SINKRONISASI KARBURATOR MOTOR 2 SILINDER DENGAN KAPASITAS 250 CM3

Authors

  • Nur Rohmat
  • Farid Wazdi
  • Sujianto Sujianto

DOI:

https://doi.org/10.32493/jtc.v5i1.21283

Keywords:

sepeda motor, dua silinder 250 cm3, karburator, NodeMCU

Abstract

Abstrak:  Penelitian ini berkaitan dengan mekanisme dan metode modular untuk menyelaraskan kecepatan satu mesin pada silinder 1 dengan kecepatan mesin silinder 2, yang  khususnya yang diterapkan di motor 2 silinder. Rentang waktu untuk mencari stelan yang terbatas secara fisik dan waktu dikombinasikan dengan pengoperasian normal dari kontrol manual yang ada, tentu saja rangkaian penuh penyetelan, tanpa interferensi, melalui penghubung yang dapat disesuaikan dengan digabungkan secara seri dengan kabel penghubung (trotle cable) dan diperbolehkan untuk meluncur di sepanjang poros atau kunci non-lingkaran yang menyebabkan penyesuaian mikrometer pada panjang tautan antara kontrol manual dan throttle saat kunci diputar. Kuncinya dapat diputar dengan perangkat diferensial atau motor reversibel yang merespons daya terus menerus atau terputus yang terkait dengan kecepatan engine. Perangkat tidak akan mengikat dan tidak perlu dihentikan untuk berputar pada atau di antara batasnya karena kedua ujung penghubung tidak dapat bertemu dengan stop yang berlawanan secara bersamaan, penghubung dapat meluncur secara longitudinal pada kunci, dan kunci berputar bebas pada batasnya penyesuaian. Dalam sistem mesin multi-karburator, sakelar mikro adalah disediakan untuk mendeteksi kapan masing-masing karburator memulai transisi dari mode diam ke mode kecepatan tinggi sebagai respons terhadap penggerak kendaraan percepatan. Transisi ditandai oleh mikro penutup saklar yang pada gilirannya menyebabkan lampu menyala. Jika setiap lampu yang dihubungkan dengan masing-masing karburator tidak ringan pada saat yang sama, karburator tidak tersinkronisasi dan diperlukan penyesuaian. Kunci sirkuit keluar disediakan untuk mengatur periode waktu masuk yang semua lampu harus menyala rendah secara sembarangan.

References

https://otomotif.tempo.co/read/1125235/penjualan-sepeda-motor-juli-2018

Anonim. 2015. Buku cetak seri dasar. Honda training center Jakatta.

https://patentimages.storage.googleapis.com/9b/de/da/23a4ab3f134555/US6830238.pdf. United States Patent (19) Bookbinder. 11 Patent Number: 4,479,108 (45) Date of Patent: Oct. 23, 1984

Arifin, J., Zulita, L. N., & Hermawansyah. (2016). Perancangan Murottal Otomatis Menggunakan Mikrokontroller Arduino Mega 2560. Jurnal Media Infotama, 12(1), 89–98. https://jurnal.unived.ac.id/index.php/jmi/article/view/276/257

Efendi, Y. (2018). Internet of Things (Iot) Sistem Pengendalian Lampu Menggunakan Raspberry Pi Berbasis Mobile. Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 4(2), 21–27. https://doi.org/10.35329/jiik.v4i2.41

Pangestu, A. D., Ardianto, F., & Alfaresi, B. (2019). Sistem Monitoring Beban Listrik Berbasis Arduino Nodemcu Esp8266. Jurnal Ampere, 4(1), 187. https://doi.org/10.31851/ampere.v4i1.2745

Sefri Hardiansyah, E. (2018). Penggunaan Microcontroller Sebagai Pendeteksi Posisi Dengan Menggunakan Sinyal Gsm. Jurnal Abdimas Dewantara, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Downloads

Published

2022-06-17

How to Cite

Rohmat, N., Wazdi, F., & Sujianto, S. (2022). SINKRONISASI KARBURATOR MOTOR 2 SILINDER DENGAN KAPASITAS 250 CM3. Jurnal Teknik Mesin Cakram, 5(1), 45–55. https://doi.org/10.32493/jtc.v5i1.21283

Issue

Section

Articles