Place Branding Eduwisata Kampung Cabe: Sebuah Rekomendasi
DOI:
https://doi.org/10.32493/arastirma.v3i1.28448Keywords:
Branding, Place Branding, Desa WisataAbstract
Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi bagi Kampung Cabe untuk membangun place branding sebagai daerah tujuan wisata. Mengingat desa ini selalu diasosiasikan sebagai desa miskin.
Metode. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan eksploratori. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, penyebaran kuesioner dan studi literatur pada berbagai sumber ilmiah.
Hasil. Dari penelitian ini dapat dirumuskan bahwa terdapat tiga tahapan yang harus dilakukan untuk membangun place branding, yaitu pertama mendefinisikan kembali identitas pada nilai dan produk yang ingin disampaikan, meningkatkan keterlibatan masyarakat, dan membangun kemitraan pentahelix antara pemerintah, masyarakat, akademisi, pelaku usaha, dan media masa
Implikasi. Hasil dari penelitian ini dapat bermanfaat dalam pengembangan ilmu manajemen pemasaran, khususnya dalam mengembangkan branding daerah tujuan wisata yang memiliki latar belakang kurang beruntung.
References
Almeyda-Ibáñez, M., & George, B. P. (2017). The evolution of destination branding: A review of branding literature in tourism. Journal of Tourism, Heritage & Services …. Retrieved from https://www.ssoar.info/ssoar/handle/document/67084
Almeyda-ibáñez, M., George, B. P., Tourism, J., Marketing, S., & Almeyda-ibáñez, M. (1947). The evolution of destination branding : A review of branding literature in tourism The evolution of destination branding : A review of branding literature in tourism.
Anholt, S. (2005). Some important distinctions in place branding. Retrieved from http://www.academia.edu/download/60272700/1.2_Anholt_Editorial_-_Some_Important_Distinctions_in_Place_Branding20190812-11872-sk290s.pdf
Dzenovska, D. (2005). Remaking the nation of Latvia: Anthropological perspectives on nation branding. Place Branding. Retrieved from https://link.springer.com/article/10.1057/palgrave.pb.5990019
Endziņa, I., & Luņeva, L. (2004). Development of a national branding strategy: The case of Latvia. Place Branding. Retrieved from https://link.springer.com/article/10.1057/palgrave.pb.5990009
Freire, J. R. (2009). ’Local People’a critical dimension for place brands. Journal of Brand Management. Retrieved from https://link.springer.com/article/10.1057/palgrave.bm.2550097
Fuadillah, N. (Universitas N. S. (2018). Pengaruh Place Branding, Promosi, dan Atribut Produk Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Melalui Citra Destinasi Sebagai Variabel Intervening Pada Destinasi Wisata Pantai Teluk Penyu Kabupaten Cilacap. Management Analysis Journal, 7. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/maj.v7i3.24135
Fuadillah, N., & Murwatiningsih, M. (2018). The Effect of Place Branding, Promotion and Tourism Product Attribute on Decision to Visit Through The Destination Image. Management Analysis Journal. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/maj/article/view/24135
Hanna, S., & Rowley, J. (2017). Do Places Have a Personality?: A Perspective from Place Branding. … Place Branding Methodologies and Theory for …. Retrieved from https://www.igi-global.com/chapter/do-places-have-a-personality/163009
Hapsari, A., & Mutawali, M. (2019). Analisis SWOT Sebagai Perencanaan Desa Wisata Edukasi Agrikultur Cabe Dengan Pendekatan Konsep Pariwisata Berbasis Masyarakat di Desa Kabasiran, Parung Panjang, Kabupaten Bogor. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(1), 15. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i1.3601
Hardianto, W. T., Sumartono, MR.Khairul Muluk, & Wijaya, A. F. (2017). Tourism Investment Services in Batu City With Penta Helix Perspective. International Journal of Management and Administrative Sciences (IJMAS), 5(05), 17–22.
Hudson, S., Cárdenas, D., Meng, F., & Thal, K. (2017). Building a place brand from the bottom up: A case study from the United States. Journal of Vacation Marketing, 23(4), 365–377. https://doi.org/10.1177/1356766716649228
Irvine, W., & Anderson, A. R. (2013). The impacts of foot and mouth disease on a peripheral tourism area: The role and effect of crisis management. Tourism Crises: Management Responses and Theoretical Insight, (March), 47–60. https://doi.org/10.1300/J073vl9n02_05
Ivani, S. Z. N. (2015). Pengaruh City Branding " Enjoy Jakarta " Terhadap Citra Kota Dan Keputusan Berkunjung Youth Traveler Ke Jakarta Jurusan Manajemen. Manajemen, Jurusan Ekonomi, Fakultas Bisnis, D A N Syarif, U I N Jakarta, Hidayatullah, (1), 1–140.
Kavaratzis, M., & Hatch, M. J. (2013). The dynamics of place brands: An identity-based approach to place branding theory. Marketing Theory. Retrieved from https://journals.sagepub.com/doi/abs/10.1177/1470593112467268
Novianti, K. R. (2020). The Penta-helix: A sustainable tourism strategy of Bali’s villages. Jurnal Inovasi Ekonomi, 5(03), 125. https://doi.org/10.22219/jiko.v5i03.10921
Osei, C., & Gbadamosi, A. (2011). Re-branding Africa. Marketing Intelligence & Planning. Retrieved from https://www.ingentaconnect.com/content/mcb/020/2011/00000029/00000003/art00005
Ramadhan, A. H., Suharyono, & Kumadji, S. (2015). Pengaruh City Branding Terhadap Minat Berkunjung Serta Dampaknya Pada Keputusan Berkunjung (Survei pada Wisatawan Kota Surabaya 2015). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 28(1), 1–7. Retrieved from http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1149
Sukmaraga, Ayyub. Nirwana, A. (2016). City Branding : Sebuah Tinjauan Metodologis Dengan Pendekatan Elaboratif, Praktis dan Ilmiah. Journal of Art, Design, Art Education & Culture Studies, 1, 1–19.
Tiana, Dede; Yusuf, A. (Universitas S. (2018). Pengaruh Place Branding Dan Citra Terhadap Keputusan Mengunjungi Destinasi Wisata Taman Sri Baduga Kabupaten Purwakarta. Value : Journal of Management and Business, 8, 352–360. Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/value/article/view/1692
Tonkovic, A. M., Veckie, E., & Veckie, V. W. (2015). Aplications Of Penta Helix Model In Economic Development. Economy of Eastern Croatia Yesterday, Today, Tommorow, 4, 385–393. Retrieved from https://ideas.repec.org/a/osi/eecytt/v4y2015p385-393.html
Viosca, R. C., Bergiel, B. J., & Balsmeier, P. (2004). Effects of the electronic Nigerian money fraud on the brand equity of Nigeria and Africa. Management Research News, 27(6), 11–20. https://doi.org/10.1108/01409170410784167
Wibawanto, S. (2015). Pendekatan konseptual place marketing dan place branding dalam destination branding. Fokus Bisnis: Media Pengkajian …. Retrieved from http://journal.stieputrabangsa.ac.id/index.php/fokbis/article/view/47
Yusuf, Abdul; Sulaeman, E. (2014). Pengaruh Atribut Produk Wisata Terhadap Place Branding Dan Implikasinya Terhadap Keputusan Mengunjungi Destinasi Wisata Pantai. Jurnal Ilmiah Solusi, 1(1), 87–94.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).