Pengaruh Literasi Keuangan, Persepsi Risiko dan Persepsi Kemudahan Terhadap Penggunaan Pinjaman Online (Studi Kasus Pada Mahasiswa Kota Semarang Angkatan 2019-2022)

Authors

  • Fera Yuhanisa Universitas PGRI Semarang
  • Ira Setiawati Universitas PGRI Semarang
  • Noni Setyorini Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.32493/arastirma.v4i1.35861

Keywords:

Literasi Keuangan, Persepsi Risiko, Persepsi Kemudahan, Penggunaan Pinjaman Online

Abstract

Tujuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh literasi keuangan, persepsi risiko dan persepsi kemudahan terhadap penggunaan pinjaman online pada mahasiswa kota Semarang angkatan 2019-2022.

Metode. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan memakai rumus Cochran. Teknik pengambilan sampel menggunakan pengujian non probability sampling dengan jenis judgement sampling, dengan itu menghasilkan sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis data menggunkan uji instrument, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda dan uji hipotesis. Pengilahan data penelitian ini menggunakan alat bantu SPSS 26.

Hasil. Literasi keuangan tidak bengaruh terhadap penggunaan pinjaman online pada mahasiswa kota Semarang. Persepsi risiko memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan pinjaman online pada mahasiswa kota Semarang. Persepsi kemudahan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan pinjaman online pada mahasiswa kota Semarang.

Implikasi. Dari penelitian tersebut literasi keuangan mahasiswa kurangnya edukasi dalam pelaksanaan peningkatan pemahaman keuangan. Pengetahuan dan pengeloaan keuangan sangat penting untuk kehidupan sehari-harinya.  Penggunaan aplikasi pinjaman online pasti memiliki risiko yang akan ditimbulkan. Selain itu mahasiswa pengguna beranggapan bahwa kemudahan menggunakan atau mengakses platform peer to peer lending mudah untuk dimengerti.

References

Aditya, T., & Mahyuni, L. P. (2022, April). Pengaruh literasi keuangan, persepsi kemudahan, manfaat, keamanan dan pengaruh sosial terhadap minat penggunaan fintech. In FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi (Vol. 24, No. 2, pp. 245-258).

Afnesia, U., & Ayunda, R. (2021). Perlindungan Data Diri Peminjam Dalam Transaksi Pinjaman Online: Kajian Perspektif Perlindungan Konsumen Di Indonesia. Jurnal Komunitas Yustisia, 4(3), 1035-1044.

Agustiningrum, D., & Andjarwati, A. L. (2021). Pengaruh kepercayaan, kemudahan, dan keamanan terhadap keputusan pembelian di marketplace. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(3), 896-906.

Arianti, B. F. (2022). Literasi Keuangan (Teori dan Implementasinya).

Budiyanto, A. (2023). Penerapan Metode Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Akademik Institut Bisnis Nusantara. Jurnal Esensi Infokom: Jurnal Esensi Sistem Informasi dan Sistem Komputer, 7(2), 98-102.

Davis (1989) dalam Fatmawati, E. (2015). Technology Acceptance model (TAM) untuk menganalisis penerimaan terhadap sistem informasi di perpustakaanM INFORMASI PERPUSTAKAAN. Iqra: Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 9(1), 196942.

Haikal, F., & Wijayangka, C. (2021). Hubungan Literasi Keuangan Dengan Pemanfaatan Pinjaman Online Studi Pada Mahasiswa Universitas Telkom Pengguna Layanan Cicil. Co. Id. eProceedings of Management, 8(2).

Haikal, F., & Wijayangka, C. (2021). Hubungan Literasi Keuangan Dengan Pemanfaatan Pinjaman Online Studi Pada Mahasiswa Universitas Telkom Pengguna Layanan Cicil. Co. Id. eProceedings of Management, 8(2).

Iffat, M. F., & Laksmi, A. C. (2023, January). Pengaruh persepsi manfaat, kemudahan penggunaan, risiko terhadap minat menggunakan dompet elektronik. In Proceeding of National Conference on Accounting & Finance (pp. 441-449).

Irmadhani, I. (2012). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Computer Self Efficacy, terhadap Penggunaan Online Banking pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 1(3).

Lestari, I. T., & Widyastuti, W. (2019). Pengaruh Kepercayaan Dan Kemudahan Terhadap Keputusan Belanja Online (Studi Pada Pengguna Tokopedia). Jurnal Ilmu Manajemen, 7(2), 478-484.

Lindiawatie, L., & Shahreza, D. (2021). Penyuluhan literasi keuangan pada ibu rumah tangga di depok sebagai dasar membangun ketahanan keuangan keluarga. Warta LPM, 24(3), 521-532.

Milani, M., Sheda, G. A., Wulandari, W. S., Latifah, N. N., Sakinah, F., Fatimah, A. U., & Mayasari, N. (2023). Pengaruh Kebermanfaatan, Kemudahan, Dan Sikap Terhadap Penggunaan Aplikasi DANA Pada Generasi Millenial Di Sukoharjo. Academica: Journal of Multidisciplinary Studies, 7(2), 263-282.

Mukmin, M. N., Masnuneh, M., & Ch, I. (2021). Pinjaman Online: Pengetahuan, Tabungan, Asuransi, Dan Investasi. Jurnal Sosial Humaniora, 12(2), 171-177.

