The Influence of Brand Image and Price on Purchasing Decisions for bottled mineral water (AMDK)

Authors

  • Nataliani Nataliani Universitas Katolik Musi Charitas
  • Veronika Oktaviani Universitas Katolik Musi Charitas

DOI:

https://doi.org/10.32493/jaras.v4i2.36355

Keywords:

Pemasaran, Brand Image, Harga, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah citra merek dan harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan (AMDK).

Metode. Data yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kualitatif. Data yang digunakan untuk diolah adalah data primer, yaitu data yang diperoleh secara langsung dari sumber utama yaitu responden yang telah mengisi kuesioner (google form), berupa data-data yang berhubungan dengan Citra Merek, Harga dan Keputusan Pembelian. Data ini diperoleh peneliti dengan menggunakan survei yaitu menyebarkan kuesioner secara online kepada setiap responden. dan alat untuk menganalisis menggunakan aplikasi software SPSS 25. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah pengguna produk air mineral dalam kemasan yang mengetahui dan pernah menggunakan produk air mineral dalam kemasan (AMDK). Penentuan sampel penelitian ini berjumlah 91 responden, dengan menggunakan teknik non probability sampling.

Hasil. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan citra merek terhadap keputusan pembelian air mineral dalam kemasan (AMDK), (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan harga terhadap keputusan pembelian air mineral dalam kemasan (AMDK).

Implikasi. Berdasarkan hasil penelitian dari variabel citra merek dan harga dalam mempengaruhi keputusan pembelian air mineral dalam kemasan (AMDK), oleh karena itu perlu adanya upaya untuk membangun citra merek yang benar dan tepat serta memberikan kualitas yang sesuai dengan harga, upaya tersebut dapat dengan melihat dan memahami keinginan pelanggan agar tercipta pengalaman positif yang nantinya akan menjadi acuan bagi konsumen lain dalam keputusan pembelian air mineral dalam kemasan.

References

Dede Nurkomalasari. (2021). Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek AQUA. Jurnal Digital Economic, Management and Accounting Knowledge Development, 80-89.

Eltonia Neijun. (2021). Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek Le Minerale 600ml di Kota Semarang). Jurnal Mirai Manajemen, 250-256.

Fera, P.M, E. A. A., and Rachmat.G. (2023). Brand Image Memediasi Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen (EBISMEN), 2(3), 23-40.

Mutiara Priskilla. (2020). Pengaruh Persepsi Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (ADMK) Galon Merek AQUA. Jurnal EMBA, 134-143.

Octavia Dica. (2022). Pengaruh Brand Awareness, Brand image, Kualitas Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pemban Air Minum dalam Kemasan (AMDK) AQUA. e-Jurnal Riset Manajemen, 10-77.

Rosmayanti Melan. (2023). Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Konsumen Mixue. Journal on Education, 05(03), 8126-37.

Siahaan Ayu. (2023). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Menantea Di Kota Medan. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 13(1), 80-91.

Subagyo Hari Wawan. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan Merek AQUA Di Kelurahan Pabuaran Bogor. Jurnal Economicus, 78-79.

Wicaksono Bayu. (2023). Pengaruh Label Halal, Brand Image Dan Price Terhadap Keputusan Pembelian Air Mineral Malika. e-Jurnal Riset Manajemen, 1193-1204.

Willyana Meisie. (2023). Impact Of Green Marketing And Environmental Awarness On Purchase Decision Of AQUA Mineral Water. Jurnal Bisnis Terapan, 45-54.

Widjayanti, L., and Suprihhadi, H. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 1–17.

Novansa, H., and Ali, H. (2017). Purchase Decision Model Analysis of Brand Image, Brand Awareness and Price. Saudi Journal of Humanities and Social Sciences, 621–632.

Mandey B. Jilly. (2013). Promosi, Distribusi, Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal EMBA, 95-104.

Deisy M, Lapian J, and Mandagie Y. (2018). Analisis Citra Merek, Harga Produk Dan Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal EMBA, 2288 –2297.

Nasution A E, Linzzy P P and Muhammad T L. (2019) Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kepercayaan dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 165-173.

Tauwi. (2023). Pengaruh Persepsi Merek, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK). Jurnal Sains, teknik, dan studi kemasyarakatan, 51-60.

Haitao, N. (2022). Analysis Of Product Variety And Price On Purchase Decisions. International Journal Of Advanced Multidisciplinary, 73–82.

Maftuchach, P. (2022). The Influence Of Brand Image And Product Wualiaty On The Pruchae Decision Of Pixy Powder Products. Journal Neolectura, 1-10.

Foster, Bob. (2016). Impact of Brand Image on Purchasing Decision on Mineral Water Product “Amidis”. American Research Journal of Humanities and Social Sciences, 1-9.

Sarah S, Nugroho I D. (2021). Pengaruh Brand Image dan Celebrity endoser Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Indonesia Membangun ,113-126.

Mulyono, H. (2016). Brand Awareness and Brand Image of Decision Making on University. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan,163–173.

Sallam, M. A. (2016). The Impact of Brand Image and Corporate Branding on Consumer’s Choice: The Role of Brand Equity. International Journal of Marketing Studies, 98–106.

Hustić, I., and Gregurec, I. (2015). The Influence of Price on Customer’s Purchase Decision. Central European Conference on Information and Intelligent Systems, 27–32.

Venessa and Arifin. (2017). Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis, 44-48.

Kotler, P., and Amstrong, G. (2012). Principle of Merketing (G. Edition (ed.); 14 Edition).

Simanihuruk Peran. (2022). Pengaruh Citra Merek, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 240-265.

Bancin. (2021). Citra Merek Dan Word of Mouth (Peranannya Dalam Keputusan Pembelian Mobil Nissan Grand Livina), 1-8.

Ghanimata F, Kamal M. (2012). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian. Diponegoro Journal Of Management, 1-10.

Susilawati A D, Hanfanb A and Anugrahc F H. (2021). Pengaruh Brand Image, Brand Ambassador, Word Of Mouth dan Testimony In Social Media Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial, 35 – 43

Downloads

Published

2024-08-01

How to Cite

Nataliani, N., & Oktaviani, V. (2024). The Influence of Brand Image and Price on Purchasing Decisions for bottled mineral water (AMDK). Jurnal Arastirma, 4(2), 305–315. https://doi.org/10.32493/jaras.v4i2.36355

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.