Pengaruh Tenaga Kerja, Pelatihan dan Pengalaman terhadap Produktivitas Usaha Tani Padi pada Kelompok Tani Mekar Bangun Setia, Desa Amplas

Authors

  • Carmelo Tampubolon Universitas Negeri Medan
  • Hendra Saputra Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.32493/jaras.v4i2.38826

Keywords:

Tenaga Kerja, Pelatihan, Pengalaman, Produktivitas

Abstract

Tujuan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Tenaga Kerja, Pelatihan, Pengalaman Terhadap Produktivitas Usahatanni Padi Pada Kelompok Tani Mekar Bangun Setia, Desa Amplas Kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang

Metode. Penelitian ini menggunakan kuantitatif, Populasi dalam penelitian ini berjumlah 104 Petani. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Total Sampling dan diperoleh sampel sebanyak 104 Petani yang telah memenuhi kriteria yang telah di tentukan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan  Uji F, Uji t dan Koefisien determinasi yang sebelumnya data telah di uji menggunakan uji validitas, uji realibilitas dan uji asumsi klasik. Pengolahan data menggunakan program SPSS 25.

Hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tenaga Kerja dan Pelatihan tidak berpengaruh signifikan terhadap Produktivitas Usahatani Sedangkan Pengalaman Berpengaruh Positif dan signifikan terhadap Produktivitas Usahatani. Secara simultan Tenaga Kerja, Pelatihan dan Pengalaman berpengaruh signifikan terhadap Produktivitas Usahatani Koefisien Determinasi yang disesuaikan (adjusted R2) yang berarti Tenaga Kerja, Pelatihan dan Pengalaman mampu memberikan kontribusi terhadap pengaruh Produktivitas semetara sisanya ditentukan oleh variabel-variabel lain diluar model penelitian ini. Hal ini menunjukkan bahwa masih terdapat variabel-variabel lain yang dapat menjelaskan  tentang produktivitas.

Implikasi. Dengan adanya pelatihan yang baik, tenaga kerja dalam kelompok tani Mekar dapat mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk mengelola usaha tani padi secara efektif. Pengalaman yang diperoleh juga memainkan peran penting dalam meningkatkan kemampuan mereka dalam menghadapi tantangan yang terkait dengan usaha tani. Peningkatan produktivitas ini berpotensi membawa dampak positif, termasuk peningkatan pendapatan dan keberlanjutan usaha tani. Selain itu, pengaruh positif ini juga dapat berperan sebagai contoh inspiratif bagi kelompok tani lainnya dan berkontribusi pada peningkatan pengetahuan dan praktik pertanian di komunitas yang lebih luas.

References

Al Zarliani, W. (2020). Pengaruh Faktor-Faktor Produksi Terhadap Produktivitas Usaha Tani Padi Sawah di Kelurahan Ngkari-Ngkari Kecamatan Bungi Kota Baubau. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 6(2), 84-96..

Arimbawa, P. D., & Widanta, A. A. B. P. (2017). Pengaruh luas lahan, teknologi, dan pelatihan terhadap pendapatan petani padi dengan produktivitas sebagai variabel intervening di kecamatan mengwi. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, 6(8), 1601-1627.

Catur Indra Gunawan, “Pengaruh Luas Panen, Produktivitas, Konsumsi Beras, dan Nilai Tukar Petani Terhadap Ketahanan Pangan di Kabupaten Brebes”.

Damihartini, S dan Jahi, A. 2012. Hubungan Karakteristik Petani Dengan Kompetisi Agribisnis Pada Usahatani Sayuran Di Kabupaten Kediri Jawa Timur. Jurnal Penyuluhan Institut Pertanian Bogor.

Hafidh (2012) Pengaruh Tenaga Kerja, Modal, Dan Luas Lahan Terhadap Produksi Usaha Tani Padi Sawah (Studi Kasus Di Kecamatan Rowosari Kabupaten Kendal)

Hamdan. 2013. Analisis Efisiensi Penggunaan Faktor Produksi pada Usahatani Padi Sawah di Bengkulu. Balai Pengkaji Teknologi Pertanian. Bengkulu.

Handoko, Hani. 2014. Manajemen Personalia Dan Sumber Daya Manusia. Jakarta: BPFE.

Hermawan (2017) Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Pengalaman Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Karyawan PT. Indokom Samudra Persada)

Inara Angsi Prastisi (2023) Knowledge Level Of Rice Farmers On Transplanter Innovation In The Sinar Kencana II Farmers Group Bumi Kencana Village

Isyanto, A.Y. 2011. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Inefisiensi Teknik pada Usahatani Padi di Kabupaten Ciamis. Cakrawala Galuh, 1(5): 31-40.

Isyanto, A.Y. 2012. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Inefisiensi Teknik pada Usahatani Padi di Kabupaten Ciamis. Cakrawala Galuh, 1(5): 31-40.

Lailani, S. (2022). Peningkatan Pendapatan Usaha Tani Padi Sawah Desa Amplas Kecamatan Percut Seituan Kabupaten Deli Serdang Dalam Peranan Kelompok Tani Mekar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian [JIMTANI], 2(6)

Lilis S. Sirait. 2013. Beberapa Faktor Sosial Ekonomi Yang Mempengaruhi Kesempatan Kerja, Produktivitas dan Pendapatan Petani Sayur Mayur Di Kabupaten Karo (Kasus: Wortel, Tomat, atau Kol Di Desa Merdeka, Kecamatan Merdeka).

Muqowim, Pengembangan Soft Skill (Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Madani, 2012) hlm 5

Musafiri, I. 2016. Effects of Population Growth on Smallholder Farmers' Productivity and Consumption in Rwanda: A Long-term Analysis. Asian Journal of Agricultural Extension, Economics & Sociology, 12(4): 1-11. DOI: 10.9734/AJAEES/2016/27693.

Ondrej, M. dan Jiri, H. 2012. Total Factor Productivity Approach in Competitive and Regulated World. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 57(2012): 223-230.

Ormrod, J. E. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Erlangga.

Pongoh, D. 2014. Efisiensi Penggunaan Faktor Produksi Pada Usahatani Padi Sawah Di Kelurahan Tondangow Kecamatan Tomohon Selatan. UNSRAT. Manado.

Rifqi Dewantoro (2021) Pengaruh Faktor Internal Dan Eksternal Petani Terhadap Produktivitas Usahatani Padi Sawah Di Kecamatan Batang Asam Kabupaten Tanjung Jabung Barat

Sartika, Amwiarni (2015). Pengaruh Kompetensi, Disiplin Kerja, dan pengalaman Kerja terhadap Kinerja Pegawai Dinas pendapatan, Pengelolahan keuangan dan Aset daerah Kota Palu. Jurnal Kotalogis, 3(1), 54- 65

Siti Khayati (2015) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Hasil Pertanian Padi Sawah (Studi di Desa Sumber Bahagia, Kecamatan Seputih Banyak, Kabupaten Lampung Tengah)

Downloads

Published

2024-08-01

How to Cite

Tampubolon, C., & Saputra, H. (2024). Pengaruh Tenaga Kerja, Pelatihan dan Pengalaman terhadap Produktivitas Usaha Tani Padi pada Kelompok Tani Mekar Bangun Setia, Desa Amplas. Jurnal Arastirma, 4(2), 518–531. https://doi.org/10.32493/jaras.v4i2.38826