Noviandini, N. C. (2012). Pengaruh persepsi kebermanfaatan, persepsi kemudahan penggunaan, dan kepuasan wajib pajak terhadap penggunaan e-filing bagi wajib pajak di Yogyakarta. Nominal Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen, 1(1), 15-22.

Nursinta, L. A., & Widodo, M. W. (2022, September). Pemahaman Literasi Keuangan Dalam Penggunaan Pinjaman Online Pada E-Commerce Shopee Paylater. In Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi (Vol. 7, No. 1, pp. 332-340).

Ong, V., & Nuryasman, M. N. (2022). Pengaruh Persepsi Risiko, Persepsi Kemudahan, dan Literasi Keuangan terhadap Minat Penggunaan Linkaja. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 4(2), 516-524.

Permatasari, B. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Keamanan, Dan Persepsi Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Menggunakan Mobile Banking BCA. Journals of Economics and Business, 2(2), 1-16.

Pradinaningsih, N. A., & Wafiroh, N. L. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Sikap Keuangan dan Self-Efficacy Terhadap Pengelolaan Keuangan Ibu Rumah Tangga. E-Jurnal Akutansi, 32(6), 1518-1535.

Prajogo, U., & Rusno, R. (2022). Persepsi risiko terhadap minat melakukan pinjaman online dengan kemudahan penggunaan sebagai variabel moderasi. MBR (Management and Business Review), 6(1), 22-32.

Priambodo, S., & Prabawani, B. (2016). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunan, Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan Layanan Uang Elektronik (Studi Kasus Pada Masyarakat Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(2), 127-135.

Ridho, M. R. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan, Persepsi Risiko, Persepsi Manfaat, Dan Locus Of Control Terhadap Financial Behavior Management Dalam Penggunaan P2p Lending Paylater Pada Masa Pandemi (Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia).

Rosiwan, G. M. A. (2022, January). Pengaruh Kepercayaan dan Kemudahan Pengguna terhadap Penggunaan Sistem Kredit Online Pada Aplikasi Kredivo di Masa Pandemi Covid-19 di Kota Bandung. In Bandung Conference Series: Business and Management (Vol. 2, No. 1, pp. 69-76).

Safira, B. (2022). Literasi Keuangan, Efikasi Keuangan, Dan Pengalaman Keuangan Terhadap Perilaku Manajemen Keuangan Pengguna Spaylater Dki Jakarta. Jurnal Administrasi Profesional, 3(2), 25-35.

Saripah, S., Putri, A. A., & Darwin, R. (2016). Pengaruh kepercayaan, persepsi kebermanfaatan, persepsi risiko dan kepuasan wajib pajak terhadap penggunaan e-filling bagi wajib pajak orang pribadi di KPP pratama Pekanbaru tampan tahun 2015. Jurnal Akuntansi dan Ekonomika, 6(2), 134-149.

Savitri, A., Syahputra, A., Hayati, H., & Rofizar, H. (2021). Pinjaman Online di Masa Pandemi Covid-19 bagi Masyarakat Aceh. E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 22(2), 116-124.

Setiani, R. L. A., WIDIAWATI, H. S., & LINAWATI, L. (2023). Pengaruh Pembelajaran Akuntansi Keuangan, Fintech Payment Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa Akuntansi (Doctoral dissertation, Universitas Nusantara PGRI Kediri).

Sudjatmika, F. V. (2017). Pengaruh harga, ulasan produk, kemudahan, dan keamanan terhadap keputusan pembelian secara online di Tokopedia. com. Agora, 5(1).

Tirtana, I., & Permata Sari, S. (2014). Analisis pengaruh persepsi kebermanfaatan, persepsi kemudahan dan kepercayaan terhadap penggunaan mobile banking.

Viana, E. D., Febrianti, F., & Dewi, F. R. (2021). Literasi keuangan, inklusi keuangan dan minat investasi generasi z di Jabodetabek. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 12(3), 252-264.

Wulandari, K. D. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan, Pengalaman Keuangan, dan Tingkat Pendapatan terhadap Perilaku Keuangan Keluarga di Kota Sidoarjo (Doctoral dissertation, STIE Perbanas Surabaya).

Yanti, W. I. P. (2019). Pengaruh inklusi keuangan dan literasi keuangan terhadap kinerja UMKM di kecamatan moyo utara. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1).

Yunita, N. R., Sumarsono, H., & Farida, U. (2019). Pengaruh Persepsi Risiko, Kepercayaan, Dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Buka Lapak (Studi Kasus Pada Komunitas Buka Lapak Ponorogo). ISOQUANT: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 3(1), 90-105.

Zahroh, A., Septiana, A., & Arief, R. Z. (2023). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Manfaat terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Metode Pinjaman Online Spaylater pada Mahasiswa di Kabupaten Bangkalan. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 15(1), 55-62.

Downloads

Published

2024-03-07

How to Cite

Yuhanisa, F., Setiawati, I., & Setyorini, N. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan, Persepsi Risiko dan Persepsi Kemudahan Terhadap Penggunaan Pinjaman Online (Studi Kasus Pada Mahasiswa Kota Semarang Angkatan 2019-2022). Jurnal Arastirma, 4(1), 83–95. https://doi.org/10.32493/arastirma.v4i1.35861