Pengaruh Fraud Praktek Jual Beli Online terhadap Minat Belanja Masyarakat Kota Makassar

Authors

  • Irmah Halimah Bachtiar Universitas Indonesia Timur
  • Zulfaidah Zulfaidah Universitas Pejuang RI
  • Nurhaedah Nurhaedah Universitas Indonesia Timur
  • Rosdiana Rosdiana Universitas Indonesia Timur

DOI:

https://doi.org/10.32493/arastirma.v3i2.33828

Keywords:

Fraud, Jual beli online, Minat Belanja

Abstract

Tujuan. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh fraud jual beli online terhadap minat belanja masyarakat di kota Makassar.

Metode. Penelitian ini merupakan penelitian survei yang merupakan tipe penelitian yang menggunakan angket sebagai sumber data utama. Angket dibagikan pada 100 orang pengguna atau pernah berbelanja secara online. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji deskriptif statistik menggunakan uji T dan diukur dengan alat analisis SPSS melalui analisis regresi sederhana.

Hasil. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka fraud jual beli online berpengaruh signifikan terhadap minat belanja masyarakat di Kota Makassar.

 

Implikasi. Hasil penelitian ini berimplikasi pada gaya hidup atau prilaku konsumen di kota Makassar terutama yang sangat gemar berbelanja secara online. Banyaknya kecurangan yang terjadi dalam transaksi jual beli online tetap harus diwaspadai masyarakat ketika hendak berbelanja di aplikasi online manapun.

References

Asdiansyuri, U. (2020). Analisis Pengaruhreligiusitas, Etika Bisnisislam Terhadap Minat Beli Online Mahasiwa. Jurnal Kompetitif: Media Informasi Ekonomi Pembangunan, Manajemen Dan Akuntansi, 6(2), 103–118.

Bachtiar, I. H., & Ela Elliyana. (2020). Determinan upaya pencegahan fraud pemerintah desa. Imanensi: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi Islam, 5(2), 61–68. https://doi.org/10.34202/imanensi.5.2.2020.61-68

Desy Safira & Alif Ilham Akbar Fatriansyah. (2020). Bisnis Jual Beli Online Dalam Perspektif Islam. Al Yasini, 05(01), 57–68.

Fadhlika, Z. ’Azzah, & Holish, A. M. (2019). Re-existence of the culture of shame in online buying and selling fraudulent practices to Improve consumer protection in the era of the industrial revolution 4.0. Jurnal Lex Scientia Law Review, 3(2), 155–162. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/lslr/

Harto, B. R., & Munir, Z. (2021). Analisis Kepercayaan, Persepsi Resiko Dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Situs Jual Beli Shopee. Jurnal Sistem Informasi Dan Manajemen, 9(1), 89–98.

Rosdiana, R., & Haris, I. A. (2018). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Produk Pakaian Secara Online. International Journal of Social Science and Business, 2(3), 169. https://doi.org/10.23887/ijssb.v2i3.16240

Taan, H. (2021). Pengaruh Orientasi Belanja, Kepercayaan Online, Dan Pengalaman Pembelian Terhadap Minat Beli Secara Online. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 8(1), 89–96.

Tingkat, T., Beli, M., Situs, P., & Online, B. (n.d.). Pengaruh intensitas konsumsi berita penipuan.

Utami, A. R. H. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kepercayaan, Keamanan Dan Persepsi Resiko Terhadap Minat Menggunakan E-Commerce. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 01, 79–93.

Selfiani. Prihanto, H & Yulaeli, T. (2022). Analisis potensi kecurangan pada praktik belanja online. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 2(1), 101-114.

Sudaryono. (2018). Metodologi Penelitian. Ed. 1 Cet.2. Depok: Rajawali Pers.

Downloads

Published

2023-08-31

How to Cite

Bachtiar, I. H., Zulfaidah, Z., Nurhaedah, N., & Rosdiana, R. (2023). Pengaruh Fraud Praktek Jual Beli Online terhadap Minat Belanja Masyarakat Kota Makassar. Jurnal Arastirma, 3(2), 438–443. https://doi.org/10.32493/arastirma.v3i2.33828

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.