PENGGUNAAN SOFTWARE GEOGEBRA DALAM MENGKONSTRUKSI BANGUN RUANG
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpka.v3i1.29188Abstract
Adanya pandemi corona yang melanda hampir seluruh dunia, memaksa kita untuk
mengubah kebiasaan dan bentuk kegiatan kita sehari-hari, termasuk dalam dunia
pendidikan yaitu berubah dari pertemuan tatap muka disekolah menjadi pembelajaran
online dirumah masing-masing, sehingga semua pihak yang terlibat disini mau tidak mau
harus bisa melakukan pembelajaran online ini. Begitu juga para guru dituntut untuk
mencari media pembelajaran yang cocok dan dapat meningkatkan motivasi dan
kemampuan siswa terutama dalam belajar matematika, salah satunya yaitu Software
Geogebra. Sehingga tujuan kami dalam melaksanakan kegiatan PKM ini adalah
memberikan informasi dan wawasan pengetahuan untuk mengkonstruksi bangun ruang
melalui Geogebra. Kegiatan ini 95% berhasil karena antusiasme guru sangat tinggi dan
sebagian dari mereka langsung dapat mempraktekkan materi yang kami berikan saat itu
juga.
References
Agung, S. (2018). Pemanfaatan apliksi geogebra dalam pembelajaran matematika SMP. Seminar Nasional, 03, 312–322.
Aminudin, M., Basir, A., Wijayanti, D., Maharani, H. R., Kusmaryono, I., Saputro, A., Id, A. A., Studi, P., Matematika, P., Guru, P., Dasar, S., Islam, U., & Agung, S. (2021). Pelatihan Penggunaan Geogebra Classroom untuk Mengoptimalkan Pembelajaran Matematika. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 4(2), 417–428. http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/PPM%0Ahttp://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
Asngari, D. R. (2015). Penggunaan Geogebra dalam Pembelajaran Geometri. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 299–302.
Faradisa, M. (2019). Penggunaan Aplikasi Geogebra pada Pembelajaran Matematika Materi Poligon dan Sudut Sebagai Sarana Meningkatkan Kemampuan Siswa. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 1(2), 166. https://doi.org/10.29300/equation.v1i2.2294
Hadi, M. S., Fattah, A. H., & Rizta, A. (2018). Penggunaan Geogebra Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Program Linier. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 1(1), 65. https://doi.org/10.31851/indiktika.v1i1.2236
Japa, N., Suarjana, I. M., & Widiana, W. (2017). Media Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika. International Journal of Natural Science and Engineering, 1(2), 40. https://doi.org/10.23887/ijnse.v1i2.12467
M.Nur, I. (2016). Pemanfaatan Program Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 10–19.
Oktaria, M., Alam, A. K., & Sulistiawati, S. (2016). Penggunaan Media Software GeoGebra untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(1), 99–107. https://doi.org/10.15294/kreano.v7i1.5014
Pengabdian, J., Masyarakat, K., & Homepage, J. (2021). 3 1,2,3. 1(2), 166–173.
Rahadyan, A., Hartuti, P. M., & Awaludin, A. A. R. (2018). Penggunaan Aplikasi Geogebra dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01), 11. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v1i01.2356
Tanzimah. (2011). Pemanfaatan GeoGebra dalam pembelajaran matematika. Seminar Nasional LPM UNY, 610–616.
Umayah, Y., & Evendi, H. (2018). Analisis Pemanfaatan Software geogebra Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Mitra Pendidikan, 2(4), 11–22.