Metode End User Computing Satisfaction (UECS) untuk Analisis Kepuasan Pengguna Website Kemahasiswaan
DOI:
https://doi.org/10.32493/jtsi.v7i1.36489Keywords:
User Satisfaction; Website; EUCSAbstract
Website kemahasiswaan berisi tentang informasi kegiatan yang dilakukan oleh kemahasiswaan seperti kegiatan UKM, kegiatan senat mahasiswa, kegiatan BEM, informasi kompetisi mahasiswa, informasi beasiswa, informasi lowongan pekerjaan, informasi prestasi mahasiswa, kegiatan mahasiswa dan lainya. masih ada beberapa mahasiswa yang kesulitan dalam melihat informasi pada menu yang ada diwebsite seperti aktivitas mahasiswa, informasi kompetisi, proses pengajuan beasiswa yang belum dijelaskan detail tentang alur pengajuanya. Banyak informasi dari kemahasiswaan yang belum tersampaiakan dengan jelas kepada mahasiswa melalui website sehingga berdampak pada minat dan kemauan mahasiswa dalam mengikuti kegiatan kemahasiswaan. Tujuan penelitian adalah mengetahui tingkat kepuasaan pengguna terhadap website kemahasiswaan universitas amikom purwokerto. Metode yang digunakan adalah End User Computing Satisfaction (UECS). Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan dapat disimpulkan ada tiga variabel yaitu variabel easy to use, accuracy dan timeliness yang tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengguna website kemahasiswaan, sedangkan variabel yang lain yaitu variabel content, format dan semua variabel bersama sama berpengaruh terhadap kepuasan pengguna website kemahasiswaan.
References
Ariska, I., & Amelia, R. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Marketplace Shopee Dan Lazada Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (Eucs). Bina Darma Conference on Computer Science, 321–327.
Astuti, W., & Waluyo, R. (2022). Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Aplikasi Pedulilindungi Menggunakan Metode Eucs. Jurnal Rekayasa Informasi, 11(1), 9–16.
Darwati, Lilis, F. (2022). Analisis Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi OVO Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). JUST IT : Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi Dan Komputer, 12(2), 34–42. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/just-it/index
Fauzan, R. D., R.C.Coata, J.A.Shibli, M.Bertolini, & J.G.S.Souza. (2022). Analisis Kepuasaan Pengguna Aplikasi Mobile Pelayanan Pelanggan Telekomunikasi menggunakan Metode Enda User Computing Satisfaction(EUCS). In Fakultas Sains dan Teknologi (Vol. 33, Issue 1).
Fitriyanti V, A. A. I. (2019). Seminar Nasional Industri dan Teknologi (SNIT), Politeknik Negeri Bengkalis. Analisis Kepuasaan Pengguna Terhadap Implementasi SIstem Informasi Peminjaman Pada BPJS Kesehatan Cabang Palembang Menggunakan Metode UECS, Lcm, 270–276.
Herlina, V. (2019). Panduan Praktis Mengolah Data Kuesioner Menggunakan SPSS. Elex Media Komputindo.
I, P. (2018). Analisis Tingkat Kepuasaan Pengguna Elearning Menggunakan EUCS dan Model Delone and McLean. IJSE – Indonesian Journal on Software Engineering Implementasi, 4(2), 6–13. https://ijse.web.id/jurnal/index.php/ijse/article/view/77/77
Khamdani, F. R., Setiawan, I., & Putranto, B. D. (2023). Analisis Kualitas Layanan Website Program Studi Sistem Informasi menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA). Jurnal Rekayasa Sistem Industri, 8(2), 43–50.
Oktavia, P. (2016). Penerapan Metode Servqual Dan Metode Eucs Dalam Mengevaluasi Kepuasan Pelanggan Dan Kualitas Layanan Teknologi Informasi Pengguna Jasa Internet Service Provider (Studi Kasus Pada PT. Platinum Citra Indonesia, Tangerang). Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 1(2), 69–79.
Putra, J., Indah, D. R., & Firdaus, A. (2023). Analisis Kepuasan Pengguna E-Learning SMA Xaverius 1 Palembang menggunakan Metode End User Computing Satisfaction. 12, 45–51.
Retnawati, L. (2018). Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Kualitas Layanan Sistem Informasi Di Universitas XYZ. SCAN - Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 13(2). https://doi.org/10.33005/scan.v13i2.1153
Sabdana, I. W. G. (2019). Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) Jiwa Propinsi Bali Dengan Metode End-User Computing Satisfaction (EUCS). Jurnal Ilmu Komputer Indonesia, 4(1), 3–4.
Saputra, A., & Kurniadi, D. (2019). Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi E-Campus Di Iain Bukittinggi Menggunakan Metode Eucs. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(3), 58. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i3.105157
Setiawan, H., & Novita, D. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi KAI Access Sebagai Media Pemesanan Tiket Kereta Api Menggunakan Metode EUCS. Jurnal Teknologi Sistem Informasi, 2(2), 162–175. https://doi.org/10.35957/jtsi.v2i2.1375
Sevtiyani, I., & Fatikasari, F. (2020). Analisis Kepuasan Pengguna SIMPUS Menggunakan Metode EUCS di Puskesmas Banguntapan II. Health Information Management Journal ISSN, 8(2), 64–68.
Sholihah, R., & Indriyanti, A. D. (2022). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Camscanner Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM) dan End-User Computing Satisfaction (EUCS). Journal of Emerging Information Systems and Business Intelligence, 3(3), 102–109. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/47236/39485
Soewardy, K., & Martha Bororing, G. G. (n.d.). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Marketplace Tokopedia Menggunakan Algoritma C4.5.
Suwanti, Yudhana A, H. (2022). Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Manajemen Surat Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction. Jurnal Pengembangan Sistem Informasi Dan Informatika, 3(1), 24–32. https://doi.org/10.47747/jpsii.v3i1.613
W. J. Doll and G. Torkzadeh. (1988). The Measurement of End-User Computing Satisfaction.
Waluyo, R., Latifah, A. U., & Setiawan, I. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Keuangan Desa Menggunakan Metode EUCS Di Kabupaten Purbalingga. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 8(3), 1638–1650. http://jurnal.mdp.ac.idjatisi@mdp.ac.idreceived
Wijaya, I. G. N. S., & Suwastika, I. W. K. (2017). Analisa Kepuasan Pengguna E-Learning Menggunakan Metode Kano. Jurnal Sistem Dan Informatika, 12(1), 128–138.
Y, S. (2015). Analisis Kepuasaan Pengguna Website Manajemen Informatika dengan Metode UECS Berbasis CMS. Jurnal Informatika, 2(1), 1–18.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Banu Dwi Putranto, Ikhsan Dwi Seto, Hery Abi Nugroho, Ito Setiawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi have CC BY-NC or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC BY-NC or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) License
YOU ARE FREE TO:
- Share - copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms