Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Netflix Mobile di Kota Palembang Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS)

Penulis

  • Nys Marliza Tiara M Universitas Sriwijaya
  • Nabila Rizky Oktadini Universitas Sriwijaya
  • Pacu Putra Univesitas Sriwijaya
  • Putri Eka Sevtiyuni Universitas Sriwijaya
  • Allsela Meiriza Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.32493/jtsi.v7i1.37833

Kata Kunci:

Analisis Kepuasan Pengguna, User Experience, Netflix Mobile, EUCS

Abstrak

Netflix adalah media platform streaming film yang telah dipakai jutaan pengguna internet di seluruh dunia termasuk juga di Indonesia. Namun berdasarkan review pengguna yang ada di Play Store, masih banyak pengguna yang memberikan peringkat yang buruk terhadap aplikasi Netflix Mobile sehingga menyebabkan terjadinya penurunan peringkat dari 4,3 menjadi 3,8. Tujuan dari penelitian ini agar mengetahui seberapa puas pengguna terhadap aplikasi Netflix Mobile menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS) dengan lima variabel yaitu Content, Accuracy, Format, Ease of Use dan Timeliness, lalu hasil dari penelitian tersebut nantinya bisa dijadikan sebagai prioritas perbaikan agar peringkat naik dan dapat menjadi bahan evaluasi untuk melakukan peningkatan aplikasi Netflix Mobile di masa yang akan datang. Pengukuran skala likert dan kuesioner digunakan untuk memperoleh data untuk penelitian ini, hasil analisis dari penelitian ini memperlihatkan variabel yang memiliki kepuasan terendah dengan nilai 74.85% adalah variabel Accuracy. Oleh karena itu, aplikasi Netflix Mobile perlu melakukan pengembangan keakuratan sistem kinerja aplikasinya agar meminimalisir terjadinya error dan selalu menyajikan informasi film yang benar dan akurat.

Referensi

Agustina, R., & Abdillah, L. A. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Bintang Cash & Credit Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). The Third Bina Darma Conference on Computer Science (BDCCS2021), 3(4), 692–701. Retrieved from https://conference.binadarma.ac.id/index.php/BDCCS/article/view/2865/1097%0Ahttps://arxiv.org/abs/2207.00642

Ashfahani, S., Primantara, M. F., Irmawati, I., & Asih, Rosita Umi, Fasya, A. (2023). Perubahan Gaya Hidup Pengguna Netflix. Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA, 15(02), 73–80. https://doi.org/10.38041/jikom1.v15i02.279

Bawardi, F. S., Rachmadi, A., & Wardani, N. H. (2019). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Driver Ojek Online Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3(8), 7694–7700.

Damayanti, A. S., Mursityo, Y. T., & Herlambang, A. D. (2018). Evaluasi Kepuasan Pengguna Aplikasi Tapp Market Menggunakan Metode EUCS (End User Computing Satisfaction). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2(11), 4833–4839.

Darwati, Lilis, F. (2022). Analisis Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi OVO Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). JUST IT : Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan Komputer, 12(2), 34–42. Retrieved from https://jurnal.umj.ac.id/index.php/just-it/index

Fakhirah, Afifah Al, Sekarwati, K. A. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi WETV Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Jurnal Ilmiah KOMPUTASI, 21(4), 579–586.

Ferlian Sijadah, M., Rizky Oktadini, N., Meiriza, A., Putra, P., & Eka Sevtiyuni, P. (2023). Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Aplikasi Spotify Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). JTKSI (Jurnal Teknologi Komputer dan Sistem Informasi), 6(2), 143–150. https://doi.org/10.56327/jtksi.v6i2.1487

Fitriani, N., Astiti, S., & Amriza, R. N. S. (2023). Analisis Kepuasan Pengguna BIMA Menggunakan Integrasi Model EUCS Delone Mclean dan Self-Efficacy. Journal of Information System Research (JOSH), 4(2), 443–450. https://doi.org/10.47065/josh.v4i2.2658

Hidayati, N., & Heryanda, K. . (2022). Pengaruh E-Service Quality dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Netflix. Bisma: Jurnal Manajemen, 8(1), 1–7.

Huda, B., & Priyatna, B. (2019). Penggunaan Aplikasi Content Management System (CMS) Untuk Pengembangan Bisnis Berbasis E-commerce. Systematics, 1(2), 81–88. https://doi.org/10.35706/sys.v1i2.2076

Kabanga, R. S., Nugroho, H. A., & Winarno, W. W. (2016). Measuring User Satisfaction and Website Adoption of Government Website Quality on The Dissemination Food Security Information (Pengukuran Kualitas Website Pemerintah Terhadap Kepuasan Pengguna dan Adopsi Website dalam Diseminasi Informasi Ketahanan Pangan. Journal Pekommas, 1(1), 45–56. https://doi.org/10.30818/jpkm.2016.2010105

Meirandari, A. B., Nastiti, H., Dwi, B., & Yuliniar. (2024). Analisis Keputusan Berlangganan Aplikasi Netflix di Area Jabodetabek. Jurnal : IKRAITH-EKONOMIKA, 7(2), 51–64. Retrieved from https://doi.org/10.37817/ikraith-ekonomika.v7i2

Mulya Prajana, Adya, Syafikarani, Aisyi, Nastiti, N. E. (2021). Pemanfaatan Video Sebagai Media Pemasaran pada Fitur Shopee Live. TANRA : Desain Komunikasi Visual, 8(2), 145–152.

Mumtaz, Muhammad, Sanjaya, R. (2023). Indonesian Journal of Computer Science. Indonesian Journal of Computer Science, 12(5), 3090–3101. https://doi.org/https://doi.org/10.33022/ijcs.v12i1.3135

Novializa, R., Rini, F., & Irsyadunas, I. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Dengan Metode EUCS Pada Mahasiswa Pengguna E-Learning STKIP PGRI Sumatera Barat. JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional), 8(2), 213–218. https://doi.org/10.24036/jtev.v8i2.116699

Pibriana, D., & Fitriyani, L. (2022). Penggunaan Metode EUCS Untuk Menganalisis Kepuasan Pengguna E-learning di MTs N 2 Kota Palembang. Jurnal Teknologi Sistem Informasi, 3(1), 81–95. https://doi.org/10.35957/jtsi.v3i1.2182

Rifai, N. A., & Fourqoniah, F. (2022). Motif Remaja dalam Menggunakan Aplikasi Netflix di Kota Samarinda ( Anggota Komunitas Samarinda Movie Mania ). 10(3), 129–143.

Sakinah, S., & Oktadini, N. R. (2023). Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Aplikasi Dana Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). JTKSI (Jurnal Teknologi Komputer dan Sistem Informasi), 6(2), 185–192.

Setyoningrum, N. R. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Kerja Praktek dan Skripsi (SKKP) Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Journal of Applied Informatics and Computing, 4(1), 17–21. https://doi.org/10.30871/jaic.v4i1.1645

Sholihah, R., & Indriyanti, A. D. (2022). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Camscanner Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM) dan End-User Computing Satisfaction (EUCS). Journal of Emerging Information Systems and Business Intelligence, 3(3), 102–109. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/47236/39485

Sitanggang, P. S. (2022). Strategi Pemasaran Global terhadap Netflix. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(9), 3026–3035.

Wahyudiyono, W. (2019). Implikasi Pengggunaan Internet terhadap Partisipasi Sosial di Jawa Timur. Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika, 8(2), 63–68. https://doi.org/10.31504/komunika.v8i2.2487

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-30

Cara Mengutip

M, N. M. T., Oktadini, N. R., Putra, P., Sevtiyuni, P. E., & Meiriza, A. (2024). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Netflix Mobile di Kota Palembang Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Aplikasi, 7(1), 155–164. https://doi.org/10.32493/jtsi.v7i1.37833