Pengaruh Online Customer Review, Kualitas Produk, dan Brand Ambassador terhadap Keputusan Pembelian Scarlett Whitening pada Toko Supply Kosmetik di Desa Suka Makmur Kecamatan Deli Tua

Authors

  • Winda Lestari Universitas Negeri Medan
  • Nurul Wardani Lubis Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.32493/jaras.v5i1.42432

Keywords:

Online Customer Review, Kualitas Produk, Brand Ambassador, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh online customer review, kualitas produk, dan brand ambassador terhadap keputusan pembelian scarlett whitening pada toko supply kosmetik di Desa Suka Makmur Kecamatan Deli Tua

Metode. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang dengan menggunakan teknik accidental sampling. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner dengan skala likert dan diolah secara statistik menggunakan pengujian hipotesis analisis regresi berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi yang sebelumnya data telah diuji menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik. Pengelolaan data menggunakan program SPSS for windows 27.0.

Hasil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa online customer review tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, namun kualitas produk dan brand ambassador berpengaruh terhadap keputusan pembelian scarlett whitening. Secara simultan variabel online customer review, kualitas produk, dan brand ambassador berpengaruh terhadap keputusan pembelian scarlett whitening.

Implikasi. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk dan brand ambassador berpengaruh terhadap keputusan pembelian scarlett whitening di toko supply kosmetik. Sebaliknya, online customer review tidak mempengaruhi keputusan pembelian. Hal ini menekankan pentingnya meningkatkan kualitas produk dan brand ambassador yang tepat, karena faktor-faktor ini menjadi pertimbangan utama konsumen sebelum membeli produk scarlett whitening.

References

Compas.co.id. (2021). Data Produk Kecantikan dan Perawatan Lokal Tahun 2021. https://compas.co.id/

Compas.co.id. (2022). Produk Kecantikan Tembus Transaksi Rp210 Miliar, Brand Lokal Terfavorit. Compas.Co.Id. https://compas.co.id/

Daga, R. (2017). Citra, Kualitas Produk, Dan Kepuasaan Pelanggan. Global Research and Consulting Institute.

Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning dan Staregy). CV. Penerbit Qiara Media.

Hamasy, A. I. Al. (2022). Industri Kecantikan Tanah Air Punya Prospek Bagus. Kompas.Id. https://www.kompas.id/

Handriana, I., Sulhaini, & Sakti, D. P. B. (2023). Pengaruh Brand Ambassador Dan Korean Wave Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Muda Skincare Scarlett Whitening di Kota Mataram. Jurnal Riset Pemasaran, 2(3), 56–65.

Hasanah, U., Pudjoprastyono, H., & Izaak, W. C. (2023). Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Marketplace (Studi Pada Pengguna Aplikasi Shopee di Jawa Timur). Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(1), 6956–6963. https://doi.org/10.56444/psgj.v4i1.1012

Henry. (2021). Indonesia Tempati Urutan ke-4 Penggemar Korean Wave Terbesar di Dunia. Liputan6.Com. https://www.liputan6.com

Indrasari, M. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.

Isbet, N. O., Darmaji, A. P., Hidayat, Y., & Sulaeman, E. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik MS Glow. YUME : Journal of Management, 5(3), 180–190. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.4574

Maulana, A., & Lestariningsih, M. (2022). Pengaruh Harga, Brand Ambassador Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 11(9), 11–17.

Mutia, A. (2023). Meroketnya Pendapatann Produk Kecantikan dan Perawatan Diri di RI Capai Rp111,83 Triliun pada 2022. Katadata. https://databoks.katadata.co.id/

Novandalina, A., Budiyono, R., & Ernawati, F. Y. (2023). Pengaruh Gaya Hidup, WOM (Word Of Mouth), Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Natasha Skincare di Semarang. Jurnal STIE Semarang, 15(2), 26–32.

Rahmadani, R., & Astuti, S. R. T. (2023). Analisis Pengaruh Citra Merek , Celebrity Endorser , dan Online Consumer Review Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi pada Konsumen Scarlett Whitening di Kota Semarang ). Diponegoro Journal of Management, 12(1), 1–14. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Sahir, S. H. (2021). Metode Penelitian. KBM Indonesia.

Sihaloho, W. T., & Patrikha, F. D. (2023). Pengaruh Brand Ambassador, Customer Review, dan Layanan Cash on Delivery Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Aplikasi Social Commerce. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 11(3), 334–342.

Theresia, C., & Parameswari, R. (2023). Pengaruh Viral Marketing , Online Customer Review , dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Skincare Somethinc Melalui Marketplace Shopee Indonesia. Emabi: Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 2(1), 1–7.

Widarmanti, T., & Cahyani, W. A. (n.d.). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Personality dan Korean Wave Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas SAM RATULANGI (JMBI UNSRAT), 10(2), 1199–1214.

Zusrony, E. (2021). Perilaku konsumen di Era Modern. Yayasan Prima Agus Teknik.

Downloads

Published

2025-02-02

How to Cite

Lestari, W., & Lubis, N. W. (2025). Pengaruh Online Customer Review, Kualitas Produk, dan Brand Ambassador terhadap Keputusan Pembelian Scarlett Whitening pada Toko Supply Kosmetik di Desa Suka Makmur Kecamatan Deli Tua. Jurnal Arastirma, 5(1), 49–62. https://doi.org/10.32493/jaras.v5i1.42432

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.