fak. Ilmu Komput. Univ. Almuslim, vol. 7, no. 1, p. 48.

M. P. P. Sugiyono and P. Kuantitatif, “Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta,†Cet. Vii, 2009.

A.-B. Bin Ladjamudin, “Analisis dan desain sistem informasi,†2005.

U. Ibrahim, D. Yunita, and M. Fansyuri, “Perancangan Aplikasi Akademik Menggunakan Model Prototype Berbasis Website,†JOAIIA J. Artif. Intell. Innov. Appl., vol. 2, no. 2, pp. 1–10, 2021.

Downloads

Published

2022-05-10

Issue

Section

Articles